8 Tips Touring Aman dan Nyaman Dengan Mobil Pribadi

Touring menggunakan mobil sudah pasti perjalanan yang seru. Namun ketahui juga berbagai tips touring agar perjalanan Anda jadi lancar. Baca informasinya di sini!

8 Tips Touring Aman dan Nyaman Dengan Mobil Pribadi

Pergi touring menggunakan mobil pribadi bisa jadi pilihan yang sangat menyenangkan. AutoFamily jadi bisa mengatur itinerary sekaligus rute sendiri untuk berhenti di beberapa tempat selama perjalanan. Meski harus menempuh perjalanan yang panjang, tetapi AutoFamily bisa menikmati lebih banyak aktivitas. Namun ada beberapa tips touring yang harus diketahui supaya AutoFamily bisa bepergian dengan aman. 

Salah satu tips yang akan dibahas dalam artikel ini berkaitan dengan persiapan AutoFamily dalam menjaga kondisi mobil tetap prima. Pasalnya kondisi mobil pribadi yang akan digunakan untuk touring tidak boleh sampai menurun. Itu sebabnya lebih baik AutoFamily menggunakan Layanan Bengkel Toyota untuk memastikan keadaan seluruh komponen mesin tetap prima. 

Membawa mobil untuk diservis sebelum kepergian merupakan cara bijak yang perlu dilakukan karena keselamatan AutoFamily beserta keluarga harus dijaga. AutoFamily bisa langsung menjadwalkan servis melalui Auto2000 Digiroom sekarang supaya tidak kelupaan. 

Kalau masalah mobil sudah selesai, sekarang saatnya mempersiapkan hal lain yang dibutuhkan untuk touring. Simak tips-tips lengkapnya di bawah ini! 

8 Tips Touring Aman dan Nyaman dengan Mobil Pribadi

Keamanan dan kenyamanan Anda saat touring sudah pasti harus diperhatikan agar perjalanan yang dilakukan jadi menyenangkan. Itu sebabnya ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan dan siapkan sehingga tidak ada masalah selama perjalanan berlangsung. 

Apalagi kalau Anda touring bersama anak-anak, sudah pasti akan ada banyak persiapan yang perlu dilakukan. Coba ikuti tips-tips berikut untuk memudahkan Anda saat touring

1. Menentukan Rute yang akan Digunakan

Sebelum pergi touring, akan lebih baik kalau Anda sudah mengetahui rute jalan seperti apa yang akan diambil. Hal ini akan membantu mencegah Anda untuk mengambil jalan yang salah sehingga perjalanan tidak perlu memakan waktu yang lebih panjang.

Jangan lupa untuk mencari rest area yang bisa dikunjungi selama perjalanan sehingga Anda bisa beristirahat sejenak untuk mengembalikan tenaga. Kalau perlu, Anda bisa menuliskan berbagai titik rest area agar tidak kebingungan ketika ingin makan, istirahat, atau mengisi BBM. 

2. Membuat Itinerary Lengkap

Selagi membuat rute perjalanan, Anda bisa sekaligus menuliskan seluruh destinasi wisata yang ingin dikunjungi. Membuat daftar tempat alias itinerary akan memudahkan Anda untuk pergi ke destinasi berikutnya tanpa perlu kebingungan. 

Baca juga: Jaga Keselamatan Mengemudi dengan 7 Tips Ini

3. Melakukan Pemeriksaan Mobil Secara Menyeluruh

Pemeriksaan kendaraan secara menyeluruh sudah menjadi syarat wajib apabila Anda ingin touring menggunakan mobil. Kendaraan Anda perlu dijaga kondisinya sehingga perjalanan jauh yang memakan waktu berhari-hari tidak akan menjadi masalah.

Tentu Anda tidak mau mengalami kejadian berbahaya di jalanan, bukan? Oleh karena itu pastikan mobil selalu berada dalam keadaan yang baik dengan membawanya untuk diservis ke bengkel Auto2000 secara berkala. 

4. Mempersiapkan Barang Bawaan yang Diperlukan

Melakukan touring berarti Anda akan membawa banyak barang yang dibutuhkan untuk perjalanan. Seperti halnya baju ganti, bantal leher, toiletries, dan berbagai barang lainnya. Namun jangan tergoda untuk membawa semua barang yang ada di rumah. 

Meski jumlah barang yang makin banyak membuat kebutuhan Anda terpenuhi, tetapi hal ini sangat merepotkan. Jadi pastikan bahwa Anda hanya membawa barang-barang yang dibutuhkan untuk perjalanan. 

5. Memastikan Persediaan Makanan dan Minuman Cukup

Menghabiskan waktu selama di perjalanan berarti Anda dan keluarga akan makan minum di dalam mobil. Makan dan minum yang dimaksudkan ialah camilan untuk mengganjal perut sebelum tiba di perhentian rest area terdekat. Pastikan jumlah makanan dan minuman untuk anak-anak Anda sudah cukup sehingga mereka tidak rewel di sepanjang perjalanan. 

DAPATKAN PENAWARAN MOBIL TERBARU TOYOTA HANYA DI AUTO2000 SEKARANG

6. Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

Menjaga kesehatan sebelum touring sangat penting karena Anda akan melakukan perjalanan yang jauh. Kesehatan fisik yang Anda punya akan memengaruhi bagaimana touring berjalan. Ketika Anda berhasil menjaga kesehatan maka berkendara jauh pun tidak menjadi masalah. 

Kemudian jaga juga kesehatan mental Anda dengan berolahraga serta tidur yang cukup. Baik kesehatan fisik maupun mental, keduanya perlu dijaga agar Anda bisa menikmati touring seru ini dengan maksimal. 

7. Tidak Memaksakan Diri Saat Sudah Lelah

Ingat bahwa keselamatan Anda adalah prioritas yang harus selalu dijaga dengan baik. Ketika Anda sudah mengalami kelelahan atau mengantuk, jangan memaksakan diri untuk terus berkendara. Meskipun jaraknya sudah dekat, lebih baik Anda berhenti di rest area terdekat untuk tidur sebentar daripada membahayakan diri sendiri maupun orang lain. 

8. Menghindari Berkendara Pada Malam Hari

Berkendara pada malam hari sering dipilih oleh masyarakat karena keadaan jalanan yang sepi. Namun berkendara selama 24 jam tanpa berhenti sangat membahayakan diri Anda dan seluruh penumpang. Apabila sudah saatnya beristirahat maka jangan lagi mengemudi pada malam hari. 

image

4 Rekomendasi Mobil Toyota yang Cocok untuk Touring

Meski semua persiapan sudah dilakukan, pemilihan kendaraan yang digunakan juga menjadi salah satu faktor yang dapat memengaruhi kenyamanan. Kalau Anda sedang berpikir untuk mengganti mobil lama dengan mobil baru yang cocok untuk touring, Auto2000 punya beberapa rekomendasi. 

1. Toyota Avanza

Toyota Avanza adalah pilihan pas untuk kegiatan touring atau perjalanan jarak jauh. Mobil ini dilengkapi dengan fitur dan desain yang dirancang untuk kenyamanan serta kepraktisan saat melakukan perjalanan. 

Avanza sendiri memiliki desain eksterior yang modern dan aerodinamis dengan garis-garis tajam yang memberikan kesan dinamis. Selain itu ruang kabin yang luas dan nyaman membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan bersama keluarga maupun teman.

Salah satu keunggulan Toyota Avanza untuk touring berada pada performa mesinnya yang tangguh. Dilengkapi dengan mesin bensin yang efisien dan bertenaga, Avanza mampu memberikan akselerasi responsif serta kecepatan yang stabil. 

Selain itu suspensi dan sistem kemudi yang baik memberikan kenyamanan tambahan saat melaju di jalan raya maupun di medan yang berliku. Fitur keselamatannya sudah pasti lengkap sehingga Anda tidak perlu khawatir saat melakukan perjalanan. 

DAPATKAN KUPON SERVIS UNTUK MOBIL KESAYANGAN ANDA HANYA DI AUTO2000

2. Toyota Veloz

Masih dalam kelompok mobil yang sama, Toyota punya mobil lain yang tidak kalah tangguh dan nyaman untuk digunakan touring. Toyota Veloz dibekali dengan semua teknologi canggih untuk membuat pengalaman berkendara Anda jadi menyenangkan. 

Mulai dari kelengkapan fitur entertainment hingga fitur keselamatannya yang sudah menggunakan TSS alias Toyota Safety Sense. Desain interiornya dibuat sangat elegan dengan luasnya ruang kabin sehingga para penumpang dapat bergerak secara leluasa. 

Kalau Anda mencari mobil dengan kapasitas penumpang dan bagasi yang besar maka Veloz adalah pilihan yang tepat. Dalam satu waktu, Veloz bisa menampung hingga 7 orang penumpang dengan kapasitas bagasinya sebesar 400 liter. 

Selain itu Toyota Veloz juga memiliki performa mesin yang andal untuk perjalanan touring yang lancar. Ditenagai oleh mesin bensin yang efisien dan bertenaga, Veloz memberikan akselerasi responsif serta kestabilan saat melaju di jalan raya. 

Melalui semua kombinasi fitur-fiturnya, Toyota Veloz merupakan mobil ideal untuk melakukan perjalanan touring. Anda dapat menikmati perjalanan dengan tenang, nyaman, dan penuh kepraktisan.

3. Toyota Fortuner

Beralih ke golongan mobil SUV, tersedia Toyota Fortuner yang dikenal sangat tangguh melewati berbagai medan jalanan. Sengaja didesain gagah dengan kemampuan off-road yang andal, Fortuner dapat menghadapi berbagai medan dan memberikan pengalaman touring yang menarik.

Toyota Fortuner jelas mampu menghadapi tantangan perjalanan jarak jauh dengan mudah. Akselerasi yang responsif dengan kecepatan stabil, memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan pada berbagai medan menantang.

Meski performa mesinnya luar biasa, Toyota tidak mengorbankan aspek kenyamanan yang disematkan dalam Fortuner. Ruang kabinnya cukup luas untuk menampung 7 orang penumpang dengan kapasitas bagasi yang tidak kalah besar. 

Kursi ergonomis dengan suspensi yang baik bahkan mampu mengurangi getaran dan memberikan kenyamanan ekstra saat melewati jalan yang tidak rata. Penggunaan sistem penggerak empat roda (4WD) yang andal membuat Fortuner dapat mengatasi medan yang sulit seperti jalur berpasir, lereng curam, atau sungai kecil. 

4. Toyota Corolla Cross Hybrid

Satu lagi mobil untuk menemani kegiatan touring AutoFamily adalah Toyota Corolla Cross Hybrid yang sangat menarik. Ciri khas dari mobil ini adalah bagian grille yang besar dan memiliki bentuk trapesium ganda.

Mesin Hybrid yang digunakan juga mampu memberikan performa yang responsif, mesin 2ZR-FXE dengan kapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC plus teknologi VVT- mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 98 PS dan torsi 14,5 Kgm. Motor listriknya mampu menghasilkan power maksimum sebesar 72 PS dan torsi sebesar 16,6 Kgm.

Dari segi kenyamanan, mobil ini juga tidak kalah dari rekomendasi mobil lainnya. Terdapat 5 kursi yang dilapisi bahan berkualitas dan bisa Anda tempati dengan nyaman. Selain itu ada beragam fitur unggul lainnya yang bisa AutoFamily nikmati.

image

Touring dengan kondisi mobil prima serta kemampuan mesin yang responsif pastinya akan sangat menyenangkan. Risiko masalah teknis mesin pun jadi bisa diminimalkan karena semua mobil Toyota hanya menggunakan teknologi berkualitas. 

Namun kesenangan berkendara di jalanan hanya bisa AutoFamily rasakan ketika kondisi mobil tetap terjaga dengan baik. Oleh karena itu AutoFamily perlu menjadwalkan Booking Servis Toyota secara berkala sehingga seluruh mesin tetap berfungsi seperti yang seharusnya. 

Jadi langsung saja kunjungi Auto2000 Digiroom dan dapatkan layanan terbaik untuk mobil kesayangan Anda sekarang juga! Semoga tips-tips touring yang dijelaskan di atas membantu AutoFamily menyiapkan perjalanan terbaik!

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.