6 Manfaat Ekstrak Teh Hijau untuk Kesehatan, Turunkan Kadar Gula Darah

BREAKINGNEWS : Seperti halnya minuman teh hijau yang diseduh, ekstrak teh hijau adalah sumber antioksidan yang hebat dan sangat baik bagi tubuh. Ekstrak teh hijau adalah bentuk pekat berupa kapsul yang mengandung jumlah bahan aktif yang sama besarnya dengan rata-rata secangkir minuman teh hijau. Ini manfaat selengkapnya.

6 Manfaat Ekstrak Teh Hijau untuk Kesehatan, Turunkan Kadar Gula Darah
6 Manfaat Ekstrak Teh Hijau untuk Kesehatan, Turunkan Kadar Gula Darah Ilustrasi teh hijau. ©Shutterstock.com/kuleczka

Merdeka.com - Teh hijau adalah salah satu jenis teh yang paling umum dikonsumsi di dunia. Namun, pernahkah Anda mendengar tentang ekstrak teh hijau?Seperti halnya minuman teh hijau yang diseduh, ekstrak teh hijau adalah sumber antioksidan yang hebat dan sangat baik bagi tubuh.

Ekstrak teh hijau adalah bentuk pekat berupa kapsul yang mengandung jumlah bahan aktif yang sama besarnya dengan rata-rata secangkir minuman teh hijau. Ekstrak ini telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan seperti meningkatkan kesehatan jantung, hati, dan otak hingga memperbaiki kulit dan mengurangi risiko kanker.

taboola mid article

Terlebih lagi, banyak penelitian telah menemukan kemampuan ekstrak teh hijau untuk membantu penurunan berat badan. Faktanya, banyak produk penurun berat badan mencantumkan ekstrak teh hijau sebagai bahan utama. Namun, penting juga diketahui bahwa ekstrak teh hijau bisa menjadi racun jika dikonsumsi secara berlebihan.

Melansir dari Healthline, berikut ini adalah ulasan selengkapnya mengenai manfaat ekstrak teh hijau untuk kesehatan tubuh yang sangat menarik untuk Anda ketahui.

2 dari 3 halaman

1. Kaya Antioksidan

Manfaat ekstrak teh hijau yang pertama terdapat dalam kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan dapat membantu mengurangi stres oksidatif dalam tubuh dengan cara melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh molekul yang disebut radikal bebas. Kerusakan sel ini dikaitkan dengan penuaan dan beberapa penyakit.

Antioksidan polifenol yang disebut katekin merupakan mayoritas kandungan antioksidan ekstrak teh hijau. Di antara katekin dalam teh hijau, epigallocatechin gallate (EGCG) adalah yang paling banyak diteliti dan dianggap memberikan manfaat kesehatan paling besar.

Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau meningkatkan kapasitas antioksidan tubuh dan melindungi terhadap stres oksidatif. Ini, pada gilirannya, dapat mencegah masalah kesehatan terkait.

2. Tingkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat ekstrak teh hijau yang kedua adalah untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung. Stres oksidatif menyebabkan peningkatan penumpukan lemak dalam darah, yang pada gilirannya akan meningkatkan peradangan di arteri dan menyebabkan tekanan darah tinggi.

Antioksidan dalam ekstrak teh hijau dapat mengurangi peradangan dan membantu mengurangi tekanan darah. Mereka juga dapat menghambat penyerapan lemak dalam sel, membantu mengurangi kadar lemak darah.

Dalam satu studi, 56 orang dengan obesitas dan bertekanan darah tinggi mengonsumsi 379 mg ekstrak teh hijau setiap hari selama 3 bulan. Ditemukan bahwa mereka menunjukkan penurunan tekanan darah yang signifikan, dibandingkan dengan kelompok plasebo.

3. Baik untuk Otak

Manfaat ekstrak teh hijau yang ketiga adalah baik untuk kesehatan otak. Antioksidan dalam ekstrak teh hijau, terutama EGCG, telah terbukti melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif. Perlindungan ini dapat membantu mengurangi kerusakan otak yang dapat menyebabkan penurunan mental dan penyakit otak seperti Parkinson, Alzheimer, dan demensia.

Ekstrak teh hijau juga dapat menurunkan aksi logam berat seperti besi dan tembaga, yang keduanya dapat merusak sel-sel otak. Ekstrak ini juga membantu memori dengan meningkatkan koneksi antara berbagai bagian otak.

3 dari 3 halaman

4. Turunkan Berat Badan

Manfaat ekstrak teh hijau yang ke empat adalah untuk membantu proses penurunan berat badan. Ekstrak teh hijau kaya akan katekin, dan mengandung jumlah kafein yang layak. Kombinasi bahan ini bertanggung jawab atas sifat penurunan berat badan dari ekstrak teh hijau.

Baik katekin dan kafein telah terbukti membantu penurunan berat badan dengan mengatur hormon yang dapat meningkatkan termogenesis. Termogenesis adalah proses di mana tubuh membakar kalori untuk mencerna makanan dan menghasilkan panas. Teh hijau telah terbukti meningkatkan proses ini dengan membuat tubuh lebih efektif dalam membakar kalori, yang dapat menyebabkan penurunan berat badan.

5. Baik untuk Kesehatan Kulit

Manfaat ekstrak teh hijau yang kelima adalah baik untuk kesehatan kulit. Baik dikonsumsi sebagai suplemen atau dioleskan ke kulit, ekstrak teh hijau telah terbukti mampu meningkatkan kesehatan kulit. Studi menunjukkan bahwa bahan ini dapat membantu mengurangi jerawat dan membantu kulit yang menua, mendapatkan kembali sebagian cahayanya yang hilang.

Selain itu, suplemen dan aplikasi topikal ekstrak teh hijau juga diketahui dapat membantu mencegah kondisi kulit seperti hilangnya elastisitas kulit, peradangan, dan kanker yang disebabkan oleh paparan sinar UV.

6. Turunkan Kadar Gula Darah

Manfaat ekstrak teh hijau yang ke enam adalah untuk membantu menurunkan kadar gula darah. Katekin dalam teh hijau, terutama EGCG, telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur produksi gula darah, yang keduanya dapat menurunkan kadar gula darah.

Analisis dari 17 penelitian menyimpulkan bahwa ekstrak teh hijau bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah puasa. Ini juga dapat membantu menurunkan kadar hemoglobin A1C, yang merupakan indikator kadar gula darah selama 2-3 bulan terakhir. Meski demikian, jika Anda menderita diabetes, Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen ekstrak teh hijau.

[edl]