AVISI Siap Berantas Film Bajakan Demi Kemajuan Perfilman Indonesia

Kominfo banyak melakukan pemblokiran terhadap website dan aplikasi streaming ilegal di Indonesia.

AVISI Siap Berantas Film Bajakan Demi Kemajuan Perfilman Indonesia

Merdeka.com - Asosiasi Video Streaming atau AVISI resmi berdiri pada Selasa (4/4) dengan menghadirkan 11 industri streaming di dalamnya yakni CubMu, Vision, Vision+, Mola, Bioskop Online, Max Stream, Netflix, Viu, Genflx, Prime, dan Klik Film.

Ketua Umum AVISI, Hermawan Sutanto mengatakan tujuan berdirinya AVISI untuk mengedukasi masyarakat agar menonton film secara legal dan melawan pembajakan film yang masih marak terjadi di Indonesia.

taboola mid article

"Memberi edukasi agar menonton secara legal dan resmi. Industri akan berkembang kalau penonton mau membayar untuk nonton secara legal," tutur Hermawan Sutanto dalam keterangan pers di Gedung Visinema, Jakarta Timur pada Selasa (4/4).

Pemerintah menyambut baik upaya Avisi melawan pembajakan film di Indonesia. Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel A Pangarapan mengatakan pembajakan film di Indonesia masih sering terjadi. Kominfo banyak melakukan pemblokiran terhadap website dan aplikasi streaming ilegal di Indonesia.

"Kami sudah berhasil melakukan pemblokiran hampir 12.000 website ataupun aplikasi streaming ilegal yang beredar," ucap Samuel A Pangarepan dalam panggilan online.

Senada dengan Samuel, Direktur Manajemen Industri Kemenparekraf, Syaifullah Agam juga menyambut baik kehadiran AVISI. Syaifullah berharap AVISI mampu menumbuhkan kreasi dan apresiasi terhadap tontonan legal sehingga pembajakan dapat berkurang.

"Berharap bisa menumbuhkan kreasi dan apresiasi sehingga pembajakan dapat berkurang, para kreator pun semakin semangat untuk membuat konten bagus. Film adalah lokomotif yang menarik industri lainnya dari wisata sampai kuliner," ucap Syaifullah Agam

Reporter Magang: Sekar Andini Wibisono Putri

Baca juga:
BPI Kolaborasi sama Pemerintah Agar Film Indonesia jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri
Melihat Tantangan Dunia Perfilman Indonesia
Bulan Film Nasional Batal Digelar Gara-Gara Izin Pakai TIM Terhambat
Kampoeng Thengul Juarai Festival Film Nasional, Bukti Kreatif Anak Muda Bojonegoro