Keren! Anies Ingin Jadikan Jogja Pusat Pengembangan Film Nasional

Keren! Anies Ingin Jadikan Jogja Pusat Pengembangan Film Nasional
image

Dalam acara 'Desak Anies' edisi pendidikan di Yogyakarta, Anies memaparkan sejumlah rencananya membangun Yogyakarta jika Ia terpilih sebagai presiden pada Pilpres Februari mendatang. Anies menyadari Yogyakarta menjadi wilayah berkontribusi besar bagi negara.

"Jogja juga kota yang punya ekosistem kebudayaan yang luar biasa, budayawan, seniman tumbuh di sini. Dari dulu, bukan hanya sekarang," kata Anies dalam acara Desak Anies yang dihadiri ratusan anak muda di Rocket Convention Hall Desa Sidomoyo, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa, 23 Januari 2024. 
 
Anies mengatakan budayawan hebat banyak tumbuh dan berasal dari Yogyakarta. Mereka tumbuh dan berkembang serta belajar di Kota Gudeg. 

"Kota ini punya kekuatan akar budaya yang hebat. Kota Yogya itu kota yang bisa membuat siapa pun yang datang itu bisa punya rumah. Banyak orang kuliah di Yogya kalau bekerja di luar ketika pensiun kembali lagi ke Yogya," jelasnya.

Selain akselerasi pembangunan di wilayah selatan Yogyakarta yang kerap luput dalam pengembangan, Anies juga ingin menjadikan Yogya sebagai pusat pengembangan sekolah perfilman di Indonesia.

"Kita berencana menjadikan Jogja sebagai kancah baur budaya, tempat melting pot kebudayaan Indonesia. Di sini kami membayangkan akan disiapkan pusat sinema Yogya sehingga pengembangan sinema nanti di sini," ungkapnya.

Anie menyebut Yogyakarta memiliki sekolah perfilman yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan kualitas perfilman Indonesia. Sehingga film tersebut tidak hanya bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia, namun juga dapat menembus hingga dunia internasional.

"Dan itu sebabnya istilah untuk perfilman 'menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan tamu mempesona di negeri orang'," jelasnya.