7 Rekomendasi Destinasi Wisata Berteknologi Canggih di Korea Selatan

Bisa jadi solusi bagi kamu yang bingung saat buat itinerary!

7 Rekomendasi Destinasi Wisata Berteknologi Canggih di Korea Selatan

Korea Selatan menjadi negara tujuan wisata favorit di kalangan wisatawan dari berbagai belahan dunia. Pesona Negari Ginseng ini memang tak perlu diragukan lagi.

Selain pesona negaranya, perkembangan teknologi di negara ini pun patut diacungi jempol. Kekuatan terbesar dari negara ini salah satunya adalah perkembangan teknologinya, terutama di bidang IT.

Tak heran kamu akan melihat banyak tempat wisata yang menawarkan hiburan dengan teknologi yang luar biasa ketika liburan di Korea Selatan. Penasaran ada apa saja? Berikut tujuh rekomendasi destinasi wisata dengan teknologi canggih di Korea Selatan yang wajib masuk ke dalam itinerary-mu.

1. SK Telecom T. Um, Seoul, Korea Selatan

7 Rekomendasi Destinasi Wisata Berteknologi Canggih di Korea SelatanTeleport Room di Museum SK Telecom T. Um. (tum.sktelecom.com)

SK Telecom merupakan salah satu perusahaan operator telekomunikasi nirkabel terbesar di Korea Selatan. SK Telecom membuat museum canggih dengan menggunakan teknologi AI.

Namanya Museum SK Telecom T.Um, museum canggih ini berada di 65 Eulji-ro, Jung-gu, Seoul, Korea Selatan. Tak ada biaya yang dipungut alias gratis masuk ke museum canggih ini. Kamu hanya perlu reservasi di situs resminya https://tum.sktelecom.com/eng. 

Jika kamu berkunjung ke SK Telecom T. Um, kamu akan dibawa bermain sebagai warga kota yang disebut HI-Land. Warga HI-Land akan diajak menjelajah kota canggih seolah-olah berada pada tahun 2053.

Dalam durasi kurang lebih 55 menit, kamu akan masuk ke dalam 10 ruangan yang mengenalkan teknologi berbeda-beda di dalamnya. Mulai dari menjajal kendaraan masa depan bernama hyperloop hingga melakukan misi penyelamatan dengan teknologi virtual reality.  Wajib banget untuk kamu yang suka mengeksplorasi teknologi sambil bermain dan belajar!

2. HiKR Ground, Seoul, Korea Selatan

7 Rekomendasi Destinasi Wisata Berteknologi Canggih di Korea SelatanHiKR Ground, Seoul, Korea Selatan. (IDN Times/Besse Fadhilah)

Buat kamu para KPopers, HiKR Ground wajib masuk list itinerary kamu! Lantai dua gedung ini berisi berbagai ruangan yang bisa kamu pakai untuk mengambil konten bak KPop Idol!

Dengan teknologi pemetaan video dan sinar lampu warna-warni, kamu bisa merasakan menjadi idol dalam sehari. Tak hanya itu, gedung lima lantai ini juga cocok untuk kamu jadikan tempat nongkrong ketika berkunjung ke Seoul, Korea Selatan.

Karena selain masuknya gratis, kamu bisa menemukan banyak keseruan lainnya yang berada di lantai lain gedung ini. Di antaranya seperti nongkrong di kafe, melihat pameran, dan mengunjungi pameran kecil yang disebut HiKR Cave.

HiKR Cave berisikan wewangian yang bisa kamu hirup dari batu-batu yang dipajang. Wanginya benar-benar membuat relaks dan menenangkan!

3. POSCO PARK 1538, Pohang, Korea Selatan

7 Rekomendasi Destinasi Wisata Berteknologi Canggih di Korea SelatanPOSCO PARK 1538, Pohang, Korea Selatan (IDN Times/Besse Fadhilah)

Selain di Seoul, daerah lain di Korea Selatan juga wajib kamu kunjungi. Salah satunya Kota Pohang. Di kota ini, kamu bisa mengunjungi museum sejarah yang berisikan awal mula dari kesuksesan Korea Selatan, yakni Museum Sejarah POSCO, dan museum modern dengan teknologi pemetaan video yang canggih, POSCO PARK 1538. 

Masuk ke dua tempat tersebut gratis, kamu hanya perlu reservasi terlebih dahulu di situs resmi mereka. Selain dua tempat tersebut, kamu juga bisa mengunjungi Waterside Park, Sky Bridge, POSCO Hall of Honor, dan Pabrik POSCO, lho!

4. Whales Fantasium, Ulsan, Korea Selatan

7 Rekomendasi Destinasi Wisata Berteknologi Canggih di Korea SelatanMuseum Whale Fantasium (IDN Times/Besse Fadhilah)

Untuk para pecinta ikan paus, Ulsan cocok banget untuk dijadikan tempat wajib yang harus kamu kunjungi kalau ke Korea Selatan. Ulsan menawarkan banyak sekali tempat wisata yang bertemakan ikan paus. 

Jika kamu ke Ulsan, wajib banget mengunduh aplikasi “Wasseo Ulsan” atau What A Ulsan. Aplikasi ini akan sangat membantumu menemukan berbagai tempat wisata yang ada di Ulsan, juga membeli tiket ke tempat-tempat tersebut.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Uniknya, di aplikasi ini juga kamu bisa merawat ikan paus. Nama fiturnya buddy whale. Sangat lucu dan menggemaskan!

Di Ulsan, salah satu tempat wajib yang harus kamu kunjungi adalah Whales Fantasium. Museum ini menawarkan teknologi pemetaan video dengan pengalaman imersif yang interaktif, membuat kamu seperti berada di dunia nyata.

Kamu akan masuk ke dalam ruangan-ruangan yang membuatmu akan semakin jatuh cinta dengan ikan paus. Biaya masuk ke Whales Fantasium sebesar 2.000 Won atau setara dengan Rp24 ribu.

Baca Juga: [QUIZ] Destinasi Liburan Natal di Korea Selatan Ini Cocok dengan Zodiakmu!

5. Hwangridan-gil Life Culture Center/Traveler’s Lounge, Gyeongju, Korea Selatan

7 Rekomendasi Destinasi Wisata Berteknologi Canggih di Korea SelatanHwangridan-gil Life Culture Center/Traveler’s Lounge di Gyeongju, Korea Selatan. (IDN Times/Besse Fadhilah)

Gyeongju cocok banget untuk kamu yang menyukai suasana kota yang tenang dan damai. Kota ini bak museum outdoor, banyak tempat wisata sejarah, sisa peninggalan dari Dinasti Silla yang menarik dikunjungi.

Tempat-tempat itu dapat kamu ketahui lengkapnya di aplikasi Gyeongju-ro ON, atau berkunjung ke Hwangridan-gil Life Culture Center/Traveler’s Lounge. Di tempat ini, kamu akan bertemu pemandu wisata yang akan memberimu informasi mengenai berbagai tempat wisata di Gyeongju.

Informasi itu juga tertera di layar informatif dan interaktif di tengah ruangan gedung ini. Kamu juga bisa mampir ke traveler’s lounge, karena banyak fasilitas untukmu sebagai wisatawan. Di antaranya seperti loker gratis, atau beristirahat sejenak di kafe di dalam gedung ini. Ada juga toko kecil yang menjual suvenir hasil dari kerajinan warga lokal, lho!

6. Inspire, Incheon (Aurora Wall)

7 Rekomendasi Destinasi Wisata Berteknologi Canggih di Korea SelatanAurora, lorong dengan LED yang menampilkan konten digital di dinding dan langit-langit di gedung Inspire. (IDN Times/Besse Fadhilah)

Apabila kamu tertarik untuk datang ke Korea Selatan, rasanya kamu harus mengunjungi Inspire Entertainment. Lokasinya tidak jauh dari Incheon International Airport.

Tempat ini terdiri dari hotel, shopping mall, berbagai restoran, waterpark, gedung pertemuan, venue konser, tempat hiburan, taman outdoor, hingga sebuah lorong indoor dengan teknologi pemetaan video yang akan menarik perhatianmu. 

Lorong indoor ini disebut Aurora. Kalau kamu masuk ke dalam Aurora, kamu akan menikmati pengalaman imersif dari pemetaan video yang ditampilkan di LED setinggi 150 meter yang menghiasi langit-langit dan dinding tinggi.

LED ini memiliki resolusi yang tinggi, menjulang dan menampilkan konten digital menawan yang seperti berada di dunia nyata. Kamu akan merasakan seolah-olah kamu sedang berjalan-jalan di tengah rerumputan tinggi di hutan mistis di bawah langit biru tanpa batas. Sangat luar biasa!

7. Open Port E-Tour

7 Rekomendasi Destinasi Wisata Berteknologi Canggih di Korea SelatanProgram open port e-tour di Incheon, Korea Selatan (IDN Times/Besse Fadhilah)

Di Incheon, banyak tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi, lho! Untuk menuju ke tempat-tempat wisata di Incheon, ada salah satu cara unik yang bisa kamu jajal, yakni menyewa mobil listrik yang ramah lingkungan.

Dengan mobil listrik ini, kamu akan diajak mengunjungi beberapa spot wisata di Incheon. Harganya berbeda-beda, tergantung dari sebanyak apa tempat yang kamu minati. Harganya berkisar mulai dari 3.000 sampai 15.000 Won, atau setara Rp30 ribu-Rp180 ribu. 

Nantinya kamu akan mendapatkan pemandu wisata yang akan mengemudikan mobil listrik yang kamu sewa. Pemandu wisata tersebut akan menjelaskan kisah sejarah dan budaya di balik spot-spot wisata yang ada di Incheon.

Program ini dinamakan Open Port E-Tour, kamu akan diajak mengunjungi beberapa spot, seperti open port street yang beris banyak museum, ruang pameran, hotel, dan kafe unik, adapula chinatown, donghwa village, dan free park.

Selama tur, kamu juga akan ditunjukkan wujud lama dari spot-spot tersebut dari aplikasi yang dimiliki pemandu wisata, membuat kamu seperti merasakan ilusi dari masa lalu Korea dalam mesin waktu.

Dari tujuh rekomendasi di atas, tempat mana yang paling menarik perhatianmu? Bagi kamu yang ingin mengunjungi tempat-tempat di atas, lebih baik reservasi terlebih dahulu untuk memudahkan kamu saat berkunjung, ya! Selamat liburan!

Baca Juga: 10 Aktivitas Liburan yang Asyik di Gyeongju Korea Selatan