5 Daftar Film Keluarga dan Drama Terlaris Indonesia 2023

Simak 5 film drama dan keluarga Indonesia rilisan tahun 2023 yang terlaris dan meraih jutaan penonton. Ada yang sudah kamu tonton?

5 Daftar Film Keluarga dan Drama Terlaris Indonesia 2023

Beberapa tahun belakangan ini, rumah produksi film melalui akun media sosialnya, terutama Instagram gencar mengumumkan jumlah penonton film mereka yang sedang tayang per harinya. Selain untuk memberikan informasi, taktik ini juga dinilai bisa memancing rasa penasaran orang-orang yang melihat postingan tersebut untuk menjadi penonton kesekian dari film itu.

Bicara soal jumlah penonton film Indonesia yang rilis di sepanjang tahun 2023, berikut adalah daftar film Indonesia terlaris di tahun ini dan sinopsis singkatnya.

1. Buya Hamka Vol.1

Poster film Buya Hamka Vol.1/Foto: Wikipedia Indonesia

Buya Hamka Vol.1 dibintangi oleh Vino G. Bastian, Laudya Cynthia Bella, Donny Damara, Desy Ratnasari, dan Ben Kasyafani.

Film biografi ini memperlihatkan kehidupan cendekiawan Muslim bernama Buya Hamka, mulai dari asal usul kehidupannya yang sederhana di Sumatera Barat, pekerjaannya sebagai pengurus Muhammadiyah di Makassar dan pemimpin redaksi majalah Pedoman Masyarakat, hingga karier politiknya.

Film ini termasuk yang sukses di pasaran. Sebab, berhasil meraih 1.297.791 penonton dan rating 6,7 di IMDB.

2. Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang

Poster film Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang/Foto: Wikipedia Indonesia

Film yang dibintangi oleh Sheila Dara Aisha, Rachel Amanda dan Rio Dewanto ini bercerita tentang Aurora (Sheila Dara Aisha) yang ingin mewujudkan impiannya di London. Dia pun menemukan seorang pria yang memiliki visi yang sama dengannya, yaitu Jem, seniman sekaligus senior yang populer di kampusnya yang juga perantau dari Indonesia.

Ketika mengenal Jem, kehidupan Aurora terasa sangat sempurna. Sampai di suatu hari dia menemukan sisi lain Jem yang terpaksa membuat Aurora mengorbankan kuliah dan mimpinya.

Lagu "Saudade" dari Kunto Aji dan "Dunia Tipu-tipu" dari Yura Yunita merupakan soundtrack dari film tersebut. Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang berhasil meraih 866.367 penonton dan rating 6,7 versi IMDB.

3. Petualangan Sherina 2

Poster film Petualangan Sherina 2/Foto: Instagram/@sherinamunaf

Sekuel dari Petualangan Sherina yang penayangannya tertunda sejak 2020 imbas pandemi Covid-19 akhirnya tayang pada 28 Agustus 2023. Film ini tentunya masih dibintangi oleh Sherina Munaf, Derby Romero, Mathias Muchus, dan Ucie Nurul, bersama aktor-aktor baru. Sama seperti film pertamanya yang rilis pada tahun 2000, Petualangan Sherina 2 mengusung isu lingkungan, yang berfokus pada Kalimantan.

Film ini bercerita tentang Sherina dewasa yang sudah menjadi jurnalis di NEX TV yang hendak meliput acara World Economic Forum di Swiss namun tetiba dialihtugaskan ke Kalimantan untuk membuat liputan lingkungan hidup. Tanpa diduga, dia bertemu lagi dengan Sadam yang telah bekerja di sebuah LSM konservasi di hutan Kalimantan. Mereka pun kembali menjalani petualangan sembari menenang masa-masa persahabatan mereka ketika kecil.

Film ini meraih 2.414.504 penonton dan rating IMDB sebesar 7,3.

4. Air Mata di Ujung Sajadah

Poster film Air Mata di Ujung Sajadah/Foto: Wikipedia Indonesia

Film drama keluarga ini disutradarai oleh Key Mangunsong dan skenarionya ditulis oleh Titien Wattimena. Film ini mempertemukan Titi Kamal, Fedi Nuril, Citra Kirana, Nafa Urbach, dan Jenny Rachman untuk beradu peran.

Air Mata di Ujung Sajadah menyuguhkan cerita tentang pengorbanan, keikhlasan, dan arti keluarga. Diceritakan bahwa Aqilla (Titi Kamal) dibohongi oleh ibunya (Tutie Kirana) tentang alasan bayinya meninggal. Padahal, ibunya menyerahkan bayinya untuk diasuh oleh Arif (Fedi Nuril) dan Yumna (Citra Kirana) yang telah lama mendambakan kehadiran buah hati.

Tujuh tahun kemudian, Aqilla mengetahui bahwa anaknya, Baskara (Faqih Alaydrus) masih hidup sehingga dia berusaha mendapatkan anaknya kembali.

Film ini meraih 3.127.671 penonton dan rating 7.2 versi IMDB. 

5. 172 Days

Poster film 172 Days/Foto: Wikipedia Indonesia

172 Days merupakan film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Nadzira Shafa. Film ini dibintangi oleh Yasmin Napper dan Bryan Domani.

Bercerita tentang Nadzira yang lahir dan besar di lingkungan yang suka berpesta, minum miras, dan mengonsumsi narkoba. Dia pun memutuskan untuk hijrah karena ingin menjalani kehidupan yang lebih baik. Dalam perjalanan hijrahnya, dia bertemu dengan Ameer, putra seorang ustaz yang taat beragama.

Mereka pun ta'aruf dan tak lama kemudian menikah. Namun, kebahagiaan mereka tidak bertahan lama. Ameer yang menderita penyakit kritis harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Film ini meraih 1.177.557 penonton dan rating IMDB sebesar 7,0.

Dari kelima film terlaris ini, kamu sudah nonton film yang mana saja, Beauties?

____

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)