Berapa Nominal Tabungan untuk 'Lolos' ke Amerika Serikat?

Berkunjung ke Amerika Serikat menjadi kebanggaan tersendiri karena kesan negara bergengsi. Kamu harus tahu nih minimal tabungan supaya lulus visa AS.

Berapa Nominal Tabungan untuk 'Lolos' ke Amerika Serikat?
image
Jakarta -

Berkunjung ke Amerika Serikat menjadi kebanggaan tersendiri karena kesan negara bergengsi. Kamu harus tahu nih minimal tabungan supaya lulus visa AS.

Salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan pemohon visa ke Amerika adalah mengenai syarat visa Amerika minimal tabungan. Dalam wensitenya, Kamis (9/3/2023) Imigrasi menguraikan hal-hal yang perlu kamu tahu tentang visa Amerika Serikat, termasuk minimal tabungan.

Berapa Jumlah Minimal Tabungan untuk Pembuatan Visa ke Amerika?

Saat Anda akan berangkat ke Amerika, biaya kehidupan sehari-hari selama berada di sana sudah pasti harus ditanggung oleh diri sendiri. Sehingga, sangat wajar apabila pihak Kedutaan Besar Amerika Serikat menetapkan syarat visa Amerika minimal tabungan.

Dengan melihat data tabungan tersebut, pihak yang berwenang bisa lebih yakin bahwa Anda memiliki budget yang cukup untuk menghidupi diri sendiri saat sedang berada di Amerika. Anda juga harus memiliki biaya yang cukup untuk membeli tiket pesawat kembali ke Indonesia setelah masa visa habis. Jangan sampai Anda terlunta-lunta di jalanan dan tidak bisa pulang ke Indonesia gara-gara uang tabungan yang tidak cukup!

Pada dasarnya, jumlah tabungan minimal yang menjadi syarat visa tergantung dari berapa lama rencana Anda akan singgah ke negara tersebut. Misalnya, apabila berencana untuk singgah di Amerika selama 15 hari, maka jumlah minimal tabungan yang harus Anda miliki adalah sekitar USD 5.000 - USD 10.000 atau lebih dari sekitar Rp 70 juta rupiah. Sedangkan, bagi yang ingin ke Amerika Serikat sebagai pelajar, maka biaya minimal yang harus ada di tabungan untuk visa pelajar adalah sekitar USD 10.000 ke atas.

Berapa Biaya Pembuatan Visa

Biaya pembuatan untuk masing-masing visa tentunya bervariasi. Misalnya, untuk jenis visa bagi nonimigran, yaitu bagi wisatawan, pelajar, dan pelaku bisnis, kamu harus menghabiskan biaya sebesar USD 160 (sekitar Rp 2,3 juta). Sedangkan, tipe visa Amerika untuk pemuka agama, pekerja agama, atau karyawan bisa mencapai sekitar USD 190 (sekitar Rp 2,8 juta).

Satu hal yang perlu diketahui adalah pembayaran biaya pembuatan visa ini tidak lantas berarti bahwa Anda pasti akan mendapatkan visa tersebut. Apabila permohonan visa tersebut ditolak, maka secara otomatis biaya yang dikeluarkan hangus. Jadi, penting sekali memastikan Anda sudah memenuhi semua syarat yang diminta sebelum mengajukan permohonan.

Tips Agar Visa ke Amerika Serikat Diterima

Selain mempersiapkan biaya hidup saat akan berangkat ke Amerika Serikat, hal yang tak kalah penting adalah memastikan bahwa semua persiapan dan persyaratan pembuatan visa sudah sesuai. Dengan demikian, kemungkinan permohonan visa Anda diterima pun akan semakin besar. Selain itu, berikut adalah beberapa tips yang bisa diikuti agar permohonan visa ke Amerika Serikat diterima:

- Mengisi formulir permohonan visa dengan informasi yang benar
- Lebih teliti saat mengisi formulir untuk menghindari kesalahan pengejaan (typo)
- Lampirkan rencana perjalanan (itinerary) secara lebih detail
- Mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk wawancara.

Simak Video "Detik-detik Jet Tempur Rusia Tabrak Drone AS di Laut Hitam"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)