Viral Pria Bekasi 19 Tahun Kena Varikokel, Sejak SMP Testisnya Berat Sebelah

Testi berat sebelah sejak SMP, ternyata pria ini mengidap varikokel. Disebut bisa bikin mandul, kondisi apa itu? Begini cerita awal mula terkena.

Viral Pria Bekasi 19 Tahun Kena Varikokel, Sejak SMP Testisnya Berat Sebelah
image
Jakarta -

Viral seorang pria 19 tahun asal Bekasi bercerita terkena varikokel sejak SMP. Kondisi ini membuat testisnya terasa berat sebelah.

Sejak saat itu, varikokel terus berkembang hingga terasa semakin nyeri. Hal ini dikarenakan tidak ada usaha pengobatan yang dilakukan.

"Justru nggak bakal hilang kalau nggak disembuhin dan malah justru makin parah, sakit dan pegal kalau gua kecapekan," kata pria tersebut dalam video TikTok-nya @guevarikokel.

Saat dikonfirmasi detikcom, rupanya pria ini terkena varikokel akibat kebiasaan olahraga dengan intensitas berat yang terlalu dipaksakan. Bahkan, rutinitas tersebut sudah dilakukannya sejak SMP.

Ia tak sadar hal ini merupakan faktor terbesar berakhir terkena varikokel. "Dulu gue sering banget olahraga yaitu pull up dan gue sering nggak kuat, terus gue paksain," kata pria bernama Esahuda Nugraha, kepada detikcom Senin (5/9/2022).

"Lebih tepatnya pas SMP, gue nggak tau waktu itu kenapa, karena pas gue pegang-pegang, kok ini berat sebelah (testis). Pada akhirnya gue tau pas di SMA gue pengen daftar kedinasan, karena pas daftar di kedinasan itu nggak boleh varikokel, pas banget tuh gue lagi semangat-semangatnya angkat barbel 3 kg setiap hari, push up setiap hari, 10 kali tiap pagi lari 4 kilo, setiap sore sit up 30 setiap sore, makin jadi varikokel gue," lanjut dia.

Bisa Bikin Mandul?

Ia khawatir kondisi ini membuatnya tidak bisa memiliki keturunan. Setelah melakukan pemeriksaan ke dokter, banyak kasus pasangan suami istri baru mengetahui kondisi varikokel setelah menikah, beberapa di antaranya berakhir tak bisa memiliki anak.

"Berdasarkan apa yang dibilang dokter gue waktu pas pertama kali cek ke dokter memang banyak banget sebenarnya orang yang nggak tahu penyakit ini khususnya varikokel," lanjut dia.

"Rata-rata itu sudah tau penyakit ini tuh orang yang sudah pada nikah mereka itu sulit punya keturunan dan pas mereka mengecek ternyata suaminya mengidap varikokel makanya suami-nya susah punya keturunan," pungkas dia.

Simak Video "Menakuti Bocah Pakai Suara 'Cekikikan' Hantu Bisa Timbulkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)