Iqbaal Ramadhan Tolak Perankan Dilan Dalam Film Ancika 1995, Langsung Digantikan Arbani Yasiz

Iqbaal Ramdhan menolak perankan Dilan sehingga produser dan sutradara kompak memilih aktor Arbani Yasiz.

Iqbaal Ramadhan Tolak Perankan Dilan Dalam Film Ancika 1995, Langsung Digantikan Arbani Yasiz

Liputan6.com, Jakarta - Karakter Dilan begitu melekat dengan nama aktor muda Iqbaal Ramadhan. Chemistry Dilan dengan Milea yang diperankan oleh Vanesha Prescilla sukses bikin penonton baper hingga membuat peran tersebut begitu melekat dalam diri keduanya.

Namun, dalam film Ancika 1995 sosok Dilan tak lagi diperankan oleh Iqbaal Ramadhan. Budi Ismanto, selaku produser film Ancika 1995, memberikan pernyataan mengejutkan terkait hal ini.

"Soal pemain kenapa dipilih Arbani menggantikan Iqbaal, orang kan tahunya Dilan itu Iqbal. Kenapa nggak Iqbaal? Persoalannya bukan kepada kaminya, pada Iqbaalnya," ujar Budi ditemui di CGV Grand Indonesia, Jakarta Pusat pada Rabu (22/11/2023)

Budi mengungkapkan bahwa ia sendiri sadar bahwa ada ekspektasi tinggi dari penonton yang membuat antusiasme film ini begitu besar.

Selain itu, karakter Dilan memang begitu lekat dengan Iqbaal namun ia tak memungkiri jika pergantian pemain ini terjadi karena keputusan Iqbaal sendiri.

2 dari 3 halaman

Iqbaal Tolak Perankan Dilan

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa Iqbaal sendiri yang menolak memerankan karakter Dilan dalam Ancika 1995.

"Kita sudah tawarkan pada Iqbaal, tapi Iqbal ketika itu beralasan lewat ayah Pidi, kalau tidak salah bahwa dia ingin keluar dari karakter Dilan. Akhirnya Iqbaal yang menolak untuk bermain lagi di sekuel ini," tuturnya melanjutkan.

Kendati demikian, Budi dan sang sutradara Benni Setiawan tak mempermasalahkan keputusan ini karena sudah lama mereka mengincar aktor lain yang dianggap juga cocok memerankan karakter Dilan. Aktor itu tak lain adalah Arbani Yasiz.

3 dari 3 halaman

Punya Fisik dan Kemampuan Akting yang Mumpuni

Budi menjelaskan kalau Arbani memiliki fisik yang pas dan kemampuan akting mumpuni untuk memerankan karakter Dilan. Benni Setiawan juga merasakan hal yang sama ketika melihat Arbani.

"Tapi dengan perkembangan kami tim, saya dan Pidi Baiq juga, kenapa Arbani? dari aspek fisik oke, akting oke. Tapi pilihan kami ternyata tepat. Kang Benni punya insting sebagai sutradara dia tahu lah bagaimana," ungkap produser tersebut.

Menurut Budi, Arbani memiliki kesamaan dengan karakter Dilan sesuai dengan buku yang ditulis Pidi Baiq. Dan ternyata ketika dicasting memang pas dan cocok baik ketika di dalam kamera atau pun menjiwai perannya.

"Emang benar, menurut saya inilah Dilan yang sebenarnya," pungkasnya.