4 Cara Memainkan Game Jadul secara Legal dan Aman

Mengunduh game bajakan itu melanggar hukum! Ketahui cara memainkan game jadul secara legal dan aman lewat artikel ini!

4 Cara Memainkan Game Jadul secara Legal dan Aman

Tahukah kamu jika mengunduh game bajakan, baik untuk game baru maupun game lama mengandung risiko yang cukup besar? Ya, salah satu risikonya adalah komputer atau HP kamu menjadi rentan terkena virus. Game-game jadul, khususnya yang bisa dimainkan lewat emulator, memang mudah didapatkan di situs-situs bajakan. Namun, biar bagaimana pun, pembajakan game itu merupakan hal yang salah. 

Lalu, bagaimana caranya biar kamu bisa memainkan game jadul secara legal alias bukan bajakan? Ada beberapa cara agar kamu bisa memainkan game-game jadul secara legal, aman, dan tidak berisiko yang bisa kamu simak lewat artikel ini, ya!

1. Memainkan versi remaster-nya  

4 Cara Memainkan Game Jadul secara Legal dan AmanSega Forever, koleksi game Sega klasik gratis (sega.com)

Cara pertama untuk memainkan game lawas secara legal adalah dengan cara memainkan versi remaster-nya yang masih dijual secara resmi. Contohnya adalah game-game jadul buatan Rockstar Games yang sudah di-porting khusus untuk smartphone. Atau, ada juga beberapa seri Final Fantasy jadul versi remaster yang juga hadir di Android dan iOS. Selain itu, ada juga game-game klasik buatan Sega yang tergabung dalam koleksi Sega Forever. Game-game klasik Sega itu bisa dimainkan secara gratis maupun berbayar di smartphone.

Kemudian, ada juga game-game PC jadul yang dirilis versi remaster-nya, salah satunya adalah Grand Theft Auto: The Trilogy – The Definitive Edition. Selain menampilkan grafis yang lebih mantap, pembelian game remaster secara legal juga merupakan bentuk dukungan dan apresiasi kepada developer kalau kamu sebagai gamer sangat menyukai karya mereka. Game remaster ini merupakan game jadul yang dikhususkan untuk bernostalgia dengan grafis yang lebih ditingkatkan meski tidak terlalu signifikan. 

Baca Juga: Nostalgia dengan 8 Game Jadul Facebook yang Tinggal Kenangan

2. Membeli salinan asli game jadul  

4 Cara Memainkan Game Jadul secara Legal dan Amanilustrasi CD original (freepik.com/mego-studio)

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Memakai emulator sebenarnya sah-sah saja asalkan dengan satu syarat, yaitu harus menggunakan game original. Bagaimana caranya? Contohnya jika kamu menggunakan emulator PS2 di PC, maka kamu harus membeli DVD game PS2 original, lalu memainkannya lewat emulator tersebut. Cara menemukan DVD game original bisa dilakukan di marketplace atau di forum-forum game retro. Tidak terlalu sulit, kok, untuk mencari game lawas original seperti PS1 dan PS2 karena kedua konsol tersebut memang sangat populer di masanya. 

3. Memanfaatkan PS4 atau PS5  

4 Cara Memainkan Game Jadul secara Legal dan Amanilustrasi layanan PlayStation Plus (playstation.com)

Jika kamu punya konsol PS4 atau PS5 sebenarnya tidak terlalu sulit untuk memainkan game-game lawas PlayStation secara legal. Caranya adalah dengan membeli game klasik yang ada di PlayStation Store. Namun, perlu diingat tidak semua game jadul ada di PlayStation Store. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan layanan PlayStation Plus. Layanan streaming game PlayStation Plus memungkinkan kamu untuk memainkan sejumlah game PS2 melalui streaming di konsol PS4 dan PS5. Namun, layanan PlayStation Plus ini memerlukan biaya bulanan atau tahunan. 

4. Memanfaatkan layanan Nintendo Switch 

4 Cara Memainkan Game Jadul secara Legal dan Amanilustrasi game-game klasik di Switch Online (nintendo.com)

Bagi kamu yang memiliki konsol Nintendo Switch, sangat mudah untuk memainkan game-game Nintendo klasik. Kamu hanya tinggal berlangganan Nintendo Switch Online, maka kamu bisa mengakses banyak game lawas Nintendo. Adapun game-game klasik tersebut adalah game jadul yang berasal dari konsol NES dan SNES. Selain itu, layanan ini juga menyediakan fitur bermain multiplayer online, penyimpanan awan untuk menyimpan data game, dan beberapa fitur tambahan lainnya. Harap dicatat bahwa Nintendo Switch Online adalah langganan berbayar. Kamu dapat memilih paket berlangganan bulanan, tahunan, atau paket keluarga yang dapat digunakan oleh beberapa akun Nintendo Switch.

Lewat cara-cara di atas, kamu bisa memainkan game-game jadul secara legal dan aman. Ingat, mengunduh game bajakan itu melanggar hukum! Selain itu mengunduh game bajakan mengandung berbagai risiko, termasuk munculnya virus di perangkat yang kamu gunakan. Jadilah gamer berkelas yang bisa menghargai para developer game atas karya-karyanya, ya! 

Baca Juga: Ini 7 Game Plagiat yang Lebih Sukses dari Game Aslinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.