8 Game RPG Terbaik 2024, Bisa Multiplayer Di PC & Android

Mencari game RPG dengan grafik terbaik dan alur cerita yang bikin penasaran? Simak dulu kumpulan daftar game terbaik sepanjang masa di bawah ini.

8 Game RPG Terbaik 2024, Bisa Multiplayer Di PC & Android

Diskursusnetwork.com – Game RPG bagus terbaru mulai banyak mendominasi pasar permainan kelas dunia. Keistimewaan game ini memungkinkan pemain untuk mengeksplorasi dunia virtual tematik dengan beragam aktivitas seru yang bisa dilakukan di dalamnya.

Sesuai dengan namanya, RPG atau role playing game akan mengajak pemain untuk mendalami karakter yang sedang dimainkan. Tak heran kalau banyak orang rela menghabiskan waktu berjam-jam demi menyelesaikan misi permainan.

Sekarang RPG terus berkembang menjadi permainan yang memberikan kepuasan tersendiri. Jika sedang mencari RPG dengan genre aksi, fantasi, sains ilmiah dan lain sebagainya, kamu sudah datang ke tempat yang tepat!

Daftar Game RPG Terbaik Ringan

Pada daftar ini akan dibahas beragam RPG dari macam-macam genre untuk perangkat PC maupun HP. Jadi seperti apa gaya permainan yang disukai? Temukan game yang tepat dari rekomendasi di bawah ini:

1. Fallout: New Vegas

Fallout New Vegas
image: epicgames

Game ini mengambil latar di dunia yang bernama Mojave Wasteland, yaitu sebuah dunia baru dengan alur cerita yang menarik. Di sini pemain diajak mengambil platinum poker chip yang telah dicuri oleh sekelompok perampok di New Vegas.

Pemain diuji dari segi ketangkasan dalam bermain mengalahkan para perampok tersebut. Nantinya karakter yang dimainkan dapat dikembangkan dengan sejumlah keterampilan yang disingkat sebagai SPECIAL.

Singkatan ini terdiri dari Strength, Perception, Endurance, Charm, Intelligence, Agility dan Luck. Dengan memaksimalkan statistik dari keterampilan-keterampilan tersebut, karakter akan semakin kuat dan tak terkalahkan.

Keunggulan lain dari Fallout: New Vegas adalah adanya mode kustomisasi di awal permainan sebelum masuk ke dunia, sehingga bisa menyesuaikan dengan selera masing-masing.

baca juga: Game PS4 Terbaik

2. Genshin Impact

genshin impact
image: eurogamer

Di game RPG Android dan PC ini mempunyai satu tujuan utama, yaitu mencari kembaran yang hilang di wilayah Teyvat. Selama pencarian, pemain diajak menjalankan misi-misi sampingan yang mengarah pada tujuan utama.

Sebetulnya game ini juga tergolong sebagai game open world, karena selain menjalankan misi, pemain dapat mengeksplorasi dunia yang sangat cantik.

Game ini dikenal akan kualitas grafik yang memukau. Selain itu, pemain juga bisa melakukan kustomisasi terhadap karakter yang dimainkan.

Setiap pembaruan biasanya dibekali juga dengan in-game event yang berhadiah in-game items. Untuk membuat karakter semakin kuat, pemain perlu menyusun artefak-artefak tertentu. Permainan juga semakin seru dan mendalam karena ditemani dengan tujuh dewa yang bernama archon.

3. Dark Souls 3

Dark Souls 3
image: jagatplay

Lebih asyik lagi bermain dengan game Dark Souls 3. Pemain dapat memilih dari 10 karakter yang tersedia, di antaranya Warrior, Thief, Sorcerer, Pyromancer, Mercenary, Knight, Herald, Deprived, Cleric, dan Assassin.

Masing-masing mempunyai kekuatannya tersendiri. Konsep permainan Dark Souls tidak jauh berbeda dengan seri-seri sebelumnya. namun di game ini belum ada hack and slash yang biasanya digunakan untuk membunuh musuh dalam sekali tebas.

Game Dark Souls RPG dimainkan dengan sudut pandang orang ketiga, sehingga lebih mudah melihat musuh dan melakukan pertarungan. Pasalnya tidak sedikit musuh yang mempunyai pergerakan tiba-tiba dan membuat pemain kewalahan.

Jadi buat rencana strategi perlawanan yang matang dulu sebelum mencoba menyerang musuh menggunakan item-item yang dimiliki.

4. Stardew Valley

Stardew Valley
image: liputan6

Stardew Valley adalah game RPG offline PC. Kalau pernah memainkan Harvest Moon, pastinya tidak asing dengan permainan ini. Pemain akan bermain sebagai anak muda yang diberikan pesan untuk mengurus pertanian milik keluarga.

Semuanya dimulai dari awal, mulai dari membersihkan lahan dari batu dan ranting, mencangkul lahan, memilih bibit, menyiram tanaman dan memetik hasilnya saat panen. Selain berfokus bertani, pemain juga bisa membangun hubungan dengan para penduduk Pelican Town, bahkan menikahinya.

Sekarang Stardew Valley sudah tersedia pada platform Android dan iOS. Pembaruan terbaru memungkinkan pemain bermain bersama pemain lain dalam mode multiplayer. Tentunya lebih seru bermain dengan teman-teman terdekat sembari menciptakan pertanian yang indah, makmur dan subur.

5. Final Fantasy XII: The Zodiac Age

Final-Fantasy-XII-The-Zodiac-Age
image: nintendo

Game RPG anime PC ini mengisahkan permasalahan antara kerajaan Archadia dan Dalmasca. Ada kerajaan yang ingin menguasai wilayah secara menyeluruh, sehingga menimbulkan peperangan antara dua kerajaan tersebut.

Nantinya kamu bermain sebagai karakter yang berambisi untuk mengembalikan wilayah kerajaan Dalmascha yang sudah direbut oleh kerajaan satunya lagi. Peperangan semakin seru dengan segala item yang akan didapatkan selama bermain.

Final Fantasy XII mengambil tempat di sebuah dunia bernama Ivalice yang terkenal akan keindahan grafiknya. Lambat laun pemain akan mengikuti jejak petualangan untuk mengungkap misteri-misteri yang tersimpan.

Satu hal yang perlu diketahui sebelum bermain game ini, monster-monster yang ada di dalamnya cukup sulit dikalahkan. Mereka cenderung bersembunyi dulu dan menunggu waktu yang tepat untuk menyerang.

6. The Elder Scrolls V: Skyrim

The Elder Scrolls V Skyrim
imge: playstation

Banyak yang sudah tidak asing dengan game satu ini, apalagi serinya cukup banyak. Di The Elder Scrolls V: Skyrim, pemain akan bermain sebagai seorang tahanan yang menunggu untuk dieksekusi mati di sebuah desa. Tetapi rencana tidak berjalan seperti demikian ketika naga besar datang tiba-tiba.

Petualangan Skyrim dimulai ketika desa tersebut berubah menjadi lautan api, kamu bisa memilih kabur dengan pemberontak atau pemerintah. Kelebihan dari game ini yaitu setiap misi dan keputusan yang diambil dapat memengaruhi nasib karakter nantinya.

Untuk melawan musuh, terdapat senjata seperti busur panah, pedang dan kapak yang dapat digunakan. Bisa juga mengeluarkan kekuatan magis pecahan es, bola api dan lainnya.

7. Pillars of Eternity 2: Deadfire

Pillars of Eternity 2 Deadfire
image: nocookie

Bagi yang menyukai mitologi, tidak ada salahnya bermain Pillars of Eternity 2: Deadfire. Game ini mempunyai alur cerita di Kepulauan Deadfire.

Terdapat sosok Eothas yaitu dewa cahaya yang bereinkarnasi sebagai makhluk sangat besar. Ia mempunyai misi misterius yang perlu diungkap.

Pemain akan berperan sebagai The Watcher yang dihidupkan oleh Berath sang dewa kematian untuk mengusut rencana Eothas.

Pemain perlu menjelajahi pulau yang dikelilingi oleh lautan ganas tersebut. Supaya bias bertahan hidup, kapal harus dilengkapi dengan awak dan sumber daya yang mencukupi.

Game RPG adventure ini mempunyai misi-misi kecil yang perlu diselesaikan sembari mengungkap rahasia Eothas.

8. Kingdom Come: Deliverance

Kingdom Come Deliverance
image: gadgetapa

Game ini mengikuti kehidupan karakter utama yang bernama Henry, yaitu seorang pandai besi. Saat bekerja, tiba-tiba pasukan Cuman datang dan menyerang kotanya yang mengakibatkan kedua orangtuanya terbunuh.

Pasukan Cuman juga mencuri pedang istimewa ayahnya. Henry tidak tinggal diam dan ingin membalaskan dendamnya kepada pasukan bandit liat tersebut, lebih tepatnya kepada pimpinan pasukan Cuman yaitu Markvart Von Auliz.

Di sisi lain ia juga ingin mengambil pedang yang telah dicuri dari ayahnya. Game ini mempunyai konsep bermain yang unik, karena setiap misi tantangan yang ada bisa diselesaikan tanpa pertarungan. Dunia tempat game ini pun cukup indah dan patut dieksplorasi.

Game RPG terbaik 2023 ini patut dimainkan bagi kamu yang suka mengeksplorasi dunia baru sekaligus mendalami sebuah karakter. Game-game di atas membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikannya, tetapi di akhir akan memuaskan.

Dari daftar yang ada di atas, apakah ada satu atau dua game yang pernah dimainkan? Lantas mana yang mau dicoba nanti?