5 Film Indonesia yang Ditonton Artis Thailand, Ada Pengabdi Setan

Apakah salah satunya film favorit kamu?

5 Film Indonesia yang Ditonton Artis Thailand, Ada Pengabdi Setan

Film termasuk salah satu subsektor industri kreatif yang terus mengalami perkembangan dan memiliki potensi yang besar terhadap perekonomian nasional. Ini dibuktikan sederet film Indonesia yang menarik perhatian pencinta film baik di dalam maupun luar negeri. Beberapa film karya sineas lokal bahkan ada yang sukses menyabet penghargaan bergengsi di Festival Film Asia Pasifik dan Festival Film Cannes.

Seiring berjalannya waktu, film Indonesia semakin mendapat pengakuan di mata dunia berkat prestasinya. Tak ayal, sejumlah artis asal Negeri Gajah Putih turut kepincut akan produksi film Indonesia. Bahkan, mereka gak segan untuk membagikan film yang mereka tonton di media sosial, lho. Berikut lima film Indonesia yang ditonton artis Thailand.

1. The Guys (2017)

5 Film Indonesia yang Ditonton Artis Thailand, Ada Pengabdi Setanposter film The Guys (youtube.com/Soraya Intercine Films)

The Guys adalah film tahun 2017 yang diproduseri oleh Sunil Soraya dan disutradarai oleh Raditya Dika. Gak sekadar menonton, dua artis Thailand, yakni Pukai Pongsiree Bunluewong dan Baifern Pimchanok Luevisadpaibul turut serta dalam proses produksi. Pasalnya, mereka juga membintangi film komedi garapan Raditya Dika ini dan berperan sebagai kakak beradik yang berasal dari Thailand.

Kisah The Guys menceritakan kehidupan Alfi (Raditya Dika), seorang karyawan di sebuah perusahaan periklanan yang masih berstatus jomblo. Suatu hari, ia jatuh hati dengan Amira (Pevita Pearce) yang merupakan teman sekantornya. Namun, untuk mendekati Amira bukan perkara mudah bagi Alfi karena Amira disukai banyak pria di tempat kerja.

Pendekatan yang dilakukan Alfi untuk dekat dengan Amira berhasil usai melakoni berbagai upaya yang juga dibantu oleh para sahabatnya. Mereka adalah Rene (Marthino Lio), Aryo (Indra Jegel), dan Sukun (Pongsiri Bunluewong). Problematika muncul karena ayah Amira, Jeremy (Tarzan), ternyata adalah atasan Alfi di kantor. Alfi pun semakin dibuat dilema karena Jeremy menaruh perasaan pada ibunya.

2. Ular Tangga (2017)

5 Film Indonesia yang Ditonton Artis Thailand, Ada Pengabdi Setanposter film Ular Tangga (dok. Viu/Ular Tangga)

Nichapalak Thongkham atau dulunya dikenal Apichaya Thongkham adalah pemeran serial The Gifted (2018). Ia membagikan unggahan di mana ia tengah menonton film dengan menuliskan "Snakes & Ladder" di Instagram Story pada 2020. Lalu, penggemar asal Indonesia menyadari bahwa film yang ditonton aktris yang akrab disapa Lilly ini adalah film dari Indonesia berjudul Ular Tangga (2017).

Ular Tangga mengisahkan sekelompok mahasiswa dari tim pencinta alam yang dipimpin oleh Bagas (Ahmad Affandy) melakukan pendakian gunung. Kekasih Bagas, Fina (Vicky Monica), yang memiliki kemampuan indigo, ikut serta dalam pendakian itu. Namun, sejak awal rencana pendakian, Fina memiliki firasat dan seolah mimpi buruknya menjadi pertanda bahwa akan datang marabahaya.

Gina (Shareefa Daanish), seorang pendaki dan penunjuk jalan pengalaman, membantu pendakian mereka. Sayang, peringatan Gina agar mereka memilih jalan yang aman gak digubris. Tanpa mereka sadari, jalan yang mereka pilih mengantarkan mereka menuju pohon tua angker dan rumah yang memiliki cerita kelam di masa lalu. Segalanya terlambat saat mereka memutuskan untuk turun gunung lantaran mereka telah bermain ular tangga yang ditemukan di bawah pohon angker itu.

Baca Juga: 12 Film Indonesia 2023 Terbaik di Setiap Bulan, Ada Horor dan Action!

3. Pengabdi Setan (2017)

5 Film Indonesia yang Ditonton Artis Thailand, Ada Pengabdi Setanposter film Pengabdi Setan (youtube.com/Rapi Films)

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Dalam wawancara di kanal YouTube Newsgen Update pada 2021, Jeff Satur menuturkan bahwa film terakhir yang ia tonton adalah Pengabdi Setan (2017). Ia bahkan gak ragu merekomendasikan film garapan sutradara Joko Anwar itu kepada para penggemar. Publik juga sempat dibuat geger karena interaksi sang sutradara dengan aktor sekaligus penyanyi Thailand lewat cuitan di Twitter pada 2022.

Pengabdi Setan menceritakan keluarga Rini (Tara Basro) yang memiliki masalah finansial untuk membiayai pengobatan sang ibu, Mawarni (Ayu Laksmi). Penyakit yang parah membuat Mawarni tak mampu menggerakkan tubuhnya. Ia hanya bisa berbaring di atas kasur dan membunyikan lonceng untuk meminta bantuan keluarganya.

Setelah 3,5 tahun sakit, Mawarni meninggal dunia karena penyakit yang dideritanya. Ayah Rini, Bahri (Bront Palarae), kemudian memutuskan pergi ke kota untuk mencari nafkah. Sementara itu, Rini dan adik-adiknya mulai diganggu hal-hal mistis hingga mereka merasa bahwa Ibu mereka kembali berada di rumah. Peristiwa mengerikan kian bermunculan usai kematian nenek Rini yang tercebur ke dalam sumur.

4. Sabrina (2018)

5 Film Indonesia yang Ditonton Artis Thailand, Ada Pengabdi Setanposter film Sabrina (dok. Netflix/Sabrina)

Setelah film Ular Tangga, Lilly Nichapalak Thongkham kembali membagikan film Indonesia lewat unggahan di Instagram Story pada 2021. Kali ini, model dan aktris kelahiran 23 Mei 2002 ini menonton film Sabrina yang merupakan film horor garapan sutradara Rocky Soraya yang dirilis pada 2018.

Film Sabrina mengangkat teror boneka yang dirasuki oleh iblis. Kisah ini bermula kala Aiden (Christian Sugiono) membuat boneka Sabrina versi baru untuk istrinya, Maira (Luna Maya), karena boneka Sabrina adalah mainan kesukaan anak Maira yang telah meninggal. Namun, Vanya (Richelle Skornicki), anak angkat sekaligus keponakan Aiden, belum bisa menerima kehadiran Maira karena ia belum bisa merelakan kepergian bundanya, Andini.

Suatu hari, Vanya melakukan permainan pensil Charlie untuk memanggil bundanya yang sudah lama meninggal. Kejanggalan-kejanggalan pun mulai terjadi. Vanya sering kali mengatakan bahwa bundanya telah datang. Tak percaya akan hal itu, Maira pun memanggil Laras (Sara Wijayanto), seorang paranormal yang dulu membantunya. Alih-alih Andini, boneka Sabrina ternyata dihuni oleh iblis yang menginginkan tubuh manusia.

5. Ali & Ratu Ratu Queens (2021)

5 Film Indonesia yang Ditonton Artis Thailand, Ada Pengabdi Setancuplikan film Ali & Ratu Ratu Queens (twitter.com/NetflixID)

Alice Tsoi, aktris Thailand yang juga berprofesi sebagai dosen, juga menikmati film produksi Indonesia, lho. Ia memamerkan dirinya saat menonton film Ali & Ratu Ratu Queens (2021) lewat unggahan di Instagram story dan Twitter pada 2021. Ia juga meminta rekomendasi film dari penggemar lewat balasan komentar pada cuitannya itu.

Cerita Ali & Ratu Ratu Queens berkutat pada perjalanan Ali (Iqbaal Ramadhan) yang mencari ibunya, Mia (Marissa Anita), yang pindah ke New York, Amerika Serikat. Saat tumbuh dewasa, ia memutuskan untuk mencari ibunya bermodalkan foto dan sejumlah surat yang pernah dikirim oleh ibunya. Sayang, sesampainya di New York, rencana Ali tak berjalan seperti yang ia harapkan.

Pencarian itu membawa Ali bertemu dengan empat imigran Indonesia yang kenal dengan Mia. Mereka adalah Party (Nirina Zubir), Biyah (Asri Welas), Ance (Tika Pangabean), dan Chinta (Happy Salma). Keempat imigran itu sepakat untuk membantu Ali mencari Mia. Namun, saat Ali berhasil bertemu dengan sang ibu, ia harus menelan kenyataan pahit karena Mia telah menikah dan memiliki anak.

Beberapa artis Thailand ternyata menggemari film horor Indonesia. Selain itu, ada pula yang memilih film bergenre drama komedi yang kisahnya relate dengan kehidupan nyata. Ini menjadi bukti bahwa film Indonesia memiliki kualitas yang apik dan patut diapresiasi setinggi-tingginya. Apakah salah satunya film favorit kamu?

Baca Juga: 10 Karakter yang Diperankan Chelsea Islan di Film dan Series Indonesia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.