7 Tips Bagi Pemula Solo Travelling

Tugumalang.id - Traveling merupakan salah satu kegiatan yang digemari banyak orang.

7 Tips Bagi Pemula Solo Travelling
image

Tugumalang.id – Traveling merupakan salah satu kegiatan yang digemari banyak orang. Tidak hanya untuk relaksasi atau sekedar beristirahat dari kesibukan sehari-hari, traveling dapat memberikan pengalaman baru.

Kita dapat menikmati berbagai makanan, budaya dan pemandangan menarik dan unik yang sebelumnya belum pernah kita rasakan.

Untuk melakukan traveling pun bisa kita lakukan sendiri atau yang dikenal dengan sebutan solo traveling. Bagi pemula yang ingin mencoba untuk solo travel, berikut beberapa tipsnya

1. Lakukan Riset Lokasi Tujuan

Sebelum bepergian ke tempat baru sebaiknya lakukan riset selengkap mungkin. Cari tahu mengenai akses transportasi, tempat penginapan, objek wisata, tempat makan, aturan dan norma setempat, iklim dan lain sebagainya. Hal ini akan membuat kita lebih siap untuk berkunjung ke tempat baru.

Baca Juga: Destinasi Wisata Ini Cocok Jadi Pilihanmu untuk Travelling di Bulan April

Temukan juga unggahan cerita dari blog atau forum dan baca pengalaman orang lain yang telah mengunjungi tempat tersebut. Jangan malu untuk bertanya pada forum atau grup travel untuk mendapatkan informasi lebih.

2. Buat Rencana Perjalanan atau Itinerary

Agar tidak kebingungan ketika sudah sampai di tempat tujuan, sebelum bepergian sebaiknya buat rencana perjalanan atau itinerary.

Dengan tidak terlihat bingung sendirian kita dapat mengurangi resiko terjadinya tindakan kriminal. Selain itu dengan membuat itinerary, jadwal perjalanan kita akan lebih padat dan lebih banyak tempat yang dapat dikunjungi.

Untuk membuat itinerary bisa mencari di berbagai website dan youtube sebagai referensi. Terdapat juga berbagai template itinerary yang dapat diunduh dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Hotel dekat Alun-alun Malang, dari Kelas Biasa hingga Mewah

3. Siapkan Anggaran yang Cukup

Dari rencana atau itinerary yang telah dibuat, kita bisa memperkirakan berapa besar biaya yang akan kita keluarkan. Sebaiknya siapkan uang lebih untuk berjaga-jaga akan kejadian tidak terduga. Selain itu jangan lupa untuk mengatur pengeluaran selama bepergian agar kita tidak kehabisan uang dalam perjalanan.

4. Bawa Obat-Obatan Pribadi

Untuk berjaga-jaga akan kondisi kesehatan kita, sebaiknya bawa obat-obatan pribadi. Bagi yang punya alergi bisa membawa obat antihistamin.

Selain itu bawa juga vitamin, parasetamol, obat nyeri, obat mual dan obat pelengkap lainnya. Jika memiliki kondisi medis, bisa membawa catatan khusus dari dokter untuk berjaga-jaga.

5. Manfaatkan Teknologi yang Ada

Teknologi kini sudah sangat maju, hanya dari ponsel genggam kita sudah bisa melakukan banyak hal. Manfaatkan aplikasi dan sarana informasi yang ada di ponsel seperti Google Maps, Google Translate, kamus dan lain sebagainya.

Unduh juga aplikasi-aplikasi yang dapat membantu bepergian di lokasi tujuan. Misalkan seperti aplikasi Visit Korea yang merupakan aplikasi buatan Korea Tourist Organization khusus untuk para traveller yang datang ke Korea.

6. Pastikan Akomodasi Memadai

Tempat kita menetap ketika bepergian terutama sendirian tentunya juga menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Pastikan hotel atau tempat menginap dapat menjaga keamanan dan kenyamanan kita. Selalu lakukan research dan cari review dari orang lain sebelum booking tempat.

7. Pastikan Selalu Memegang Dokumen Penting

Selalu jaga bawaan kita terutama dokumen penting seperti paspor, tiket pesawat atau kereta, KTP, kartu penginapan dan lain sebagainya. Lakukan pemeriksaan rutin keberadaan dokumen dan barang penting untuk menghindari kecerobohan, ketertinggalan dan kehilangan.

Demikian beberapa tips solo traveling untuk para pemula. Semoga bermanfaat!

Penulis: Angelinne Ivana Simandalahi (Magang)

Editor: Herlianto. A