Unmul Geser Politani dari Puncak Klasemen LIMA Futsal Kalimantan

BREAKINGNEWS.CO.ID - Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda kembali memuncaki klasemen LIMA Futsal: Bolalob.com Kalimantan Conference Season 7 setelah menang atas Universitas Balikpapan (Uniba) dengan skor 10-0, Rabu (30/10/2019).  Posisis tersebut sebelumnya dikuasai  Politeknik Pertanian Negeri (Politani) Samarinda yang sehari sebelumnya berhasil menggasak  tuan rumah Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas Bumi (STT Migas) Balikpapan dengan skor…

Unmul Geser Politani dari Puncak Klasemen LIMA Futsal Kalimantan

BREAKINGNEWS.CO.ID - Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda kembali memuncaki klasemen LIMA Futsal: Bolalob.com Kalimantan Conference Season 7 setelah menang atas Universitas Balikpapan (Uniba) dengan skor 10-0, Rabu (30/10/2019).  Posisis tersebut sebelumnya dikuasai  Politeknik Pertanian Negeri (Politani) Samarinda yang sehari sebelumnya berhasil menggasak  tuan rumah Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas Bumi (STT Migas) Balikpapan dengan skor 8-1

Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda sudah bermain tiga kali, dengan tiga kali kemenangan, masing-masing atas Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) dengan skor 4-1, Sekolah Teknik Teknologi Minyak dan Gas Bumi (STT Migas) Balikpapan dengan skor 3-2, dan Universitas Mulia (Umulia) Balikpapan dengan skor 7-1. Sedangkan Universitas Balikpapan (Uniba) sudah bermain tiga kali, dengan dua kali kemenangan (3-1 atas Umulia dan 3-2 atas STT Migas) dan kekalahan dari UMKT dengan skor 1-2.

Kedua tim menggunakan formasi yang sama yaitu 1-2-1. Pada babak pertama, kedua tim bermain dengan tempo lambat dan fokus kepada penguasaan bola. Pada lima menit pertama babak pertama, kedua tim masih berusaha untuk mencari celah. Uniba hampir mengubah skor tetapi tendangan Dion mengenai mistar gawang. Unmul berhasil unggul pada menit keenam setelah umpan pendek Muhammad Afieq Mustafa berhasil dimaksimalkan oleh Daniel Kristian Sitinjak. Pada menit kedelapan, tendangan keras Iwan Arfan Ruslan gagal dihalau kiper Uniba.

Unmul kembali mencetak gol pada menit kesembilan setelah serangan balik cepat mereka berhasil dimaksimalkan oleh Ahmad Rido Julio. Iwan Arfan dan Ahmad Rido kembali mencetak gol untuk menambah keunggulan Unmul pada menit ke-10. Uniba berusaha untuk mengejar keunggulan lawan, tetapi pertahanan yang baik ditunjukkan oleh para pemain Unmul. Ahmad Rido berhasil memperlihatkan pertahanan yang baik dengan tiga kali keberhasilan mencuri bola dan dua kali memotong umpan pada babak pertama. Student-athlete Iwan Arfan mengukir hattrick pada menit ke-13. Skor 6-0 untuk keunggulan Unmul tersaji di babak pertama.

Uniba langsung bermain menekan dan menyerang sejak awal babak kedua. Uniba mengubah formasi mereka menjadi 2-2 seturut niat menutup celah yang terus disasar permainan Unmul. Uniba mengandalkan umpan-umpan pendek dan memfokuskan posisi pemain di tengah. Unmul berusaha untuk memainkan umpan jauh dan bermain melebar. Evan Yikwa Pasongi berhasil mencetak gol pada menit ke-25 mengandalkan serangan balik cepat. Pemain yang dapat disebut berpenampilan terbaik dalam pertandingan ini, Iwan Arfan Ruslan,  mencetak gol keempat dirinya pada menit ke-28.

Uniba berusaha untuk menciptakan gol. Kapten Uniba, Dion gagal memaksimalkan peluang pada menit ke-32. Unmul melakukan rotasi pemain pada menit ke-34 dan menurunkan tempo permainannya. Evan Yikwa Pasongi mencetak gol keduanya setelah berhasil mencuri bola dan mencetak gol pada menit ke-34. Pada menit ke-39, Muhammad Afieq Mustafa berhasil mencetak gol. Usaha terakhir kapten Uniba pada menit ke-39 lewat tendangan kerasnya masih bisa dihalau oleh kiper Unmul. Skor akhir 10-0 untuk kemenangan Unmul.

Ofisial Universtias Mulawarman, Deni Setiawan, mengatakan, “Pertandingan yang bagus. Kami sudah belajar dari pertandingan sebelumnya dan sudah menyesuaikan lapangan agar permainan para student-athlete berkembang. Kami membuat tim ini seperti keluarga agar para pemain tidak mempunyai ego yang tinggi dan berusaha untuk kompak. Saya pribadi memiliki motivasi untuk menjadikan juara sebagai kebiasaan. Kami tetap melakukan evaluasi untuk bisa meningkatkan permainan kami. Kami mempunyai keuntungan pernah mengikuti turnamen LIMA Futsal sehingga hal tersebut dapat kami jadikan pembelajaran. Kampus mendukung penuh karena olahraga merupakan salah satu penunjang akreditasi kampus. Walaupun pendukung kami terkendala jarak, mereka mendukung kami lewat doa.”

Dengan hasil ini, Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda kembali di puncak klasemen dengan poin 12 sedangkan Uniba harus puas tertahan di posisi ketiga dengan torehan enam poin. Kedua tim akan kembali bermain pada Kamis (31/10), Unmul akan menghadapi Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) sedangkan Uniba bertemu Politeknik Pertanian Negeri (Politani) Samarinda.