Soal Kongres PSSI, Sesmenpora: Kami Belum Dapat Laporan

BREAKINGNEWS.CO.ID - Tanggapan pro dan kontra dari berbagai pihak mewarnai kongres Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang akan digelar pada 2 November 2019 mendatang. Salah satu tanggapan tersebut datang dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang diwakilkan oleh Sekretaris Kemenpora (Sesmenpora) Gatot Sulistiantoro Dewa Broto, mengatakan PSSI belum memberikan laporan lebih lanjut mengenai kongres…

Soal Kongres PSSI, Sesmenpora: Kami Belum Dapat Laporan

BREAKINGNEWS.CO.ID - Tanggapan pro dan kontra dari berbagai pihak mewarnai kongres Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang akan digelar pada 2 November 2019 mendatang.

Salah satu tanggapan tersebut datang dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang diwakilkan oleh Sekretaris Kemenpora (Sesmenpora) Gatot Sulistiantoro Dewa Broto, mengatakan PSSI belum memberikan laporan lebih lanjut mengenai kongres tersebut.

Sesmenpora mengatakan PSSI belum melaporkan kepada Kemenpora terkait pelaksanaan kongres maupun respon negatif dari FIFA terkait perubahan pelaksanaan kongres PSSI tersebut. Gatot menuturkan, meskipun kongres merupakan agenda internal PSSI, tetapi sejatinya pemerintah harus mendapatkan pemberitahuan terlebih dahulu.

"Kami belum mendapatkan laporan resmi dari PSSI terkait hal ini. Dalam hal ini, kongres sebetulnya urusan internal mereka, jadi sebetulnya kami hanya bisa menyampaikan seharusnya pemerintah dikabari jika ada masalah kongres dimajukan atau ada ketidaksetujuan dari FIFA," ungkap Gatot, Kamis (17/10/2019).

Dengan tidak adanya laporan kepada Kemenpora, Gatot mengatakan, saat ini, Kemenpora tidak tahu menahu mengenai permasalahan yang menimpa PSSI. Oleh karena itu, dia tidak bisa berkomentar lebih lanjut mengenai kongres PSSI.

"Artinya, kami hanya bisa mengatakan belum tahu apa-apa tentang hal ini. Bagaimana mau tahu, orang PSSI belum memberikan laporan," lanjutnya. Saat ini, kongres PSSI yang pada awalnya dijadwalkan pada 25 Januari 2020 sudah dimajukan menjadi awal November tahun 2019.

FIFA yang pada awalnya menyetujui Kongres diadakan tahun depan pun langsung memberikan respon negatif. FIFA tetap merekomendasikan kongres PSSI dijadwalkan seperti sedia kala yakni pada 2020 mendatang.

Akan tetapi, PSSI tidak menanggapi rekomendasi yang diberikan FIFA itu dan bersikukuh tetap melaksanakan Kongres pada tahun ini.