TikTok TV Indonesia Hadir! Ini Cara Pengaturan di Smart TV

Aplikasi TikTok TV Indonesia kini tersedia di di Google TV dan perangkat lain dengan sistem operasi Android TV dan Samsung Smart TV. Sedangkan LG Smart TV akan segera hadir.

TikTok TV Indonesia Hadir! Ini Cara Pengaturan di Smart TV

Jakarta, Gizmologi – Ide menonton TikTok di televisi hadir saat pandemi karena masyarakat yang sebagian besar menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Sekarang, pengguna yang memiliki televisi pintar bisa menikmati layanan TikTok TV Indonesia.

Layanan TikTok TV sejatinya sudah diluncurkan pada Februari dua tahun yang lalu untuk Google dan Android TV. Namun, waktu itu cakupan negara yang mendukung layanan ini masih terbatas. Saat itu, aplikasi ini baru tersedia di kawasan Eropa saja, persisnya Inggris Raya, Prancis, dan Jerman.

Eropa memang agak lebih ramah dengan layanan dari China, sehingga layanan ini pun bisa dibesut dengan cepat. Berbeda dengan Amerika Serikat yang melakukan regulasi ketat, bahkan sampai memblokir Huawei. TikTok pun pada 2020 terpaksa bekerja sama dengan Oracle untuk penyimpanan data cloud.

TikTok TV baru menyambangi Amerika Utara, yaitu Amerika Serikat dan Kanada, pada November 2021. Namun, Indonesia yang termasuk salah satu negara paling aktif menggunakan TikTok justru belum menjadi prioritas ByteDance, induk perusahan dari aplikasi ini. Butuh waktu hingga dua tahun untuk membawa layanan tersebut ke Indonesia.

Baca juga: Viral Konten Pengemis Online, Begini Tanggapan TikTok

Layanan TikTok TV Indonesia

TikTok TV Indonesia

Aplikasi TikTok TV ini dibuat khusus untuk pengalaman menonton di rumah, sehingga orang-orang dapat terhibur bersama. “Lebih dari satu miliar orang datang ke TikTok untuk mencari hiburan, belajar hal baru, menciptakan konten yang berkesan, dan masih banyak lagi. Hari ini, kami senang dapat mempersembahkan aplikasi TikTok TV di Google TV dan perangkat lain dengan sistem operasi Android TV, Samsung Smart TV, dan LG Smart TV,” demikian bunyi pernyataan resmi dari TikTok Indonesia (21/02).

Dijelaskan lebih lanjut, melalui layar yang lebih besar, TikTok TV Indonesia menawarkan sebuah cara baru bagi pengguna untuk untuk bersama-sama merasakan kebahagiaan dan kreativitas TikTok di ruang keluarga rumah mereka. “Melalui aplikasi seluler, TikTok membawa secercah kegembiraan kecil, namun dengan menghadirkan pengalaman melalui layar yang besar, kini keluarga dan sahabat dapat menikmati TikTok bersama-sama sebagai bagian dari rutinitas harian atau mingguan,” imbuhnya.

Aplikasi TikTok TV Indonesia dirancang sesuai dengan pengalaman menonton TV di rumah, memberikan akses yang mudah untuk menonton konten di laman “For You” dan “Following” melalui layar yang lebih besar. Tontonan yang bisa dinikmati termasuk juga konten paling banyak disukai dan ditonton dari berbagai kategori, mulai dari game, komedi, makanan, hingga satwa. Untuk konten yang lebih dipersonalisasi, pengguna dapat masuk ke aplikasi TikTok TV menggunakan akun TikTok yang sudah ada.

Cara mengatur TikTok TV Indonesia di Smart TV

Samsung The Sero TV Ilustrasi

Saat ini aplikasi TikTok TV Indonesia sudah tersedia untuk Smart TV dengan sistem operasi Android TV dan Samsung Smart TV (Tizen OS). Sedangkan untuk perangkat LG Smart TV akan tersedia dalam beberapa waktu mendatang.

Untuk mengakses aplikasi TikTok TV Indonesia, langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama buka Google Play dan cari TikTok.
  • Klik untuk menginstal aplikasi TikTok.
  • Setelah diinstal, buka aplikasi.
  • Dari sini, kamu dapat masuk atau mengeklik “tonton sekarang” untuk langsung menikmati konten TikTok dengan segera.

Catatan: follow akun resmi Gizmologi di TikTok untuk mendapatkan informasi berita teknologi dan gadget dalam format video pendek interaktif.