4 Film Horor Indonesia yang Diadaptasi dari Luar Negeri, Ada Sijjin!

Tercatat ada empat judul film horor Indonesia yang ternyata hasil adaptasi dari film luar negeri. Terbaru ada Sijjin yang segera tayang pada November 2023.

4 Film Horor Indonesia yang Diadaptasi dari Luar Negeri, Ada Sijjin!

Kerja sama antara rumah produksi Indonesia dengan luar negeri sepertinya telah terjalin cukup lama. Tidak jarang sineas Indonesia mengadaptasi film luar negeri untuk dijadikan ke dalam versi Indonesia. Banyak sekali faktor yang memengaruhi hal ini, mulai dari ceritanya yang bagus, kesuksesan dalam jumlah penonton, hingga kemiripan dengan latar belakang negara Indonesia.

Salah satu genre film yang cukup banyak diadaptasi dari luar negeri adalah horor. Hingga saat ini, tercatat ada empat judul film horor Indonesia yang ternyata hasil adaptasi dari film luar negeri. Terbaru ada Sijjin yang segera tayang pada November 2023.

1. Sijjin (2023)

4 Film Horor Indonesia yang Diadaptasi dari Luar Negeri, Ada Sijjin!Sijjin (dok. Rapi Films / Sijjin)

Pertama ada Sijjin, karya film terbaru dari Rapi Films yang diadaptasi dari film Siccin asal Turki. Versi Indonesianya sendiri menceritakan tentang santet yang diberikan oleh seorang perempuan demi mendapatkan hati sepupunya. Dia rela bersekutu dengan iblis agar bisa menyiksa istri dari sepupunya hingga meninggal.

Bakal tayang mulai 9 November 2023, Sijjin memiliki beberapa fakta unik yang wajib kamu ketahui sebelum menonton. Pertama, Sijjin diadaptasi dari film Turki yang sukses hingga 6 season. Selain itu, film ini juga digarap langsung oleh sutradara perempuan yang terbukti sukses menggarap deretan film bergenre horor, Hadrah Daeng Ratu.

Baca Juga: 9 Aktris Menjadi Pemeran Antagonis di Film Horor Indonesia 2023

2. Hello Ghost (2023)

4 Film Horor Indonesia yang Diadaptasi dari Luar Negeri, Ada Sijjin!Hello Ghost (dok. Falcon Pictures / Hello Ghost)

Telah tayang pada awal 2023, film horor hasil adaptasi selanjutnya adalah Hello Ghost. Film ini menceritakan tentang hal aneh yang tiba-tiba terjadi pada diri Kresna. Setelah dirinya gagal melakukan aksi bunuh diri, Kresna malah bisa melihat orang-orang yang dibilang telah mati. Selain itu, Kresna juga kerap diganggu hingga dianggap gila oleh orang lain karena sifatnya yang terlihat aneh.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Menghadirkan deretan aktor dan aktris ternama, Hello Ghost dibintangi oleh Onadio Leonardo, Enzy Storia, Indro Warkop, Tora Sudiro, Hesti Purwadinata, dan Ciara Nadine Brosnan. Bagi yang belum tahu, Hello Ghost diadaptasi dari film Korea Selatan berjudul sama. Di bawah arahan Indra Gunawan, Hello Ghost sukses menjadi film horor yang tampil dalam balutan komedi menyegarkan.

3. Kalian Pantas Mati (2022)

4 Film Horor Indonesia yang Diadaptasi dari Luar Negeri, Ada Sijjin!Kalian Pantas Mati (dok. Ideosource Entertainment / Kalian Pantas Mati)

Selanjutnya ada Kalian Pantas Mati yang diadaptasi dari film Korea Selatan berjudul Mourning Grave. Film ini bercerita tentang kisah hidup seorang pria remaja dengan kemampuan melihat makhluk halus alias indigo. Kemampuan yang dimiliki dari garis keturunan ini membuat dirinya kerap menjadi bahan bully hingga tidak jarang diganggu oleh hantu-hantu yang ingin membahayakan dia dan orang-orang di sekitarnya.

Kalian Pantas Mati menghadirkan bintang-bintang muda Indonesia, seperti Emir Mahira hingga Zee JKT48. Di bawah naungan rumah produksi Paragon Pictures, Kalian Pantas Mati menjadi film keenam yang digarap dan diarahkan oleh sosok sutradara perempuan, Ginanti Rona.

4. Sunyi (2019)

4 Film Horor Indonesia yang Diadaptasi dari Luar Negeri, Ada Sijjin!Sunyi (dok. Pichouse Films / Sunyi)

Terkahir ada film Sunyi (2019) yang diadaptasi dari film Korea Selatan berjudul Whispering Corridors. Sunyi menceritakan tentang kisah masa remaja seorang pria bernama Alex yang kerap menjadi bahan bully teman-temannya di sekolah. Hal ini ditambah, saat Alex berteman dengan seorang perempuan yang ternyata merupakan hantu korban bunuh diri.

Mengangkat isu kekerasan dan bullying di sekolah, Sunyi dibintangi oleh Angga Yunanda, Amanda Rawles, Arya Vasco, hingga Naomi Paulinda. Sedangkan untuk kursi sutradara sendiri dinakhodai oleh Awi Suryadi. Awi Suryadi sendiri merupakan sutradara yang sukses menggarap film KKN di Desa Penari (2022), Danur 3: Sunyaruri (2019), hingga terbaru ada Kisah Tanah Jawa : Pocong Gundul (2023).

Meski film horor di atas hasil adaptasi luar negeri, ada banyak sekali hal-hal yang disesuaikan atau diubah berdasarkan kebutuhan pasar di Indonesia. Selain itu, perubahan dilakukan agar film-film tersebut mampu diterima lebih mudah dan tentunya laku keras.

Baca Juga: 10 Film dan Series Horor Indonesia yang Angkat Cerita Cinta Segitiga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.