Urutan Film Saw Berdasarkan Tahun Rilis Dilengkapi Sinopsisnya

Saw merupakan film seri horor yang menceritakan aksi permainan gila pembunuh berantai yang disebut Jigsaw. Simak urutan Saw berikut!

Urutan Film Saw Berdasarkan Tahun Rilis Dilengkapi Sinopsisnya
Jakarta, CNN Indonesia --

Saw merupakan film seri horor yang cukup populer dan fenomenal di dunia. Film ini menceritakan aksi permainan gila pembunuh berantai yang disebut Jigsaw.

Untuk mengikuti dan memahami alur ceritanya, kamu bisa menonton dengan urutan film Saw berdasarkan tahun rilis yang beberapa di antaranya ditandai dengan penomoran pada akhir judulnya.

Film Saw pertama kali dirilis pada 2004. Film ini disutradarai oleh James Wan, yang kemudian ia dikenal lewat sejumlah karya film bergenre horor dan thriller.

Film Saw menjadi film paling bersejarah bagi James Wan sebab ini adalah debutnya sebagai sutradara.

Nah, bagi kamu yang belum pernah menonton film ini atau terlewat beberapa filmnya, simak urutan film Saw dilengkapi sinopsisnya berikut ini.

1. Saw (2004)

Saw (2004)Sinopsis dan urutan film Saw berdasarkan tahun rilis, salah satunya Saw (2004) (dok. Evolution Entertainment/Saw Productions Inc./Twisted Pictures via IMDb)

Film pertama Saw menceritakan tentang dua orang pria yakni Adam dan Lawrence Gordon yang terbangun di kamar mandi dalam keadaan dirantai.

Mereka terbangun dengan panik dan mencari tahu tentang situasi yang terjadi, sampai akhirnya Adam menemukan perekam suara di saku celananya.

Dalam alat perekam itu, muncul suara yang memerintahkan Adam untuk lari, sedangkan Gordon diperintahkan untuk membunuh Adam.

Apabila Gordon gagal membunuh Adam, istri dan putri Gordon akan dibunuh oleh John Kramer alias Jigsaw.

2. Saw II (2005)

Jigsaw didiagnosis mengalami kanker sehingga membuat kondisi tubuhnya melemah dan berhasil ditangkap oleh polisi.

Akan tetapi, Jigsaw menipu salah satu polisi bernama Eric dan menjebaknya masuk ke dalam permainan Jigsaw.

Dalam film ini, dijelaskan alasan utama mengapa Jigsaw melakukan permainan mengerikan tersebut.

3. Saw III (2006)

Urutan film Saw berdasarkan tahun rilis berikutnya adalah Saw III. Beberapa bulan setelah detektif Eric Matthews diculik oleh John Kramer, detektif Allison Kerry berusaha mencari keberadaan rekannya tersebut.

Namun, Allison diculik dan masuk dalam jebakan Jigsaw. Ia tiba-tiba terbangun di sebuah ruangan bawah tanah yang seluruh tubuhnya dirantai oleh tali besi.

4. Saw IV (2007)

Diceritakan Jigsaw telah meninggal di seri film ketiga, tetapi ia ternyata mampu memengaruhi orang-orang agar melanjutkan apa yang telah dilakukannya.

Film ini menceritakan tentang latar belakang Jigsaw. Selain itu, film ini juga mengungkap siapa orang di balik Jigsaw, yakni Mark Hoffman.

5. Saw V (2008)

Saw V (2008)Sinopsis dan urutan film Saw berdasarkan tahun rilis, salah satunya Saw V (2008) (Lionsgate Films)

Dalam seri kelimanya yang rilis pada 2008 membahas mengenai hubungan Jigsaw dan Mark Hoffman.

dikisahkan Hoffman yang merupakan kaki tangan baru Jigsaw akhirnya dipromosikan menjadi letnan detektif. Namun, salah seorang agen FBI bernama Peter Strahm mencurigainya.

6. Saw IV (2009)

Di seri keenamnya, Mark Hoffman membuat perangkap yang sebelumnya telah ditinggalkan Jigsaw sebelum meninggal.

Sementara agen FBI yang mencurigainya yakni Peter Strahm ternyata malah dituduh sebagai bawahan Jigsaw.

Dalam film ini juga terungkap bahwa Jill yang adalah bawahan Jigsaw lainnya, diminta oleh John untuk menyerang Hoffman.

7. Saw 3D (2010)

Pada Saw 3D, kursi sutradara diduduki oleh Kevin Greutert. Dalam Saw 3D, Jill dan Hoffman bertarung untuk mengambil alih kontrol peninggalan Jigsaw.

Hoffman menyiapkan jebakan yang sangat mengerikan bagi Jill. Namun, Hoffman yang ingin membunuh Jill akhirnya ditangkap.

Hoffman dibawa ke kamar mandi dan kakinya dibelenggu. Kemudian dia ditinggalkan di sana sampai mati.

8. Jigsaw (2017)

Jigsaw (2017)Sinopsis dan urutan film Saw berdasarkan tahun rilis, salah satunya Jigsaw (Lionsgate Films)

Berbeda dengan enam seri sebelumnya, film Jigsaw tidak disutradarai oleh James Wan lagi. Film ini disutradarai oleh Michael Spierig dan Pieter Pierig.

Jigsaw mengisahkan tentang peristiwa penduduk kota yang mati secara mengenaskan dan mengerikan. Kematian mereka pun sangat misterius.

Hasil investigasi mengarah kepada John Kramer alias Jigsaw. Namun, ia sendiri telah mati sepuluh tahun lalu.

9. Spiral (2021)

Pada seri kesembilannya yang berjudul Spiral, disutradarai oleh Darren Lynn Bousman. Spiral berfokus pada dua detektif, Zeke Banks dan William Schenk.

Mereka bekerja untuk menyelidiki berbagai pembunuhan yang diduga meniru Jigsaw. Semakin jauh mereka melangkah, kasus-kasus yang mereka selidiki berkaitan dengan kejahatan kepolisian. Keduanya pun terlibat dalam permainan mematikan yang ada.

10. Saw X (2023)

Saw X merupakan seri film Saw yang disutradarai oleh Kevin Greutert. Rencananya film ini akan dirilis pada September 2023.

Film SAW X akan menceritakan tentang perjalanan John Kramer alias Jigsaw yang merupakan pembunuh berantai sadis dengan metode yang mengerikan.

Itulah urutan Saw berdasarkan tahun rilis. Selamat menonton!

(juh)

[Gambas:Video CNN]