10 Film Romantis Indonesia Terlaris di Bioskop, Dilan sampai AADC

Film romantis Indonesia kerap menjadi pilihan masyarakat yang menonton di bioskop. Berikut film romantis Indonesia terlaris yang pernah tayang di bioskop.

10 Film Romantis Indonesia Terlaris di Bioskop, Dilan sampai AADC
Jakarta, CNN Indonesia --

Film romantis Indonesia kerap menjadi pilihan masyarakat yang ingin menonton di bioskop. Khususnya para pasangan muda dan remaja.

Mulai dari jalan ceritanya yang menarik, adegan yang bikin terbawa perasaan alias baper, hingga kutipan dialog yang mengena di hati.

Maka tak heran, ada banyak film romantis Indonesia yang laris manis di pasaran. Ceritanya pun beragam, baik itu menyuguhkan kisah cinta di masa sekolah maupun hubungan dewasa.

Berikut 10 film romantis Indonesia terlaris di bioskop yang sudah ditonton oleh jutaan masyarakat.


1. Dilan 1990 (2018)

Film Dilan 1990Film romantis Indonesia terlaris, Dilan 1990 (Foto: Dok Falcon Pictures)

Dilan 1990 menjadi film romantis Indonesia terlaris dengan jumlah penonton mencapai 6,31 juta penonton di bioskop.

Film romantis remaja Indonesia yang dibintangi Iqbal Ramadhan sebagai Dilan dan Vanesha Prescilla sebagai Milea ini sukses membuat para penontonnya ikutan baper.

Film yang diangkat dari novel karya Pidi Baiq ini berkisah tentang Dilan yang menyukai Milea sejak pertama kali bertemu. Meski hubungannya sempat mengalami pasang surut namun akhirnya mereka berpacaran.


2. Dilan 1991 (2019)

Sekuel kedua dari film Dilan yang masih dibintangi oleh Iqbal Ramadhan dan Vanesha Prescilla ini ditonton 5,25 juta penonton di bioskop.

Kali ini, Dilan dan Milea yang sudah resmi berpacaran menghadapi dinamika baru pada hubungan mereka.

Dilan yang kian sering memimpin aksi pertikaian antargeng motor semakin banyak mendapat musuh, sehingga membuat Milea khawatir dan memintanya untuk keluar dari geng motor.

Di sisi lain, muncul Yugo (Jerome Kurnia), anak dari sepupu jauh ayah Milea yang baru pulang dari Belgia dan menyukai Milea.


3. Habibie & Ainun (2012)

habibie & ainun 2012Film romantis Indonesia terlaris, Habibie & Ainun (Foto: MD Pictures via Imdb)

Film romantis Indonesia yang satu ini tentu tak perlu diragukan lagi karena diangkat dari kisah nyata cinta sehidup semati dari Presiden ke-3 Indonesia B.J Habibie dan istrinya, Hasri Ainun Habibie.

Film ini mengisahkan pertemuan Habibie dan Ainun di SMP sampai akhirnya menikah dan hidup di Jerman.

Tulusnya cinta Habibie dan Ainun membuat film ini laris di pasaran dengan jumlah 4,6 juta penonton dan cocok menjadi rekomendasi film romantis untuk Anda.


4. Ayat-Ayat Cinta (2008)

Ayat-Ayat Cinta karya sutradara Hanung Bramantyo diangkat dari novel karya Habiburrahman El Shirazy dengan judul sama.

Film yang ditonton oleh 3,67 juta penonton ini mengisahkan tentang pemuda Indonesia bernama Fahri (Fedi Nuril) yang tengah menempuh pendidikan master di Al-Azhar, Kairo, Mesir.

Di Mesir, Fahri bertemu dengan Aisha (Rianti Cartwright) yang kemudian dinikahinya. Namun, ada Maria (Carissa Putri), tetangganya yang juga jatuh hati pada Fahri.


5. Ada Apa dengan Cinta? 2 (2016)

Ada Apa dengan Cinta? 2 merupakan kelanjutan dari film berjudul sama yang hit pada 2002. Film romantis Indonesia ini ditonton oleh 3,66 juta penonton, mengalahkan film perdananya.

AADC 2 mengisahkan kelanjutan hubungan Cinta (Dian Sastrowardoyo) dan Rangga (Nicholas Saputra) usai terpisah selama 14 tahun.

Mereka tak sengaja bertemu di Yogyakarta dan menghabiskan hari bersama untuk menyelesaikan permasalahan hubungan mereka dulu.


6. Milea: Suara dari Dilan (2020)

Milea Suara dari Dilan dok. Max Pictures/YouTubeFilm romantis Indonesia terlaris, Milea Suara dari Dilan (Foto: dok. Max Pictures/YouTube)

Sekuel ketiga dari film Dilan ini ditonton oleh 3,15 juta orang dan masih menyajikan lanjutan kisah cinta antara Dilan (Iqbal Ramadhan) dan Milea (Vanesha Prescilla).

Dilan yang terus memimpin aksi pertikaian geng motor harus berurusan dengan kepolisian setelah salah satu temannya, Akew (Gusti Rayhan), meninggal akibat dikeroyok sekelompok orang.

Hal ini membuat Milea memilih berpisah dengan Dilan hingga lulus kuliah dan dewasa.


7. Ayat-Ayat Cinta 2 (2017)

Ayat-Ayat Cinta 2 merupakan kelanjutan dari kisah Fahri (Fedi Nuril) di film pertama berjudul sama.

Kendati tak sesukses film pertamanya, namun Ayat-Ayat Cinta 2 masih berada di jajaran film romantis Indonesia terlaris dengan 2,84 juta penonton.

Di film ini, Fahri melanjutkan hidupnya usai berpisah dengan Aisha yang menjadi relawan di Jalur Gaza. Kendati Aisha tak pernah kembali, namun Fahri berusaha tetap setia dan menantinya setiap hari.


8. Ada Apa dengan Cinta? (2002)

Film romantis Indonesia ini mengantongi 2,7 juta penonton. Ada Apa dengan Cinta? mengisahkan pertemuan antara Cinta (Dian Sastrowardoyo) dan Rangga (Nicholas Saputra) di bangku SMA.

Mereka saling tertarik satu sama lain hingga akhirnya berpacaran. Namun, Rangga tiba-tiba memilih untuk meninggalkan Cinta karena akan pergi ke New York untuk waktu yang lama.


9. Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan (2019)

Imperfect dok.Starvision Plus/YouTubeFilm romantis Indonesia terlaris, Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan (Foto: dok.Starvision Plus/YouTube)

Film ini mengangkat kisah tentang Rara (Jessica Mila), perempuan gendut namun baik hati. Hal ini membuat Dika (Reza Rahadian) tulus menyukainya dan mau menerima Rara apa adanya.

Hingga akhirnya, Rara mendapatkan tawaran promosi jabatan yang mengharuskanya untuk berpenampilan proporsional dan menarik.

Ia pun sibuk diet dan sering melupakan orang-orang yang disayang, termasuk Dika. Film ini sukses di bioskop dengan 2,66 juta penonton.


10. Eiffel I'm in Love (2003)

Film romantis Indonesia ini telah ditonton oleh 2,63 juta penonton di bioskop.

Eiffel I'm in Love merupakan film Indonesia komedi romantis yang bercerita tentang Tita (Shandy Aulia), remaja lugu yang bertemu dengan Adit (Samuel Rizal), pria tampan namun dingin.

Mereka disebut dijodohkan, padahal Tita sudah punya pacar. Tita dan Adit pun perlahan saling mengenal karakter masing-masing sampai akhirnya saling jatuh cinta. Ternyata, mereka tidak benar-benar dijodohkan, namun sudah saling menyukai.

(uli/fef)

[Gambas:Video CNN]