Detik Pagi: Koster Kembali Tolak Atlet Israel Hingga Problem Royalti RI

Gubernur Bali Wayan Koster kembali tolak Altet Israel hingga ngobrol soal Sistem Royalti Musik di Indonesia.

Detik Pagi: Koster Kembali Tolak Atlet Israel Hingga Problem Royalti RI
image
Jakarta -

Meski terus dibombardir kritik usai Indonesia gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, Gubernur Bali Wayan Koster kembali mengeluarkan pernyataan yang mengisyaratkan penolakan terhadap atlet Israel. Kali ini, pernyataan kader PDI Perjuangan itu berkaitan dengan rencana penyelengaraan World Beach Games 2023 yang dijadwalkan berlangsung di Bali pada 5-12 Agustus 2023.

Koster juga bilang lagu kebangsaan Israel tidak boleh dinyanyikan di Indonesia.

"Sebagai satu entitas sendiri, karena telah diatur dalam Peraturan Menteri Luar Negeri, tidak boleh menyanyikan lagu kebangsaan Israel di wilayah Indonesia," ujar Koster di Pura Besakih seperti dikutip dari detikBali, Kamis (6/4/2023).

Koster mengacu pada pasal 151 ayat C Peraturan Menteri Luar Negeri Nomor 3 Tahun 2019 bahwa penggunaan bendera, lambang, atau atribut lain serta pengumandangan lagu kebangsaan Israel tidak diizinkan di Indonesia. Sebab, tak ada hubungan diplomatik di antara Indonesia dan Israel.

"Jadi saya tetap menolak kehadiran Israel di Bali, termasuk di ANOC World Beach Games mendatang," tegasnya

Selain polemik penolakan atlet Israel dalam event Internasional di Indonesia, detik Pagi juga akan mengulas tantangan pengelolaan olahraga nasional dan eksistensi RI di kancah Dunia. Dua hal yang kini menjadi 'pekerjaan rumah' Dito Ariotedjo, yang baru seja didapuk menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora),

Menu detik Pagi kali ini turut juga mengawal sejumlah berita yang cukup besar mendapat perhatian detikers, antara lain; update aksi sadis Mbah Slamet dalam serial killer Banjarnegara, tuntutan 4 tahun penjara kepada AG di kasus penganiayaan David Ozora, sikap Malaysia menghapus hukuman mati, hingga kabar prestasi mahasiswa Unikom yang wakili RI di kompetisi tahunan Microsoft.

Dari dunia lifestyle akan ada ulasan tentang Sistem Royalti Musik di Indonesia, rekomendasi film-film seru, Mitos atau Fakta tentang Traffic Light, sampai kreasi menu ramadhan di Masak Apa Hari Ini.


Saksikan terus live streaming detik Pagi di detikcom dan Tiktok @detikcom!. Selama bulan Ramadan, detik Pagi tayang Senin-Jumat, pukul 08.00-11.00 WIB!


Detik Pagi, Jangan tidur lagi!

(ajs/ndh)