Taylor Swift hingga Ke Huy Quan Diundang Jadi Anggota the Academy

Taylor Swift, Ke Huy Quan hingga tim film RRR di antara 398 orang yang diundang jadi anggota The Academy 2023.

Taylor Swift hingga Ke Huy Quan Diundang Jadi Anggota the Academy
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS) mengumumkan 398 seniman dan eksekutif industri film yang diundang bergabung menjadi anggota tahun ini. Beberapa di antaranya adalah Taylor Swift dan Ke Huy Quan.

Ada pula Austin Butler (Elvis), Paul Mescal (Aftersun), Stephanie Hsu (Everything Everywhere All at Once), dan Kerry Condon (The Banshees of Iniherin) sebagai penerima undangan tahun ini.

"Kami dengan bangga menyambut para seniman dan profesional ini ke dalam keanggotaan kami," kata CEO the Academy Bill Kramer dan Presiden the Academy Janet Yang seperti diberitakan Variety, Rabu (28/6).

"Mereka mewakili bakat global yang luar biasa di seluruh disiplin sinematik dan telah memberikan dampak penting pada seni dan sains film serta penggemar film di seluruh dunia."

Undangan yang disebar AMPAS pada 2023 terdiri dari 40 persen perempuan, 34 persen dari komunitas etnis atau ras yang kurang terwakili dan 52 persen berasal dari 51 teritorial di luar AS.

[Gambas:Video CNN]

Undangan keanggotaan itu juga diberikan kepada tim film RRR, mulai dari kedua pemeran utamanya, Ram Charan dan N. T. Rama Rao Jr..

Tim di belakang layar RRR, seperti komposer M. M. Keeravani dan Chandrabose, hingga desainer produksi film Sabu Cyril dan sinematografer K. K. Sentil Kumar turut diundang menjadi anggota the Academy.

Beberapa pembuat film yang juga diundang adalah Daniel Kwan and Daniel Scheinert (Everything Everywhere All at Once), Colm Bairéad (The Quiet Girl), Edward Berger (All Quiet on the Western Front), Antonio Campos (The Devil All the Time), Lukas Dhont (Close), Ana Katz (The Dog Who Wouldn't be Quiet) and Santiago Mitre (Argentina, 1985).

Apabila semua menerima undangan tersebut, total anggota The Academy akan menjadi 10.817 orang, meningkat dari total tahun lalu 10.665 orang. Dari angkat itu 9.375 orang nantinya berhak berikan suara untuk pemenang Oscar 2024.

Pemegang hak suara adalah mereka yang aktif berkarya per 10 tahun sejak resmi menjadi member AMPAS. Jumlah pemegang hak suara tersebut menurun dibandingkan tahun lalu, 9.665 orang, akibat ada yang meninggal dunia, pensiun, atau berstatus emeritus.

Pemegang status emeritus adalah member yang dinilai tak aktif. Mereka masih akan mendapatkan akses dan hak screeners tapi tak bisa ikut memberikan suara.

Sementara itu, Oscar ke-96 akan berlangsung 10 Maret 2024.

(chri)