Covid-19 'Eris' Sudah Masuk Indonesia, Kenali Gejalanya

Menteri Kesehatan (Menkes RI), Budi Gunadi Sadikin, mengungkapkan bahwa varian baru Covid-19, Omicron EG.5.1 alias 'Eris' sejak sekitar Juni 2023 lalu.

Covid-19 'Eris' Sudah Masuk Indonesia, Kenali Gejalanya
image

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kesehatan (Menkes RI), Budi Gunadi Sadikin, mengungkapkan bahwa varian baru Covid-19, Omicron EG.5.1 alias 'Eris' sejak sekitar Juni 2023 lalu.

"Varian baru tersebut memang sudah ada di Indonesia. Sudah dari dua bulan lalu," ungkap Budi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (9/8/2023).

Meskipun saat ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengklasifikasikan varian 'Eris' sebagai sebagai variant under monitoring (VUM) atau varian yang diawasi, Budi mengimbau masyarakat Indonesia untuk tetap tenang dan tidak khawatir.

"Iya, enggak perlu khawatir," kata Budi.

CNBC Indonesia telah menghubungi Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) untuk konfirmasi lebih lanjut terkait kasus Covid-19 varian 'Eris' di Indonesia. Namun, pihak Kemenkes RI masih belum memberikan jawaban.

Sebelumnya, Covid-19 varian 'Eris' dilaporkan sudah mendominasi 20 persen dari sekuen yang ada di Asia, 10 persen sekuen di Eropa, dan 7 persen sekuen di Amerika Utara.

Covid-19 varian 'Eris' memiliki gejala yang tidak banyak berbeda dari subvarian Omicron lainnya. Berikut gejalanya:

  • Pilek
  • Sakit Kepala
  • Kelelahan ringan hingga berat
  • Bersin
  • Sakit tenggorokan


Salah satu negara yang mengalami lonjakan kasus Covid-19 akibat 'Eris' adalah Inggris. Melansir dari Daily Mail, salah satu faktornya adalah libur musim panas serta perilisan film Barbie dan Oppenheimer. Kedua film yang dirilis bersamaan pada akhir Juli tersebut menimbulkan banyak kerumunan, terutama di bioskop.

"Kami terus memonitor jumlah kenaikan kasus pada minggu ini. Kami memang melihat ada peningkatan pasien di rumah sakit, terutama di kalangan pasien berusia lanjut," tutur kepala imunisasi Inggris UKHSA, Dr Mary Ramsay, dikutip Rabu (9/8/2023).


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Ditemukan 7 Kasus Covid Arcturus di RI, Begini Kondisinya


(hsy/hsy)