Agar Liburan Seru, Ini Rekomendasi Itinerary Jakarta Ke Jogja Dengan Mobil Pribadi Ini!

Itinerary jakarta ke jogja dengan mobil bisa jadi kegiatan yang menyenangkan terlebih jika direncanakan dengan baik. Baca tips perjalanannya di artikel ini!

Agar Liburan Seru, Ini Rekomendasi Itinerary Jakarta Ke Jogja Dengan Mobil Pribadi Ini!

Ingin berlibur ke Jogja namun masih bingung menentukan itinerary jakarta ke Jogja dengan mobil? Jogja merupakan destinasi liburan yang paling sering dipilih karena keramahannya dan juga budget friendly. Selain itu, banyak sekali destinasi wisata luar ruangan yang bisa Anda kunjungi. 

Dalam artikel berikut ini, Auto2000 akan berbagi itinerary untuk perjalanan dari Jakarta ke Jogja yang bisa jadi panduan Anda ketika berlibur ke Jogja. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

7 Tips Perjalanan Jakarta Ke Jogja Dengan Mobil Pribadi

Sebelum atau selama melakukan perjalanan ke luar kota, tentu perlu mempersiapkan beberapa hal penting, terlebih jika menggunakan mobil pribadi. Berikut beberapa tips saat akan melakukan perjalanan Jakarta ke Jogja dengan mobil pribadi. 

 1. Pastikan Kendaraan dalam Kondisi Prima

Tips yang pertama saat akan melakukan perjalanan Jakarta menuju Jogja dengan mobil pribadi adalah memastikan kondisi mobil Anda dalam keadaan baik dan menjaganya agar tetap dalam kondisi prima. Hal ini dikarenakan jarak tempuh Jakarta menuju Jogja yang cukup jauh dan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, AutoFamily perlu mempersiapkan kondisi mobil sebelum melakukan perjalanan.  

Tenang saja, sekarang layanan bengkel resmi Toyota Auto2000 menyediakan booking service online yang mudah dan bisa dilakukan kapan saja dan kapan saja melalui Auto2000 Digiroom. Jadi, AutoFamily tetap bisa menjadwalkan kedatangan dengan mudah sebelum keberangkatan ke Jogja.

Baca Juga: 10 Cara Mengetahui Kaki-Kaki Mobil Rusak

2. Berangkat di Pagi Hari  

Upayakan untuk mengawali perjalanan di pagi hari agar Anda terhindar dari kemacetan dan juga mengurangi risiko kelelahan selama perjalanan jika dibandingkan dengan perjalanan pada malam hari. 

Waktu yang digunakan selama perjalanan pun menjadi lebih fleksibel, dengan kata lain Anda bisa leluasa mengatur waktu istirahat ataupun jika Anda ingin singgah di beberapa tempat selama perjalanan. 

3. Siapkan Bekal selama Perjalanan Jakarta-Jogja

Siapkan perbekalan seperti makan,minum, maupun camilan untuk di perjalanan Anda dari Jakarta menuju Jogja. Perbekalan ini bertujuan untuk menghilangkan rasa bosan atau rasa kantuk selama perjalanan. Bisa juga untuk mengganjal perut selama perjalanan. Selain itu, perbekalan yang disiapkan juga dapat menghemat serta mengefisiensikan waktu perjalanan dan juga biaya pengeluaran perjalanan Jakarta menuju Jogja. 

Baca Juga: 16 Makanan Yang Cocok Dibawa Perjalanan Mudik

4. Istirahat setiap 3 atau 4 jam 

Di samping itu, jarak tempuh yang cukup jauh tentunya menjadikan Anda cepat merasa lelah. Oleh karena itu, berhentilah sejenak di tempat istirahat ataupun di rest area  setiap 3 atau 4 jam perjalanan untuk sekadar menghilangkan rasa lelah dan pegal atau untuk buang air.

5. Siapkan Hiburan selama Perjalanan 

Selain perbekalan, Anda juga perlu mempersiapkan hiburan untuk menghilangkan rasa bosan. AutoFamily bisa menyiapkan playlist lagu selama perjalanan ataupun permainan yang seru selama perjalanan. Hiburan ini juga bisa untuk menghilangkan rasa kantuk dan lelah selama perjalanan.

6. Siapkan Perencanaan Anggaran Perjalanan Jakarta-Jogja 

Sebelum melakukan perjalanan jauh dari Jakarta menuju Jogja terlebih dengan menggunakan mobil pribadi, tentu AutoFamily perlu mempersiapkan perencanaan anggaran seperti biaya untuk tol, bensin, ataupun biaya tak terduga lainnya. Perencanaan budget ini juga bertujuan agar anggaran yang dikeluarkan selama perjalanan tidak melampaui batas atau over budget

7. Membawa Barang Secukupnya 

Perjalanan jauh menggunakan mobil pribadi, tentunya memiliki keterbatasan ruang untuk bagasi. Oleh sebab itu, bawalah barang secukupnya sesuai kebutuhan untuk perjalanan dan juga kebutuhan untuk liburan. Hal ini untuk mengefisienkan ruang bagasi mobil agar tidak overload dan juga bisa untuk membawa oleh oleh ketika pulang liburan. 

Baca Juga: Daftar 7 Barang Wajib Ada di Mobil Saat Mudik

KUNJUNGI AUTO2000 DIGIROOM UNTUK MENIKMATI KEMUDAHAN BOOKING SERVICE MOBIL TOYOTA ANDA

Itinerary 4 Hari 3 Malam Jakarta Ke Jogja dengan Mobil Pribadi 

Jika Anda masih bingung untuk menghabiskan waktu liburan di Jogja bisa kemana saja? Berikut Itinerary atau rencana perjalanan wisata Jogja yang bisa menjadi inspirasi Anda selama liburan 4 hari 3 malam di Jogja:

1. Hari 1 Tiba di Jogja

Jika Anda memulai perjalanan dari Jakarta ke Jogja di pagi hari, Adna akan tiba di Jogja  kisaran siang menjelang sore hari. Anda bisa melakukan check-in hotel atau penginapan terlebih dahulu untuk beristirahat setelah perjalanan jauh. 

Kemudian di sore harinya, untuk mengawali liburan seru di Jogja, Anda dapat bersantai sejenak dengan menonton pertunjukan Sendratari Ramayana dengan pemandangan Candi Prambanan yang menjadi latar belakang panggung pertunjukan tersebut. Setelah menonton pertunjukan Sendratari Ramayana, Anda bisa lanjut untuk kulineran malam. 

2. Hari 2 Berburu Sunrise dan Sunset

Di hari ke-2 liburan di Jogja, Anda dapat mengawalinya dengan mencari Sunrise di salah satu tempat wisata kebun buah. AutoFamily akan dibuat takjub dengan pemandangan seperti Negeri di atas Awan. 

Setelah itu, Anda bisa mampir ke Hutan pinus Mangunan yang letaknya tidak jauh. Kemudian untuk sarapan Anda bisa menuju ke beberapa tempat makan di sekitar lokasi wisata tersebut.

Berikutnya, siang hari Anda bisa berwisata sejarah ke Keraton, Taman Sari, Benteng Vredeburg dan Museum Sasono Budoyo. Sembari berwisata di area tengah kota Jogja, Anda bisa singgah ke salah satu tempat gudeg untuk beristirahat sejenak dan makan siang. 

Untuk Menikmati sore hari di Jogja, Anda bisa ke Puncak Paralayang di Parangtritis. Tempat wisata ini menjadi rekomendasi wisatawan untuk menikmati sunset sembaru nongkrong cantik. Setelah selesai menikmati sunset, Anda bisa melanjutkan dengan makan malam di beberapa tempat sate terkenal.

3. Hari 3 Menikmati Lava Tour

Liburan hari ketiga di Jogja, Anda harus bersiap di pagi hari untuk mengikuti Lava Tour Merapi. Wisata ini akan mengajak Anda untuk berkeliling menjelajahi lereng Gunung Merapi dengan menggunakan Jeep. Sebelum menuju lokasi Lava Tour, Anda bisa singgah sejenak di Warung Kopi Klotok di daerah Pakem untuk sarapan pagi. 

Destinasi berikutnya masih di kawasan kaliurang, Anda bisa mengunjungi Museum Ullen Sentalu. Namun, perlu diingat museum ini hanya buka dari Selasa-Minggu pada pukul 08.30 hingga pukul 16.00 sore saja. 

Tidak perlu khawatir, selain museum Ullen Sentalu Anda bisa mampir ke beberapa tempat lainnya seperti Museum Petilasan Mbah Maridjan ataupun ngopi santai di kafe dengan pemandangan Gunung Merapi. 

Kemudian Anda bisa melanjutkan ke destinasi berikutnya yaitu area Tugu Jogja dan Malioboro. Di kawasan sini Anda bisa berwisata kuliner di beberapa angkringan di sekitar area Malioboro. 

4. Hari 4 Berburu Oleh-oleh

Hari terakhir liburan di Jogja Anda tidak memiliki banyak waktu untuk pergi ke destinasi wisata yang jauh. Sehingga untuk mengawali liburan di hari terakhir ini, Anda bisa berburu sarapan di beberapa tempat ikonik. 

Destinasi berikutnya Anda bisa memanfaatkan waktu untuk berburu oleh oleh. Setelah itu, Anda melanjutkan perjalanan untuk pulang ke Jakarta.

image

Itinerary 1 Minggu Jakarta Ke Jogja 

Jika Anda merasa liburan di Jogja selama 4 hari 3 malam di Jogja mungkin masih kurang cukup dan masih ada destinasi lain yang belum Anda kunjungi, tidak ada salah nya untuk Anda eksten liburan menjadi 1 minggu. Akan sedikit berbeda dengan itinerary yang sebelumnya, berikut ini rencana perjalanan atau itinerary liburan Jakarta Jogja selama 1 minggu 

1. Hari 1 Perjalanan menuju Jogja 

Di Hari pertama liburan, Anda akan memulai perjalanan dari Jakarta menuju Jogja pada pagi hari dan akan tiba di Jogja berkisar siang menjelang sore hari. Setibanya di Jogja Anda dapat langsung check-in ke hotel atau penginapan untuk istirahat sejenak. Kemudian malam harinya Anda dapat menuju ke destinasi pertama yaitu Gudeg Sagan untuk makan malam. 

Setelah makan malam, Anda dapat menonton Cabaret Show. Perlu Anda ingat Cabaret Show ini hanya ada di hari Jumat dan Sabtu  pukul 19.00, Anda bisa reservasi tiket terlebih dahulu atau bisa juga membelinya langsung di sana. 

2. Hari 2, Destinasi Wisata Gunung Kidul 

Destinasi wisata berikutnya untuk hari kedua ini, Anda dapat menjelajahi objek wisata yang ada di kawasan Gunung Kidul. Jika Anda ingin mencoba olahraga air seperti rafting di sungai melihat indahnya stalakmit dan stalaktit, Anda bisa menuju Goa Pindul. Selain itu, Gunung Kidul juga memiliki berbagai pantai yang dapat Anda kunjungi seperti Pantai Wediombo, Pantai Jungwok, Pantai Krakal, Pantai Sadranan, dan masih banyak lagi. 

Puas dengan bermain air, saatnya untuk wisata kuliner. Di daerah Gunung Kidul Anda dapat mencoba  kuliner Pawon Purba dan sate kambing.

3. Hari 3, Destinasi Wisata di Bantul

Hari ketiga di Jogja, Anda bisa menuju beberapa destinasi wisata yang ada di daerah Bantul. Destinasi pertama di daerah Bantul yang bisa Anda kunjungi yaitu restoran Mangut Lele untuk sarapan pagi Anda. kemudian dapat melanjutkan perjalanan menuju Kampung Batik Giriloyo. Di sini Anda bisa belajar membatik sendiri dan juga membeli oleh-oleh untuk kerabat di rumah. 

Setelah belajar membatik, Anda dapat menuju ke destinasi berikutnya yakni Pantai Depok, di sini selain menikmati indahnya pantai Anda juga bisa wisata kuliner ikan laut yang masih fresh. Ketika perjalanan pulang menuju penginapan, jangan lupa untuk makan malam di restoran Sate Klatak yang nikmat. 

4. Hari 4, Destinasi Wisata di Kaliurang

Persiapkan diri Anda dari pagi hari untuk menuju kawasan wisata kaliurang di hari keempat liburan di Jogja. Anda bisa mulai dengan sarapan, setelah bersantai sejenak lanjutkan perjalanan wisata ke kebun binatang. Anda bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan yang ada di sana. 

Destinasi berikutnya masih di kawasan Kaliurang, Anda bisa beristirahat sejenak sembari makan siang. Menjelang malam hari, Anda bisa menuju  Taman Gardu Pandang Kaliurang.

5. Hari 5, Destinasi Wisata di Kulon Progo

Belum puas bermain air di Gunung Kidul, Anda bisa mencoba berwisata air di daerah Kulon Progo. Ada beberapa destinasi wisata air yang dapat Anda kunjungi seperti Sungai Mudal, Air Terjun Kedung Pedut, Air Terjun Kadisoka, dan masih banyak lagi. 

Di sisi lain, jika Anda tidak ingin ke wisata air, Anda dapat mencoba ke destinasi wisata Desa Nglinggo, Waduk Sermo, Kalibiru, ataupun Pule Payung. Selanjutnya, jika Anda ingin berwisata kuliner ada beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi.

6. Hari 6, Destinasi Wisata di Area Tengah Kota  Jogja

Jika sebelum-sebelumnya sudah menjelajahi Jogja bagian Selatan, Timur, Utara, dan Barat, di hari keenam ini Anda bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata di sekitaran kota Jogja. Pagi hari, terdapat warung soto legendaris ini berdiri sejak 1928 yang bisa menjadi destinasi untuk sarapan pagi. 

Destinasi berikutnya Anda dapat mengunjungi Keraton Jogjakarta, TamanSari, dan juga Benteng Vredeburg. Setelah itu, Anda dapat mampir juga ke Pasar Beringharjo dan Bakpia Pathok untuk membeli oleh-oleh.

7. Hari 7, Berburu Oleh oleh-oleh

Hari terakhir di Jogja, Anda bisa bersantai sejenak sebelum melakukan perjalanan pulang ke Jakarta. Anda bisa mengunjungi beberapa tempat oleh-oleh khas Jogja untuk membawa buah tangan. 

Itu tadi itinerary Jakarta ke Jogja dengan mobil pribadi yang bisa AutoFamily jadikan referensi destinasi liburan yang seru. Tentunya jangan lupa untuk memperhatikan persiapan yang diperlukan selama perjalanan dan selama liburan seperti menjaga kondisi mobil agar tetap prima.

Jika Anda sedang merencanakan perjalanan dari Jakarta ke Jogja dengan mobil, tidak ada pilihan yang lebih baik daripada memilih mobil Toyota. Dapatkan pengalaman berkendara yang luar biasa dengan berkunjung ke dealer Toyota Auto2000 sekarang juga. 

image

Temukan berbagai model mobil Toyota yang siap mengantarkan AutoFamily dengan nyaman dan aman ke mana saja. Jadikan perjalanan lebih menyenangkan dengan mobil Toyota yang andal dan tepercaya. Jangan lewatkan kesempatan ini, kunjungi dealer Toyota Auto2000 Digiroom sekarang dan wujudkan perjalanan impian Anda bersama keluarga. 

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.