5 Film Indonesia Ini Tampilkan Lebaran Sebagai Latar Utama, Apa Saja?

Bagi kamu yang belum move on dari suasana Lebaran, enggak ada salahnya untuk melepas penat sembari menonton beberapa film dengan nuansa Hari Raya yang kentara.

5 Film Indonesia Ini Tampilkan Lebaran Sebagai Latar Utama, Apa Saja?

Enggak terasa momen Lebaran sudah usai. Berbondong-bondong orang telah kembali ke kota untuk kembali melakukan aktivitas mereka. Bagi kamu yang belum move on dari suasana Lebaran, enggak ada salahnya untuk melepas penat sembari menonton beberapa film dengan nuansa Hari Raya yang kentara. 

Kali ini, KINCIR punya sederet film Indonesia yang menadikan momen Lebaran sebagai latar waktu yang ditampilkan. Apa saja?

Film Indonesia yang tampilkan lebaran sebagai latar utama

1. Mudik

Film yang rilis tahun 2019 itu enggak sempat tayang di bioskop. Filmnya lebih banyak tayang di festival-festival baik lokal maupun internasional. Mudik berhasil mendapat banyak pengakuan dalam festival-festival tersebut.

Mudik adalah sebuah film besutan sutradara Adriyanto Dewo yang ia tulis naskahnya sendiri. Film ini bercerita tentang sepasang suami istri bernama Aida dan Firman yang hubungan rumah tangganya tengah renggang. Mereka melangsungkan mudik bersama.

Perjalanan panjang yang melelahkan membuahkan petaka ketika Aida secara enggak sengaja menabrak seorang pengendara motor dan membuatnya meninggal. Sekelumit kisah pertanggung jawaban Aida dan Firman kepada keluarga korban jadi suguhan cerita yang menarik.

Mudik dibintangi oleh Ibnu Jamil Putri Ayudya dan Asmara Abigail. Film ini mendapat penghargaan Piala Citra dari kategori penulis skenario terbaik. 

2. Mencari Hilal

Jadi orang baik dan selamanya lurus enggak berarti bikin kita jadi disukai banyak orang. Pak Mahmud contohnya, seorang pedagang yang jujur dengan hidup yang benar-benar lurus. Enggak hanya pesaing dagangnya yang kesal dengan dia tapi juga anak kandungnya. Saking lurusnya hidup pak Mahmud, demi menentukan Lebaran pun ia merasa harus melihat hilal secara langsung.

Perjalanan pak Mahmud dan anak lelakinya Heli mencari hilal jadi premis utama film ini. Enggak serta merta menyuguhkan cerita perjalanan ayah dan anak, film Mencari Hilal juga menyuguhkan konflik yang berliku antara Pak Mahmud dan Heli yang sudah lama enggak akur. Film ini memberikan banyak nilai moral yang penting bagi para penontonnya.

Film Mencari Hilal tayang tahun 2015 dengan disutradari oleh Ismail Basbeth. Filmnya dibintangi oleh almarhum Deddy Sutomo dan Oka Antara. Film ini juga masuk ke dalam nominasi Piala Citra pada tahun 2015 silam.

3. Nussa

Film animasi Nussa yang hendak tayang pada momen Lebaran tahun 2020 akhirnya harus tertunda karena pandemi. Film ini akhirnya baru tayang pada tahun 2021 dan enggak pada waktu suasana libur Lebaran. Padahal jalan ceritanya punya latar di bulan Ramadan hingga berakhir pada Idulfitri. Beragam suasana Ramadan dipotret dengan baik dalam cerita film ini sampai tiba waktu Lebaran.

Film animasi Nussa berkisah tentang seorang anak laki-laki bernama Nussa yang punya kepintaran dalam ilmu sains. Dia selalu juara sains setiap tahunnya. Hanya saja satu waktu ada seorang anak baru yang membuat eksistensinya tergeser. Nussa untuk pertama kalinya harus jadi nomor dua di sekolahnya dan itu enggak membuat Nussa nyaman.

Beragam nilai baik ditampilkan dalam film berdurasi 107 menit tersebut. Film Nussa diproduksi oleh Visinema Picture dan diisi suaranya oleh beberapa nama terkenal seperti Muzaki Ramadhan, Alex Abbad, Raisa, Opie Kumis dan sederert bintang lainnya. Film Nusa juga ditayangkan pada Festival Film Bucheon pada tahun 2021 lalu.  

4. Ivanna

Jarang-jarang ada film horor yang mengangkat latar waktu di suasana Lebaran. Mungkin hanya Ivanna yang melakukan itu. Film karya Kimo Stamboel tersebut menyajikan momen Lebaran yang menegangkan dengan sentuhan horor mengerikan.

Flm Ivanna berkisah tentang sebuah panti jompo yang diteror hantu noni Belanda tanpa kepala. Semua bermula ditemukannya sebuah patung perempuan Belanda di sebuah gudang bawah tanah. Di dalam patung tersebut terdapat jasad Ivanna yang hendak menuntut balas pada semua rakyat pribumi yang dulu telah mengkhianatinya.

Semua kejadian dalam film Ivanna terjadi dalam momen Idulfitri, bahkan teror pembunuhan pertama dalam film ini terjadi pada malam takbiran. Setelahnya rentetan pembunuhan keji terjadi pada hari raya Lebaran ketika satu demi satu karakternya dihabisi.

5. Mudik Lebaran

Lebih dari satu dekade lalu, film berlatar suasana Lebaran juga pernah dibuat dengan judul Mudik Lebaran. Film ini tayang pada tahun 2011 dan dibintangi oleh sederet aktor kenamaan kala itu seperti Irwansyah, Wiwid Gunawan hingga Ray Sahetapy.

Film ini punya beragam cerita tentang orang-orang yang tinggal di Ibu Kota dan hendak melangsungkan mudik Lebaran. Masing-masing cerita punya konfliknya tersendiri. Mulai dari kisah seorang laki-laki yang memilih enggak mudik karena di Jakarta penghasilan lebih tingggi saat musim Lebaran sampai kisah tentang seorang kaya raya yang selalu berbagai kemewahaan saat mudik Lebaran. Semua tersaji dalam satu film berjudul Mudik Lebaran

Jadi itu tadi sederet film Indonesia yang mengambil Lebaran sebagai latar utama cerita. Dari ke lima film di atas, film mana saja yang udah pernah kamu tonton?