5 Tips Hemat Liburan Akhir Tahun Bersama Keluarga, Ramah di kantong!

Dibutuhkan perencanaan yang matang sebelum liburan

5 Tips Hemat Liburan Akhir Tahun Bersama Keluarga, Ramah di kantong!

Liburan akhir tahun selalu ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Biasanya, banyak yang menghabiskan liburan akhir tahun bersama orang tercinta, salah satunya bersama keluarga.

Meskipun liburan bersama keluarga merupakan momen yang menyenangkan, kamu perlu untuk merencanakan pengeluaran dan perjalanan liburan dengan matang. Nah, untuk kamu yang ingin menghabiskan liburan bersama keluarga dengan budget yang minim, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

1. Menyusun itinerary sebelum melakukan liburan bersama keluarga

5 Tips Hemat Liburan Akhir Tahun Bersama Keluarga, Ramah di kantong!ilustrasi menyusun itinerary (freepik.com/rawpixel.com)

Sebelum melakukan liburan bersama keluarga, penting sekali untuk membuat dan menyusun itinerary terlebih dahulu. Itinerary sendiri sangat berguna agar liburanmu bersama keluarga lebih terarah. Itinerary harus berisi tentang kota dan tempat mana yang mau dikunjungi, waktu untuk berlibur, informasi destinasi wisata yang mau dikunjungi mulai dari lokasi hingga akses masuk ke tempat tersebut, hingga perkiraan biaya yang harus dikeluarkan saat berkunjung ke destinasi wisata yang dituju.

Pastikan untuk berdiskusi dan membuat kesepakatan dengan anggota keluarga saat membuat dan menyusun itinerary liburan. Hal tersebut diperlukan, agar semua anggota keluarga bisa menikmati liburan tersebut tanpa adanya paksaan.

2. Memilih tempat wisata yang menarik namun dengan harga yang terjangkau

5 Tips Hemat Liburan Akhir Tahun Bersama Keluarga, Ramah di kantong!ilustrasi sedang memilih destinasi wisata (pexels.com/Samson Katt)

Pilihlah tempat wisata dengan pemandangan yang menarik tanpa biaya masuk yang mahal, seperti misalnya wisata curug atau pantai. Pastikan, untuk memilih tempat wisata yang tidak ada biaya tambahan setiap berkunjung ke wahana yang berbeda.

Jika kamu tidak membawa makanan atau minuman dari rumah, kamu bisa memilih tempat makan yang berada sekitar tempat wisata yang ramah untuk kantong.

Baca Juga: 5 Tips Terbebas Flu saat Liburan di Musim Dingin, Tetap Seru!

3. Manfaatkan promo dan diskon untuk tiket transportasi dan akomodasi

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

5 Tips Hemat Liburan Akhir Tahun Bersama Keluarga, Ramah di kantong!ilustrasi sedang memesan tiket online (pexels.com/Karolina Grabowska)

Memanfaatkan diskon dan promo untuk tiket transportasi dan akomodasi menjadi salah satu tips hemat saat liburan bersama keluarga. Biasanya menjelang akhir tahun banyak sekali diskon atau cashback untuk tiket transportasi dan akomodasi dengan kualitas dan pelayanan yang bagus. Nah, pastikan kamu segera untuk melakukan booking, ya

Jangan sampai, kamu baru memesannya setelah promonya sudah berakhir. Meskipun ada promo, kamu harus tetap membeli tiket transportasi dan akomodasi sesuai dengan budget yang telah disiapkan sebelumnya.

4. Membawa makanan dan minuman dari rumah

5 Tips Hemat Liburan Akhir Tahun Bersama Keluarga, Ramah di kantong!ilustrasi camilan dan minuman (pexels.com/Craig Adderley)

Membeli makanan dan minuman merupakan salah satu pengeluaran terbesar saat liburan bersama keluarga, apalagi jika kamu membawa anak-anak, sudah pasti pengeluaranmu makin membengkak. Nah, buat kamu yang ingin menghemat budget saat liburan akhir tahun, sebaiknya kamu membawa makanan atau minuman dari rumah. Usahakan untuk sarapan atau makan terlebih dahulu di rumah sebelum memulai perjalanan menuju destinasi wisata.

Jangan lupa, untuk mencari informasi tempat wisata di internet tentang peraturan membawa makanan dan minuman dari luar, ya. Takutnya, saat kamu sudah membawa makanan dan minuman dari rumah, ternyata ada peraturan yang tidak memperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar tempat wisata.

5. Hindari melakukan pembelian barang yang tidak diperlukan

5 Tips Hemat Liburan Akhir Tahun Bersama Keluarga, Ramah di kantong!ilustrasi belanja oleh-oleh (pexels.com/Loifotos)

Membeli barang yang berlebihan dapat membuat pengeluaran kamu menjadi lebih boros. Biasanya, ketika berlibur, kamu pasti akan tergiur untuk membeli oleh-oleh atau suvenir-suvenir yang lucu.

Sebenarnya boleh saja membeli oleh-oleh, tapi jangan terlalu banyak dan berlebihan. Sebaiknya, utamakan membeli barang-barang yang dibutuhkan terlebih dahulu saat berlibur.

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, kamu bisa menciptakan momen yang berharga di akhir tahun bersama keluarga tanpa pengeluaran keuangan yang berlebihan. Jadi, mulailah untuk menyiapkan rencana liburan akhir tahunmu bersama keluarga dari sekarang dan nikmati liburanmu bersama keluarga dengan bahagia dan menyenangkan.

Baca Juga: 8 Inspirasi Desain Ruang Makan Outdoor, Vibesnya Serasa Liburan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.