Fakta Menarik Seputar Festival Film Indonesia 2023

Fakta Menarik Seputar Festival Film Indonesia 2023
image

Ajang penghargaan tertinggi bagi para insa perfilman Tanah Air yakni Festival Film Indonesia (FFI) atau Piala Citra 2023 sukses digelar di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Selasa, 14 November 2023. FFI tahun ini mengusung tema 'Citra'. 

Setidaknya ada 22 kategori yang dibagikan penghargaannya tahun ini. Lalu, apa saja hal yang menarik dari pagelaran FFI 2023. Berikut Fakta uniknya:

Untuk Film Terbaik, Women from Rote Island dinobatkan menjadi dilm cerita panjang terbaik FFI. Film ini juga memenangkan seluruh kategori yang dinominasikan, yakni Film Cerita Panjang Terbaik, Penulis Skenario Asli Terbaik, Pengatah Sinematografi Terbaik, termasuk Sutradara Terbaik Jeremias Nyangoen. 

Film Like & Share menjadi salah satu film yang memenangkan sejumlah piala, terutama kategori teknis, seperti Pengarah Artistik Terbaik, Penyunting Ganbar Terbaik, dan Penata Suara Terbaik. 

Sementara itu, film Budi Pekerti sebagai film yang masuk 17 nominasi pulang dengan mambawa dua piala, yakni Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik untuk Prilly Latuconsina, dan Pemeran Utama Perempuan Terbaik untuk Sha Ine Febriyanti.

Sementara, untuk kategori Pemeran Utama Pria Terbaik yakni Reza Rahardian dalam film Berbalas Kejam yang kembali menyabet Piala Citra tahun ini. 

Dalam kesempatan tersebut, HM Soleh Ruslani dan Raam Punjabi dianugerahi Lifetime Achievement atas pengabdian dan kerja kerasnya selama berada di industri perfilman Indonesia. Penghargaan ini diberikan karena keduanya bersumbangsih dalam melahirkan sejumlah karya di Industri film.

Hal menarik lainnya yang berbeda dari penyelenggaraan FFI tahun sebelumnya ialah para Komite FFI 2021-2023 yang diketua Reza Rahardian juga berpamitan. Tahun ini menjadi tahun terakhir Reza Rahardian Cs untuk menyenggarakan FFI. Tahun selanjutnya akan diserahkan ke komite yang baru.