Kapal Layar Polandia Berlabuh di Jakarta

BREAKINGNEWS.CO.ID – Kapal Layar milik Polandia, Dar Młodzieży akan berlabuh di Jakarta pada Selasa (2/10/2018). Kapal tersebut rencananya akan berada di Jakarta hingga 5 Oktober 2018 mendatang. Dar Mlodziezy yang dalam bahasa Indonesia berarti "Anugerah Pemuda" itu berlabuh di Indonesia dalam rangka perjalanan keliling dunia memperingati 100 tahun Restorasi Kemerdekaan Polandia. Kedutaan Besar Polandia, dalam…

Kapal Layar Polandia Berlabuh di Jakarta

BREAKINGNEWS.CO.ID – Kapal Layar milik Polandia, Dar Młodzieży akan berlabuh di Jakarta pada Selasa (2/10/2018). Kapal tersebut rencananya akan berada di Jakarta hingga 5 Oktober 2018 mendatang.

Dar Mlodziezy yang dalam bahasa Indonesia berarti "Anugerah Pemuda" itu berlabuh di Indonesia dalam rangka perjalanan keliling dunia memperingati 100 tahun Restorasi Kemerdekaan Polandia. Kedutaan Besar Polandia, dalam siaran persnya, Senin (1/10) menyatakan kapal tersebut membawa ratusan kru serta ribuan peserta pelayaran. Kru dan peserta pelayaran didominasi orang berusia muda, terdiri dari para siswa universitas maritim Polandia di Gdynia serta Szczecin, dan para pemuda penerima penghargaan dalam suatu kontes terkait perjuangan kemerdekaan Polandia.

"Kedatangan Dar Młodzieży di Pelabuhan Tanjung Priok akan disambut oleh perwakilan Pemerintah Indonesia serta Polandia, Para Pejabat Kota Jakarta, dan marching band dari Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta," demikian pernyataan Kedubes Polandia. Upacara penyambutan kapal tersebut rencananya akan berlangsung, Selasa (2/10) pukul 10.00 WIB. Deputi Menteri Maritim dan Perhubungan Dalam Negeri Polandia, Anna Moskwa serta para pejabat dari pemerintahan Republik Indonesia akan berkunjung ke kapal tersebut. Rencananya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Luhut Panjaitan serta Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti juga akan datang ke kapal tersebut.

Kapal Dar Mlodziezy dibangun di galangan kapal Gdańsk pada tahun 1981 silam. Hak milik Dar Mlodziezy dipegang oleh Universitas Maritim Gdynia dan selama ini digunakan sebagai kapal latih. Dar Młodziezy merupakan kapal buatan Polandia pertama yang berhasil menyelesaikan perjalanan keliling dunia (1987-88). Kapal tersebut memiliki spesifikasi teknis, yaitu panjang total 108,8 meter, tinggi tiang layar 49,5 m, dengan kecepatan berlayar 19,5 knots.

Menurut Kedutaan Besar Polandia, pada pelayaran kali ini, lebih dari 1.000 siswa maritim baik kadet dan sukarelawan yang dibagi dalam enam kelompok, akan bekerja di atas Dar Mlodziezy di bawah komando Kapten Ireneusz Lewandowski. Dar Mlodziezy berangkat meninggalkan pelabuhan Gdynia, Polandia pada 20 Mei 2018, dan direncanakan akan mengunjungi 22 pelabuhan di 18 negara.

Sepanjang perjalanan, Dar Mlodziezy akan mengunjungi Gdynia, Tallinn, Copenhagen, Stavenge, Szczecin, Bremerhaven, Bordeaux, Tenerife, Dakar, Cape Town, dan Mauritius. Setelah dari Jakarta Dar Młodziezy akan berangkat ke Singapura, Shanghai, Osaka, San Francisco, Los Angeles, Acapulco. Puncak dari pelayaran Dar Modziezy adalah Hari Pemuda Sedunia ke-34 di Panama yang diselenggarakan pada bulan Januari 2019 mendatang.

Kedutaan besar Polandia menyatakan dalam kunjungannya ke Indonesia, kapal tersebut juga akan membawa delegasi resmi Polandia serta perwakilan dari industri maritim Polandia (utamanya dari industri galangan kapal) dan produsen makanan. Delegasi tersebut rencananya akan melakukan perteuan dengan Luhut dan Susi, serta Kepala BNP2TKI Nusron Wahid dan Perwakilan ASDP Ferry Indonesia, pada 3 Oktober 2018.