Ikan asal Bali Ini Jadi Inspirasi di Tokoh Film The Little Mermaid

Christian Cordella membuat karakter film The Little Mermaid yang terinspirasi oleh ikan emperor angelfish asli Bali, Indonesia.

Ikan asal Bali Ini Jadi Inspirasi di Tokoh Film The Little Mermaid
image

KOMPAS.com - Desainer kostum film The Little Mermaid, Christian Cordella, mengungkapkan bahwa ia terinspirasi ikan khas Indonesia emperor angelfish dalam membuat karakter putri duyung dalam film tersebut.

Melalui akun Instagram pribadinya, Christian Cordella memperlihatkan desain para putri duyung yang muncul dalam film The Little Mermaid.

Salah satu karakter film tersebut bernama Karina, saudara Ariel, didesain sesuai dengan ikan emperor angelfish asli Bali, Indonesia.

Dalam unggahannya, Cordella terlihat menggambarkan Karina dengan sirip hitam dan "pakaian" bergari-garis biru tua serta cokelat. Warna ini khas ikan yang juga dikenal sebagai injel kaisar tersebut.

Lantas, apa itu ikan emperor angelfish atau injel kaisar yang menginspirasi desain karakter Karina di film The Little Mermaid?

Baca juga: Kisah Persahabatan Penyelam dan Ikan Berwajah Mirip Manusia Selama 30 Tahun

[embedded content]

Mengenal ikan emperor angelfish

Dilansir dari Bali Wildlife, ikan injel kaisar, emperor angelfish, atau imperial angelfish (Imperator pomacanthus) merupakan bagian dari famili Pomacanthidae yang terkenal memiliki warna cerah dan bentuk tubuhnya yang khas.

Di laut, ikan ini banyak ditemukan di perairan tropis dan subtropis di Samudra Atlantik, Hindia, dan Pasifik termasuk Afrika, Jepang, Mikronesia, Hawaii, dan Polinesia Perancis.

Habitat ikan berukuran 20 hingga 38 cm ini tinggal di antara terumbu karang dan batuan dalam kedalaman 6-55 meter.

Sebagai ikan karnivora, emperor angelfish memakan berbagai invertebrata kecil, plankton, spons, ganggang, dan ubur-ubur sejenis cnidarians.

Ikan ini dikenal berumur panjang dan mampu hidup hingga 15-20 tahun di alam liar.