5 Rekomendasi Film Indonesia tentang Anak Rantau, Ngeri-Ngeri Sedap

Berikut rekomendasi film tentang anak rantau yang kisahnya menginspirasi dan menarik untuk ditonton.

5 Rekomendasi Film Indonesia tentang Anak Rantau, Ngeri-Ngeri Sedap
Jakarta, CNN Indonesia --

Film tentang anak rantau selalu menjadi kisah menarik untuk ditonton. Dari film-film ini, penonton bisa belajar soal lika-liku kehidupan, semangat juang, kerja keras, hingga jatuh bangun suatu usaha untuk bertahan hidup sampai mengejar cita-cita.

CNNIndonesia.com telah merangkum 5 rekomendasi film tentang anak rantau yang bisa Anda tonton. Ini merupakan film Indonesia.

Sebagian merupakan kisah perantauan di kota yang berbeda di Indonesia. Sebagian lainnya menghadirkan kisah perantauan di luar negeri.

Berikut rekomendasi film tentang anak rantau Indonesia yang bisa Anda tonton.

1. Ketika Cinta Bertasbih (2009)

Film drama religi ini berkisah tentang perantauan Abdullah Khairul Azzam (Kholidi Asadil Alam) di Kairo, Mesir untuk menempuh pendidikan di Universitas Al-Azhar.

Di masa perantauannya, ia tidak hanya membagi waktu untuk bisa mengejar pendidikan, tapi juga mencari nafkah untuk ibu dan adik-adiknya di kampung. Di sisi lain, ia juga berjuang menemukan jodoh yang sesuai ajaran agama Islam.


2. Merantau (2009)

Merantau (2009)Rekomendasi film Indonesia tentang anak rantau, Merantau (Foto: SinemArt)

Film Merantau bercerita tentang tradisi merantau yang sudah turun-temurun di Suku Minangkabau. Setiap anak laki-laki harus merantau dan memperoleh hartanya sendiri karena hanya sedikit mendapat harto pusako alias warisan.

Hal ini pula yang dilakukan oleh Yuda (Iko Uwais) di film anak rantau Minang ini. Ia pergi ke ibu kota dan meninggalkan ibunya, Wulan (Christine Hakim) serta kakaknya, Yayan (Donny Alamsyah).

Namun siapa sangka ketika tiba di ibu kota, Yuda justru masuk dalam masalah besar karena menyelamatkan Astri (Sisca Jessica) yang menjadi korban penjualan orang.

Yuda yang merupakan pendekar silat harus menghadapi muncikari dan preman yang memburu mereka.


3. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar (2014)

Rekomendasi film tentang anak rantau selanjutnya adalah Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar. Ini merupakan film yang terinspirasi dari kisah hidup motivator Merry Riana yang berhasil meraih US$1 juta pertamanya di Singapura.

Merry Riana (Chelsea Islan) terpaksa merantau ke Singapura karena orang tuanya merasa kondisi negaranya sedang tidak stabil. Namun di perjalanan, Merry dan keluarganya dirampok.

Saat tiba di Singapura, Merry pun tidak punya apa-apa. Ia pun harus berjuang dan bertahan hidup di negeri orang dengan bekerja serabutan sembari mengejar mimpinya untuk kuliah.


4. Ngeri-Ngeri Sedap (2022)

Film Ngeri Ngeri Sedap (2022)Rekomendasi film tentang anak rantau, Ngeri-Ngeri Sedap (dok. Imajinari via IMDb)

Film anak rantau terbaru yaitu Ngeri-Ngeri Sedap. Film drama komedi ini berkisah tentang tiga anak keturunan Batak yang merantau di tempat masing-masing, yakni Domu (Boris Bokir), Gabe (Lolox), dan Sahat (Indra Jegel).

Sementara anak keempat, Sarma (Gita Bhebhita) masih tinggal bersama orang tua mereka, Pak Domu (Arswendy Beningswara) dan Mak Domu (Tika Panggabean), di kampung.

Suatu ketika, Pak Domu dan Mak Domu rindu kepada anak-anaknya yang merantau dan ingin mereka pulang, namun tidak ada yang bisa. Mereka pun merancang skenario perceraian agar anak-anak mereka pulang ke kampung halaman.

5. Ranah 3 Warna (2022)

Film Indonesia tentang anak rantau yang baru dirilis pada 30 Juni lalu ini diangkat dari novel populer berjudul sama karya Ahmad Fuadi.

Ranah 3 Warna mengisahkan hidup Alif (Arbani Yasiz), lulusan Pondok Madani yang kembali ke kampung halaman di Maninjau, Sumatera Barat.

Namun, ia hendak merantau ke Bandung, Jawa Barat untuk berkuliah di Universitas Padjadjaran. Tak hanya merantau ke Bandung, ia juga memiliki cita-cita melanjutkan perantauan ke Amerika untuk meneruskan pendidikannya nanti.

Tekadnya ini didasari oleh dua pepatah favoritnya, yaitu man jadda wa jada yang berarti 'barang siapa bersungguh-sungguh, ia akan mencapai tujuannya' dan man shabara zhafira yang berarti 'siapa yang bersabar akan beruntung'.

Itulah 5 rekomendasi film tentang anak rantau. Selamat menonton!

(uli/fef)

[Gambas:Video CNN]