Terduga Pelaku Pelecehan Hilang dalam Daftar Juri Festival Film Indonesia 2022 - Pikiran-Rakyat.com

Festival Film Indonesia 2022 menghapus nama salah satu juri terduga pelaku pelecehan seksual, penulis skenario Penyalin Cahaya.

Terduga Pelaku Pelecehan Hilang dalam Daftar Juri Festival Film Indonesia 2022 - Pikiran-Rakyat.com
image

PIKIRAN RAKYAT - Henricus Pria, sineas yang merupakan terduga pelaku pelecehan seksual, ia menjadi salah satu dari 89 juri nominasi Festival Film Indonesia (FFI) 2022.

Pernyataan tersebut pernah diunggah akun Instagram FFI, namun hal itu mendapat kecaman dari masyarakat karena Henricus Pria diduga telah melakukan pelecehan di lokasi syuting.

Namun nama Henricus Pria menghilang dalam daftar juri Festival Film Indonesia 2022 yang sudah diumumkan.

Adapun pemilihan para juri tahap akhir berdasarkan rekomendasi dari asosiasi-asosiasi profesi perfilman Indonesia.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film yang Cocok Ditonton untuk Rayakan Hari Ayah Nasional 12 November 2022

Dewan juri akhir terbagi dalam Dewan Juri Akhir kategori Film Cerita Panjang, kategori Non Cerita, kategori Pengabdian Seumur Hidup untuk Film dan kategori Kritik Film.

Sebanyak 24 orang yang menjadi Dewan Juri Akhir akan berunding sesuai dengan kategori masing-masing untuk menentukan pemenang dari 23 kategori penghargaan Piala Citra dan penghargaan khusus.

Para Dewan Juri Akhir tersebut terdiri dari sembilan juri Film Cerita Panjang, tiga juri Film Cerita Pendek, tiga juri Film Animasi Pendek, tiga juri Film Dokumenter, tiga juri kategori Pengabdian Seumur Hidup untuk Film, dan tiga juri untuk kategori Kritik Film.