15 Film Indonesia Latar Ceritanya Soal Tokoh Pahlawan Nasional

Hari Pahlawan jatuh tiap 10 November, sembari itu, banyak lho film Indonesia yang latar ceritanya membahas soal tokoh-tokoh pahlawan nasional

15 Film Indonesia Latar Ceritanya Soal Tokoh Pahlawan Nasional

Tepat pada tanggal 10 November, Indonesia memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang para pejuang. Sineas Tanah Air pun turut bergerak mengenang para pahlawan lewat film biopik hingga menceritakan kejadian bersejarah untuk bisa ditonton oleh masyarakat Indonesia.

Berikut ini IDN Times telah merangkum 15 film Indonesia yang membahas tokoh pahlawan nasional yang bisa kamu tonton di Hari Pahlawan. Baca sampai habis, ya!

1. Kartini (2017)

15 Film Indonesia Latar Ceritanya Soal Tokoh Pahlawan Nasionalposter Kartini (Dok. Legacy Pictures/Kartini)

Film Kartini mengangkat kisah pejuang emansipasi wanita Raden Adjeng Kartini. Merupakan film biografi, ceritanya pun berfokus pada Kartini yang berusaha mendirikan sekolah untuk anak-anak dan menyetarakan hak masyarakat terlepas dari gender hingga statusnya. Sosok Kartini pun diperankan oleh Dian Sastrowardoyo.

2. Soekarno (2013)

Dibintangi oleh Aryo Bayu yang berperan menjadi Soekarno, film ini merupakan biopik yang mengisahkan tentang perjuangannya menuju Indonesia merdeka. Film berdurasi dua jam ini pun turut menunjukkan kisah cinta Soekarno dengan Inggit Garnasih dan Fatmawati.

3. Boemi Manusia (2019)

Menceritakan tentang Minke yang merupakan nama pena dari jurnalis sekaligus tokoh kebangkitan nasional, Tirto Adhi Soerjo. Filmnya sendiri berfokus pada kisah cinta antara Minke dan Annelies Mellema. Meski begitu, cerita ini diangkat dari novel karya Pramoedya Ananta Toer.

4. Jenderal Soedirman (2015)

Menjadi film biopik yang mengisahkan tentang perjuangan Jenderal Soedirman di kala sakit berat dan harus memimpin peran gerilya selama tujuh bulan. Diperankan oleh Adipati Dolken, Soedirman pun membuat Belanda mengalami kesulitan logistik hingga kehabisan waktu.

5. Tjoet Nja' Dhien (1988)

Meski merupakan film lawas, nyatanya Tjoet Nja' Dhien ini masih sering ramai dibicarakan berkat penampilan memukau Christine Hakim sebagai pemeran utamanya. Mengisahkan tentang perjuangan Cut Nyak Dien memimpin perang di Aceh melawan penjajah meski menderita sakit berat hingga rabun.

6. Tjokroaminoto: Guru Bangsa (2015)

15 Film Indonesia Latar Ceritanya Soal Tokoh Pahlawan Nasionalposter film Tjokroaminoto: Guru Bangsa (Dok. MSH Film/Tjokroaminoto: Guru Bangsa)

Baca Juga: 10 Film Animasi Pahlawan Binatang, Terbaru Paw Patrol

Sesuai dengan judulnya, Tjokroaminoto: Guru Bangsa menceritakan sosok Tjokroaminoto yang mendirikan Sarekat Islam. Kisahnya pun menunjukkan perjuangan dari sang pahlawan nasional untuk kontribusinya terhadap Sarekat Islam.

7. Sang Kiai (2013)

Film biopik ini mengangkat kisah Hadratussyaikh Kyai Haji Hasyim Asy'ari, pejuang kemerdekaan yang juga merupakan salah satu pendiri Nahdlatul Ulama. Tokoh KH Hasyim Asyari pun diperankan oleh aktor senior Ikranagara.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

8. Sang Pencerah (2010)

Film ini menceritakan tentang Ahmad Dahlan, pendiir dari Muhammadiyah yang dinyatakan menjadi pahlawan nasional pada tahun 1961. Diperankan oleh Lukman Sardi, film ini turut menerima banyak pujian lewat properti yang detail menggambarkan tahun 1900-an.

9. Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta (2018)

Mengangkat kehidupan Raden Mas Rangsang, kemudian bergelar Sultan Agung Hanyakrakusuma, setelah meggantikan ayahnya yang meninggal. Sultan Agung pun harus menyatukan adipati tanah Jawa yang terpecah lewat VOC, organisasi buatan Belanda.

10. Wage (2017)

Menceritakan sosok Wage Rudolf Soepratman, pencipta lagu kebangsaan "Indonesia Raya". Film tersebut pun dirilis tepat pada peringatan Sumpah Pemuda, yaitu 28 Oktober.

11. Buya Hamka Vol. 1 (2023)

15 Film Indonesia Latar Ceritanya Soal Tokoh Pahlawan Nasionalilustrasi poster film "Buya Hamka" (Dok. Falcon Pictures/Buya Hamka Vol. 1)

Buya Hamka Vol. 1 menceritakan momen Hamka saat menjadi pengurus di Muhammadiyah Makassar. Perjuangan Hamka pun dimulai saat pindah ke Medan dan mengalami bentrok dengan pihak Jepang. Hamka pun diminta untuk mengundurkan diri dari pengurus Muhammadiyah.

12. Soegija (2012)

Film ini menceritakan perjuangan uskup pribumi, Monsinyur Albertus Soegijapranata, yang berusaha meringankan beban penderitaan rakyat Indonesia lewat semua tingkatan, baik itu politik lokal hingga internasional. Hal-hal ini pun dituangkannya ke dalam renungan harian yang mengiringi sepanjang film.

13. November 1828 (1979)

Dilatar belakangi oleh konflik antara Pangeran Dipenogoro dan pihak Belanda, film ini menceritakan konflik yang terjadi pula di antara bawahan. Kisahnya pun bermula dari Kapten van der Borst yang berupaya mendapatkan informasi soal lokasi persembunyian Sentot Prawirodirdjo, tangan kanan Pangeran Diponegoro.

14. Soerabaia '45 (1990)

Menceritakan kejadian penting bersejarah, yaitu Peristiwa 10 November di Surabaya. Mulai dari tokoh Bung Tomo hingga tertembaknya jenderal Inggris, film ini merekonstruksi ulang momen bersejarah tersebut.

15. Nyai Ahmad Dahlan (2017)

Sama seperti suaminya, Siti Walidah alias Nyai Ahmad Dahlan juga menjadi pahlawan nasional dan menjadi tokoh emansipasi perempuan. Film ini pun mengisahkan perjuangan Siti Walidah hingga menjadikannya sebagai perempuan pertama yang pernah memimpin Kongres Muhammadiyah tahun 1926.

Film-film di atas pun menunjukkan perjuangan para pahlawan untuk mencapai Indonesia merdeka dengan caranya masing-masing. Nah, dari belasan film di atas, mana yang sudah kamu tonton?

Baca Juga: 5 Landmark Sejarah Hari Pahlawan di Surabaya