5 Film Horror Indonesia dengan Konsep Budaya Jawa

Film horor merupakan genre film paling populer dan laris di Indonesia. Berikut film horor Indonesia yang menggunakan konsep budaya Jawa.

5 Film Horror Indonesia dengan Konsep Budaya Jawa
image
Surabaya -

Film horor merupakan genre film paling populer dan laris di Indonesia. Dikarenakan genre film ini memberikan imaji mengenai dunia yang tidak dapat dilihat oleh kebanyakan orang, sehingga banyak orang yang penasaran dan tertarik untuk menontonnya.

Dalam beberapa judul film horror Indonesia, unsur budaya lokal sering kali dihadirkan karena dianggap paling dekat dengan masyarakat. Salah satunya, sistem kepercayaan kejawen yang masih dianut oleh sebagian besar masyarakat Jawa berkaitan dengan hal-hal mistik menjadi materi yang menarik untuk digali dan ditampilkan dalam film horror.

Buat detikers yang penasaran, berikut film horor Indonesia yang menggunakan konsep budaya Jawa.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Film Horror Indonesia Dengan Konsep Budaya Jawa

1. KKN di Desa Penari

KKN di Desa Penari menceritakan mengenai sekelompok mahasiswa yang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sebuah desa terpencil. Satu persatu dari mereka mulai menghadapi teror menyeramkan dari seorang hantu penari di desa tersebut yang mengancam keselamatan mereka.

Di film ini, kamu akan menemukan dialog yang digunakan antar tokoh menggunakan bahasa Jawa, dan pembahasan mengenai hal-hal mistik di tanah Jawa. KKN di Desa Penari disutaradarai oleh Awi Suryadi telah tayang pada 24 Februari 2022. Selama jadwal penayangannya, film ini sukses meraih hingga 10 juta lebih penonton.

2. Keramat 2: Caruban Larang

Keramat 2: Caruban Larang mengisahkan tiga mahasiswi seni tari yang berniat melakukan penelitian tugas akhir terkait Tari Topeng Cirebon. Mereka pun mengadakan ritual untuk memanggil arwah si pencipta tari topeng tersebut. Namun, mereka justru dihantui oleh arwah sang penari yang ingin mencelakakan mereka.

Film ini menjadi salah satu film horror yang mengangkat kisah mistis di tanah Jawa, khususnya di wilayah Cirebon. Keramat 2: Caruban Larang disutradarai oleh Monty Tiwa telah tayang pada 24 November 2023.

3. Sewu Dino

Sewu Dino menceritakan tentang sekelompok wanita yang ditugaskan untuk memandikan seorang anak perempuan yang tidak sadarkan diri akibat imbas dari kutukan Sewu Dino. Mereka pun tidak dapat lari, dan harus menyelesaikan ritual tersebut hingga hari ke-1000 sebelum kematian menjemput mereka.

Film ini menggunakan dialog bahasa Jawa yang cukup kental, dan membahas seputar ritual yang berasal dari sistem kepercayaan masyarakat Jawa. Sewu Dino disutradarai oleh Kimo Stamboel telah tayang pada 19 April 2023.

4. Mangkujiwo

Mangkujiwo mengisahkan tentang kisah balas dendam yang melibatkan ritual ilmu hitam di dalamnya, dan asal-usul munculnya hantu Kuntilanak, serta sekta atau aliran Mangkujiwo.

Film ini mengungkap seputar ritual ilmu hitam yang berkaitan dengan kebudayaan masyarakat Jawa. Mangkujiwo disutradarai oleh Azhar Kinoi Lubis telah tayang pada 30 Januari 2020.

5. Di Ambang Kematian

Di Ambang Kematian menceritakan tentang sebuah keluarga yang harus menumbalkan satu persatu anggotanya setiap 10 tahun sekali karena terjerat kutukan praktik ilmu hitam yang dilakukan oleh sang Ayah.

Film ini mengungkap legenda urban masyarakat Jawa, yakni ritual pesugihan menggunakan media kambing kendhit. Di Ambang Kematian disutradarai oleh Azhar Kinoi Lubis telah tayang pada 29 September 2023.

Itulah deretan film horror yang mengangkat konsep kebudayaan masyarakat Jawa yang pastinya dapat membuat bulu kudukmu bergidik ngeri. Selamat menonton!

Simak Video "Alasan Joshua Suherman Ketagihan Main Film Horor"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/iwd)