Byun Hee-bong, Bintang Film The Host dan Okja Meninggal Dunia

Bintang film The Host, Okja hingga Memories of Murder Byun Hee-bong meninggal dunia usai berusaha melawan kanker pankreas.

Byun Hee-bong, Bintang Film The Host dan Okja Meninggal Dunia
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Aktor senior Korea Byun Hee-bong meninggal dunia pada Senin (18/9). Pihak keluarga mengonfirmasi kabar duka itu dan mengungkapkan sang aktor meninggal dunia saat berusia 81 tahun setelah melawan kanker pankreas.

Korea Times pada 18 September memberitakan Byun Hee-bong kembali berhadapan dengan penyakit tersebut meski sempat dinyatakan sembuh.

Byun Hee-bong merupakan aktor kelahiran 1942 di Jangseong, Provinsi Jeolla Selatan. Ia memulai debutnya di industri hiburan pada 1966 sebagai pengisi suara untuk jaringan TV besar MBC. Dia sebelumnya bekerja sebagai aktor pentas.

Dia kemudian beralih ke akting penuh waktu dengan membintangi berbagai serial TV, seperti The First Republic (1981), The Joseon Dynasty 500 Years: Seoljungmae (1985) dan The Legendary Doctor - Hur Jun (1999).

[Gambas:Video CNN]

Byun Hee-bong merupakan salah satu aktor yang kerap bekerja sama dengan sutradara Bong Joon-ho. Sepanjang kariernya, ia membintangi empat film garapan sutradara pemenang Oscar tersebut, yakni Barking Dogs Never Bite (2000), Memories of Murder (2003), The Host (2006), dan Okja (2017).

Byun memenangkan penghargaan sebagai aktor paling populer dalam kategori TV di Baeksang Arts Awards ke-21 untuk perannya dalam serial drama periode The Joseon Dynasty 500 Years: Seoljungmae.

Tak hanya itu, ia juga memenangkan piala aktor pendukung terbaik di Blue Dragon Awards ke-27 untuk perannya dalam The Host. Dalam film itu, ia berperan sebagai Park Hee-bong, ayah dari Park Gang-du (Song Kang-ho).

Mendiang Byun Hee-bong terakhir kali berakting pada 2019 melalui drama Trap dan My Lawyer, Mr. Jo 2: Crime and Punishment, serta film Quantum Physics.

Pada 2020, ia menerima Eungwan Order of Cultural Merit, dekorasi budaya Korea kelas tertinggi kedua, dari pemerintah sebagai pengakuan atas kontribusinya terhadap pengembangan budaya pop negara.

(chri)