3 Tips Jalani Liburan Seru dengan Orangtua, Itinerary Wajib Rinci!

Persiapkan segalanya dengan baik agar wisata jadi lancar

3 Tips Jalani Liburan Seru dengan Orangtua, Itinerary Wajib Rinci!

Semakin tumbuh dewasa, apalagi sudah mampu mendapatkan penghasilan sendiri, contoh hal yang selalu ingin diwujudkan oleh seorang anak adalah membahagiakan kedua orangtuanya. Meski tidak akan pernah mampu membalas seluruh jasa ibu dan bapak, setidaknya bisa memberikan hal-hal yang membuat hati mereka berbunga-bunga. Sebab, saat mereka bahagia, kamu juga turut merasakan hal yang sama.

Ada berbagai cara untuk merealisasikan tujuan tersebut, misalnya dengan mengajak orangtua pergi berlibur. Membawa orang-orang istimewa itu menjejakkan kaki di berbagai tempat indah, terutama yang memang sangat ingin didatangi sejak dulu kala, tentu akan menjadi pengalaman berharga yang tidak akan pernah terlupakan sepanjang masa. Nah, supaya rencana hebatmu itu bisa berjalan lancar, jangan lupa untuk mengikuti tips berikut ini, ya!

1. Siapkan itinerary sedetail mungkin

3 Tips Jalani Liburan Seru dengan Orangtua, Itinerary Wajib Rinci!ilustrasi makan bersama keluarga (pexels.com/Askar Abayev)

Pergi berlibur bersama orangtua menjadi hal yang cukup seru untuk dilakukan, tetapi di sisi lain, hal ini juga memiliki tantangan tersendiri. Kamu harus paham bahwa usia mereka memang kini tidak muda lagi, sehingga energi dan kesabaran dalam menempuh perjalanan terkadang mudah terkuras. Kalau sudah merasa lelah, bisa saja mereka meminta untuk lebih banyak istirahat dibandingkan mengunjungi tempat-tempat yang sudah direncanakan.

Nah, guna mengantisipasi kelelahan semacam ini, maka kamu harus menyiapkan itinerary yang super rinci. Sebelum berangkat, pastikan bahwa kamu sudah tahu di mana akan tinggal, transportasi pilihan, tempat apa saja yang hendak didatangi, hingga di mana spot yang cocok untuk makan. Meski sedikit rumit, tetapi jadwal yang jelas membantu memudahkan dalam mengatur waktu, sehingga perjalanan jadi lebih lancar dan orangtuamu tidak kebingungan.

Baca Juga: 8 Potret Artis Pernah Liburan dengan Calon Mertua, Ada yang Putus

2. Kualitas lebih utama dari kuantitas untuk urusan destinasi wisata

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

3 Tips Jalani Liburan Seru dengan Orangtua, Itinerary Wajib Rinci!ilustrasi seorang ibu dan anak perempuannya sedang berjalan di tepi pantai (pexels.com/Kampus Production)

Tidak dapat dimungkiri bahwa saat berkesempatan untuk menikmati momen liburan, rasanya ingin berkunjung ke sebanyak mungkin destinasi wisata yang ada. Harapannya, waktu singkat tersebut bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mendapatkan banyak pengalaman sekaligus. Namun demikian, jangan lupa, hal ini tentunya sangat melelahkan, terlebih bila bepergian bersama orangtua.

Oleh sebab itu, berpikirlah lebih bijaksana. Pahami bahwa pada saat ini kualitas lebih utama dari kuantitas untuk urusan destinasi wisata. Alangkah baiknya hanya berkunjung ke beberapa spot yang memang sayang untuk dilewatkan dan menikmatinya hingga puas alih-alih sering berpindah-pindah tempat dan hanya bisa berkunjung sebentar saja. Dengan begini, kamu dan orangtua bisa sekalian istirahat, bukan begitu?

3. Tetap luangkan waktu untuk me time

3 Tips Jalani Liburan Seru dengan Orangtua, Itinerary Wajib Rinci!ilustrasi seseorang yang sedang membaca buku (pexels.com/Bethany Ferr)

Meski niat mengajak orangtua pergi liburan memang untuk membuat keduanya bahagia, tetapi tidak menutup kemungkinan adanya hambatan selama melakoni perjalanan juga bisa membuatmu lelah. Sebagai contoh, orangtuamu tiba-tiba tidak ingin pergi ke destinasi tujuan karena alasan tertentu, tidak cocok dengan restoran yang kamu pilih, dan sebagainya, dapat menjadikan suasana hatimu buruk. Kalau tidak segera diatasi, keadaan tersebut akan sangat merepotkan.

Supaya kamu bisa keluar dari tekanan semacam itu, tetap luangkan waktu untuk me time. Cari momen yang pas untuk menikmati liburan seorang diri, seperti saat orangtua ingin istirahat dulu di hotel. Pergilah jalan-jalan hingga suasana hatimu kembali membaik. Dengan begini, kamu bisa ceria lagi serta siap mengajak ibu dan bapak berpetualang.

Pergi berlibur bersama orangtua akan menjadi memori indah yang akan dikenang sepanjang masa. Oleh sebab itu, pastikan untuk mempersiapkan perjalanan ini dengan sebaik mungkin agar bisa berjalan lancar. Semoga liburannya menyenangkan, ya!

Baca Juga: Rekomendasi Hotel di Malang, Cocok untuk Liburan Bareng Keluarga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.