5 Film Indonesia Angkat Cerita Tentang Aksi Terorisme, Menegangkan!

Penuh aksi dan sangat menegangkan

5 Film Indonesia Angkat Cerita Tentang Aksi Terorisme, Menegangkan!

13 Bom di Jakarta, akan menjadi salah satu film Indonesia yang ikut meramaikan bulan penutup di 2023. Berbeda dengan beberapa film lainnya yang memilih horor hingga drama, 13 Bom di Jakarta siap menyuguhkan cerita tidak biasa, melalui genre action. Di bawah naungan Visinema Pictures, film ini akan mengangkat cerita tentang terorisme.

Di Indonesia sendiri, isu tentang terorisme menjadi hal yang cukup sensitif. Alhasil, sangat jarang sekali rumah produksi angkat cerita tentang terorisme. Namun meskipun begitu, selain dari 13 Bom di Jakarta, rupanya ada juga beberapa film lainnya yang mengangkat tema serupa. Apa saja, yuk kita simak ulasan di bawah ini.

1. 3 Doa 3 Cinta (2008)

5 Film Indonesia Angkat Cerita Tentang Aksi Terorisme, Menegangkan!Film 3 Doa 3 Cinta (dok. IFI Sinema / 3 Doa 3 Cinta)

3 Doa 3 Cinta, ceritanya berpusat pada tiga orang santri yang sedang menuntut ilmu di sebuah pondok pesantrenn tradisional. Tiga santri ini, terdiri dari Huda, Rian dan Syahid, yang memiliki mimpi dan permasalahan berbeda-beda. Huda ingin mencari ibunya yang telah lama tidak bertemu, Rian ingin melanjutkan usaha video syuting ayahnya, hingga Syahid yang sedang mencari biaya pengobatan orang tuanya.

Dari ketiga santri tersebut, Syahid menjadi salah satu karakter santri, yang tergelincinr ke dalam jalan kesesatan. Di mana, dia bergabung dengan sebuah kelompok yang mengatas namakan Islam, tetapi banyak mengajarkan kekerasan. Mereka berlatih layaknya tentara, agar suatu saat bisa melakukan pemberontakan, dengan alasan berjihad.

2. 3: Alif Lam Mim (2015)

5 Film Indonesia Angkat Cerita Tentang Aksi Terorisme, Menegangkan!3: Alif Lam Mim (dok. Multivision Plus / 3: Alif Lam Mim)

3: Alif Lam Mim, menceritakan tentang kisah tiga persahabatan pria, yang kini telah memilih jalan masing-masing, padahal dahulu sempat menimba ilmu di pesantren yang sama. Alif yang kini menjadi polisi, Lam yang berprofesi sebagai wartawan, hingga Mim yang memutuskan untuk tetap mengabdi dan membesarkan pondok tercinta.

Suatu ketika, terjadi sebuah pengeboman di cafe Jakarta, yang diduga melibatkan pondok pesantren dahulu mereka. Demi mengungkap kebenaran hingga membersihkan nama pesantren yang kerap disebut-sebut sebagai tempat teroris, ketiga pemuda tersebut melakukan berbagai cara. Berbahadapan dengan orang-orang jahat hingga persahabatan mereka mulai retak, sempat dialami.

3. 22 Menit (2018)

5 Film Indonesia Angkat Cerita Tentang Aksi Terorisme, Menegangkan!22 Menit (dok. Buttonijo / 22 Menit)

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

22 Menit, merupakan film bertema aksi teroris, yang terinspirasi dari kisah nyata. 22 Menit, menceritakan tentang usaha dari beberapa tim kepolisian anti aksi terorisme, dalam memburu pelaku pengemboman yang memakan beberapa korban. Terjadi di jalan MH Thamrin, Jakarta, aksi keji yang dilakukan teroris ini, rupanya membuat gempar Indonesia.

AKBP Ardi yang diperankan Ario Bayu dan beberapa teamnya, hanya membutuhkan waktu 22 menit saja, untuk menangkap pelaku pengemoban tersebut. Film yang penuh aksi dan drama menegangkan ini, rupanya berada di bawah arahan sutradara Anggy Umbara. Sedangkan untuk jajaran pemain, ada Ario Bayu hingga Ardina Rasti hingga Taskya Namya.

Baca Juga: 7 Film Action Panasnya Aksi Terorisme, Ada Escape From Mogadishu!

4. Sayap-Sayap Patah (2022)

5 Film Indonesia Angkat Cerita Tentang Aksi Terorisme, Menegangkan!Sayap-sayap Patah (dok. Maxima Pictures / Sayap-sayap Patah)

Diangkat dari kisah nyata, Sayap-Sayap Patah rupanya menceritakan tentang pemberontakan para teroris, yang terjadi di rumah tahanan atau penjara khusus teroris. Bermula dari ditahannya seorang pimpinan teroris, yang berujung pada pengeboman sebuah rumah tahanan hingga beberapa polisi anti terorisme menjadi korban sandera.

Salah satu polisi yang ikut disandera oleh para teroris adalah Adji, yang diperankan aktor Nicholas Saputra. Dia rela mempertaruhkan nyawa dan keselamatannya, demi keselamatam rekan-rekan kerja dan masyarakat lainnya. Padahal, Adji memiliki seorang istri yang sedang menunggu di rumah, karena sedang hamil tua dan akan segera melahirkan.

5. 13 Bom di Jakarta (2023)

5 Film Indonesia Angkat Cerita Tentang Aksi Terorisme, Menegangkan!13 Bom di Jakarta (dok. Visinema Pictures / 13 Bom di Jakarta)

13 Bom di Jakarta, menceritakan tentang aksi dari para teroris untuk melakukan pengeboman di kota besar Jakarta. Berjumlah 13 bom yang akan diledakan dalam kurun waktu beberapa jam sekali ini, rupanya berhasil melumpuhkan dan membuat keos masyarakat Jakarta. Bahkan, banyak sekali korban meninggal jiwa, akibat dari aksi ini.

Rupanya, para teroris ini bekerjasama dengan petinggi-petinggi negara. Mereka meminta uang tebusan dengan nilai fantastis, jika ingin aksi pengeboman ini dihentikan. Namun, para polisi yang bertugas untuk mengamankan kondisi sekitar, tidak pernah diam. Mereka bekerjasama dengan beberapa lapisan masyarakat, untuk bisa menyelesaikan semuanya.

Aksi terorisme yang di angkat di film-film di atas, tentunya tidak dibenarkan oleh agama mana pun. Semua agama, pastinya akan mengajarkan tentang arti dari cinta dan kasih sayang. Mulai dari sekarang, mulailah untuk melindungi diri dan keluarga dari bahaya teroris dan orang-orang yang berniat jahat.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Film Aksi Dibintangi Emily Blunt, Terbaru The Fall Guy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.