Kabar Gembira! Fortnite Balik ke iOS Walau Apple Marah

Game battle royale Fortnite bakal bisa dimainkan kembali di iPhone. Padahal masih berseteru dengan Apple.

Kabar Gembira! Fortnite Balik ke iOS Walau Apple Marah
image

Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah hampir 3 tahun berlalu, game populer Fortnite bakal kembali tersedia di iPhone. Hal ini diumbar CEO Epic Games, Tim Sweeney, melalui akun Twitter personalnya.

Dalam nuansa Tahun Baru 2023, Sweeney membagikan gambar karakter Fortnite sembari menuliskan "tahun depan di iOS". Hal ini sontak memicu reaksi dari para pecinta game.

Tak kurang dari 11.000 like terhimpun, 415 berkomentar, dan 1,5 juta netizen platform berlogo burung terpapar dengan cuitan tersebut.

[Gambas:Twitter]

[Gambas:Twitter]


Apple sendiri dikabarkan tengah merancang kebijakan baru yang memungkinkan pengguna iPhone mengunduh (download) aplikasi alternatif di luar yang tersedia di App Store atau kerap disebut sideloading. Kebijakan ini katanya bakal hadir di sistem operasi iOS 17 keluaran akhir tahun nanti. Meski berat hati, Apple harus memberlakukan kebijakan ini demi mematuhi aturan Digital Market Acts (DMA) yang dikeluarkan Eropa.

Jika benar, maka Fortnite memang bisa hadir kembali untuk para Apple fanboy. Hanya saja, pengguna harus mengunduhnya di luar App Store, dikutip dari MacRumors, Selasa (3/1/2023).

Diketahui, Apple memblokir Fortnite dari App Store pada Agustus 2020 lalu. Game battle royale tersebut dianggap melanggar kebijakan Apple.

Pasalnya, Epic Game menyisipkan opsi pembayaran di dalam game-nya, sehingga pengguna bisa langsung melakukan transaksi tanpa melalui sistem pembelian (in-app purchase) di App Store.

Bukan cuma Apple, Google pun menghapus Fortnite dari Play Store dengan alasan yang sama. Namun, untuk pengguna Android, Fortnite masih bisa diunduh melalui file APK yang disediakan Epic Games.

Kabar terakhir, perdebatan sengit antara Epic Games dan Apple belum kunjung menemui titik tengah. Epic Games melayangkan gugatan ke Apple karena menilai raksasa Cupertino tersebut tidak memberikan hak yang adil bagi para pengembang aplikasi. Sementara itu, Apple menilai Fortnite selama ini telah banyak meraup keuntungan dari platform-nya.

"Epic Games sudah satu dekade ada di App Store dan telah mengambil keuntungan dari ekosistem App Store. Termasuk memanfaatkan berbagai tools, pengujian, dan distribusi yang Apple sediakan untuk para pengembang aplikasi," kata Apple ketika mengumumkan pemblokiran Fortnite pada 2020 lalu.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

iPhone 14 Segera Rilis, Kapan Waktu Tepat Beli iPhone?


(tib)