Steven Spielberg dan Kru Nyaris Tenggelam Kala Syuting Jaws

Steven Spielberg mengakui salah satu insiden yang masih ia ingat kala menggarap Jaws (1975) adalah ia dan kru nyaris tenggelam kala syuting.

Steven Spielberg dan Kru Nyaris Tenggelam Kala Syuting Jaws
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Steven Spielberg mengakui bahwa salah satu insiden yang masih ia ingat kala menggarap film legendaris Jaws yang rilis pada 1975 adalah ia dan kru nyaris tenggelam kala syuting.

Dalam wawancara kepada Vanity Fair pada Juli 2023, Spielberg mengatakan bahwa insiden yang nyaris merenggut nyawa dirinya dan para kru itu terjadi berkaitan dengan kapal Ocra.

Ocra merupakan kapal dalam kisah Jaws yang menjadi kendaraan Chief Martin Brody (Roy Scheider), Matt Hooper (Richard Dreyfuss), dan Quint (Robert Shaw) mencari hiu yang meneror warga.

"Masalah yang kami hadapi adalah saat speedboat yang menarik Orca bergerak terlalu cepat dan merusak bagian lambung kapal," kata Spielberg seperti diberitakan Screen Rant, Kamis (3/8).

"Air langsung masuk, dan kapal tenggelam dalam waktu sekitar dua menit," sambungnya.

Insiden itu jelas membuat para kru panik. Mereka disebut Spielberg otomatis berusaha berlomba menyelamatkan diri sendiri. Mereka berteriak meminta tolong dan dikirim kapal penyelamat.

[Gambas:Video CNN]

Namun pada saat itu, kata Spielberg, ada orang yang seolah tak peduli dengan situasi darurat tersebut. Orang itu adalah teknisi suara John Carter yang di kemudian hari memenangkan Piala Oscar kategori Best Sound bersama timnya.

"John mengangkat perekam Nagra di atas kepalanya, dan berkata, 'Persetan dengan aktor-aktor itu, selamatkan departemen suara!'," tiru Spielberg.

"Hingga saat ini, saya masih ingat jelas John tenggelam sambil memegang perekam dengan air naik dari pergelangan kaki, lalu ke lutut. Sementara kru lainnya susah payah menarik orang keluar dari Ocra yang tenggelam," lanjutnya.

"Beberapa bulan kemudian, dia memegang Oscar di kedua tangannya!" kata Spielberg.

Dirilis pada 1975, Jaws berhasil mengantarkan nama Spielberg menjadi sutradara terkenal. Film tersebut pun dianggap sebagai film blockbuster pertama yang dirilis saat musim panas.

Film thriller yang diadaptasi dari novel bertajuk sama karangan Peter Benchley ini menceritakan seorang sheriff lokal yang bekerja sama dengan ahli biologi kelautan dan kapten kapal untuk berburu seekor hiu putih.

Hiu putih berukuran masif itu dinilai telah meneror keberlangsungan hidup komunitas di wilayah pinggir pantai Cape Cod, Massachusetts, AS.

Keberhasilan Jaws juga dianggap banyak ahli menciptakan standar film blockbuster modern di era keemasan Hollywood. Jaws juga menjadi inspirasi bagi film bertemakan serupa.

Setelah Jaws, Spielberg pun mengerjakan sederetan film-film blockbuster lain lewat judul-judul legendaris seperti Raiders of the Lost Ark, E.T., Jurassic Park, Schindler's List, dan Saving Private Ryan.

(far/end)