Peringati Hari Guru Nasional, Sejumlah Tenaga Pendidik Nonton Bareng Film 'BUDI PEKERTI'

Para guru diundang bukan hanya karena film ini menceritakan tentang kehidupan seorang guru, namun juga supaya mereka bisa terlibat aktif dalam memberantas cyber bulliying.

Peringati Hari Guru Nasional, Sejumlah Tenaga Pendidik Nonton Bareng Film 'BUDI PEKERTI'

Kapanlagi.com - BUDI PEKERTI merupakan film drama Indonesia yang dirilis pertama di Festival Film Internasional Toronto pada 9 September 2023 lalu. Setelahnya, film ini juga dirilis secara resmi pada 25 Oktober 2023 di Jakarta Film Week. Adapun pemerannya adalah Sha Ine Febriyanti (Bu Prani Siswoyo), Dwi Sasono (Didit Wibowo/suami Bu Prani), Angga Aldi Yunanda (Muklas “Animalia” Waseso), dan Prilly Latuconsina (Tita Sulastri).

Film ini menceritakan bagaimana guru Bimbingan Konseling (BK) bernama Bu Prani harus mendapat kecaman lantaran ada orang yang merekamnya saat sedang menegur seseorang yang menyerobot antrean. Perekam kemudian membuat scenario menyesatkan bahwa Bu Prani mengumpat pada seorang perempuan tua penjual putu. Alhasil, dia dibully oleh netizen dan diminta untuk minta maaf.

Dia bahkan diminta melepas profesinya sebagai guru BK. Kondisi ini membuatnya semakin sulit, apalagi suaminya saat ini sedang membutuhkan banyak uang untuk mengobati gangguan kesehatan mental akibat usahanya bangkrut saat Covid-19 melanda. Bahkan langkah yang ditempuh untuk mengungkap kebenaran pun buntu karena dijegal banyak pihak.

1. Momen Peringatan Haru Guru

image

Sebagai bentuk apresiasi dan kampanye stop perundungan siber dan dalam rangka menjelang peringatan Hari Guru Nasional yang jatuh pada tanggal 25 November, para mitra bisnis MS GLOW di beberapa kota mengajak para tenaga pendidik atau guru untuk nobar film BUDI PEKERTI.

Para guru diundang bukan hanya karena film ini menceritakan tentang kehidupan seorang guru, namun juga dimaksudkan agar para pendidik mampu bertindak sebagai agen yang ikut mengampanyekan pemberantasan cyber bullying. Adapun nobar ini digelar di berbagai kota di Indonesia, termasuk Kediri, Malang, Lamongan, dan Surabaya.

Tidak hanya sekedar nonton film, kegiatan nobar bareng ini juga semakin seru karena para guru juga mendapatkan bingkisan. Sekali lagi, hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan bagi para guru untuk memerangi masalah cyber bullying serta menciptakan generasi yang lebih baik.