Cara Pilih Kaca Film Mobil Hindari Sengatan Udara Panas Indonesia

Salah satu fungsi kaca film di antaranya menolak panas matahari yang bisa memenuhi kabin mobil.

Cara Pilih Kaca Film Mobil Hindari Sengatan Udara Panas Indonesia
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Cuaca panas melanda sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Jakarta. Kondisi itu diiringi sinar matahari yang terasa lebih menyengat ketimbang biasanya dalam beberapa waktu terakhir.

Berkendara dengan mobil di tengah kondisi tersebut tentu tidak nyaman. Meski sudah menggunakan AC, sinar matahari yang menyengat bisa membuat suhu panas tetap terasa di dalam kabin.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah itu adalah dengan memasang kaca film pada mobil. Fungsi kaca film di antaranya menolak panas matahari yang bisa memenuhi kabin mobil, serta bisa menolak sinar UV yang mampu merusak kesehatan kulit.

Namun begitu, jangan sembarangan memilih kaca film yang akan Anda pasang pada mobil. Berikut tips-tips memilih kaca film pada mobil.

Pilih kaca film dengan tingkat kegelapan 20-40 persen

Untuk pemasangan kaca film bagian depan mobil dianjurkan memilih kaca film dengan tingkat kegelapan sekitar 20 persen atau maksimal 40 persen, tidak boleh lebih dari itu. Pasalnya, jika memasang kaca film mobil depan terlalu gelap akan berbahaya saat berkendara di malam hari.

Dengan memilih kaca film mobil depan dengan tingkat kegelapan 40 persen, Anda masih bisa memilik jarak pandang yang cukup jauh, bahkan di siang hari akan memberi jarak visibilitas minimal 500 meter ke depan.

Selain itu, persepsi semakin gelap kaca film bisa membuat kabin mobil lebih adem juga keliru. Kaca film yang dapat menangkal panas tergantung dari teknologi yang digunakan.

Pilih yang memiliki perlindungan dari sinar UV dan inframerah

Anda juga disarankan untuk menggunakan kaca film yang memiliki perlindungan UV dan inframerah. Hal ini selain untuk melindungi kulit agar tidak terbakar oleh sinar matahari, juga untuk menjaga agar kabin mobil tidak terlalu panas dan tetap dingin.

Kaca film yang memiliki perlindungan sinar UV dan inframerah juga bisa membuat warna dasbor dan jok tidak mudah pudar, lantaran mendapat perlindungan dari kedua sinar tersebut. Disarankan memilih kaca film yang memiliki fitur perlindungan UV 400, karena dapat menolak sinar matahari bahkan mencapai 99 persen.

Pilih yang sesuai dengan tampilan mobil

Tips lainnya yang tidak kalah penting adalah memilih kaca film yang sesuai dengan warna dan tampilan mobil Anda. Jangan sampai kaca film membuat mobil Anda jadi kurang menarik dan tidak rapi.

Pilih kualitas yang bagus

Terakhir, Anda juga perlu mempertimbangkan kualitas kaca film dan bagaimana cara pemasangannya. Upayakan memilih kaca film yang berkualitas baik dan juga dipasang dengan cara yang benar.

Jika bisa, minta orang yang profesional untuk memasang kaca film pada mobil Anda. Jangan sampai tergoda dengan harga murah, tapi malah mendapat kualitas yang rendah dan pemasangan yang asal-asalan, mengutip Daihatsu.

[Gambas:Video CNN]

(dmr/mik)

[Gambas:Video CNN]