Selamat Hari Pahlawan! Ini 8 Film Pahlawan Indonesia Cocok Kamu Tonton

Pada Hari Pahlawan ini, seluruh masyarakat Indonesia pasti memperingatinya, salah satu caranya adalah dengan menonton film Pahlawan indonesia

Selamat Hari Pahlawan! Ini 8 Film Pahlawan Indonesia Cocok Kamu Tonton
image

INDOZONE.ID - 10 November adalah Hari penting bagi Indonesia. Hari ini diperingati sebagai Hari Pahlawan, di mana dibentuk untuk mengingat jasa para pejuang Indonesia dalam memerdekakan Indonesia. 

Pada Hari Pahlawan ini, seluruh masyarakat Indonesia diharapkan dapat memperingatinya dengan baik. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memutar kembali film yang menayangkan kisah para pejuang. 

Lantas, apa saja film dengan kisah pejuang tersebut? Simak daftar berikut ini. 

1. Soekarno: Indonesia Merdeka 

Nama Presiden pertama di Indonesia ini tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Kisahnya dalam memerjuangkan Indonesia terangkum dalam film berjudul Soekarno: Indonesia Merdeka. 

Selain dapat menjadi pelajaran sejarah, film pahlawan indonesia ini juga membuat kita mengerti beratnya perjuangan Presiden pertama Republik Indonesia yang kerap disapa dengan panggilan Bung karno ini.

2. Kartini 

Pejuang perempuan Indonesia yang mengagaskan empansipasi wanita adalah sosok R.A Kartini.

Film ini menceritakan tentang perjuangan Kartini dalam melawan penjajah dengan memberikan pendidikan secara terang-terangan kepada para anak-anak, khususnya perempuan. Cocok banget ditonton saat Hari Pahlawan! 

3. Soegija 

Film tentang Hari Pahlawan berikutnya menceritakan kisah perjuangan Uskup Albertus Soegijapranata SJ. Dalam film ini, perjalanan hidupnya hingga akhirnya perang kemerdekaan Indonesia dikisahkan. 

4. Guru Bangsa: Tjokroaminoto 

Pahlawan Indonesia ini sangat berjasa dalam menumbuhkan pendidikan di Indonesia yang kala itu terpuruk dan memprihatinkan. 

Kisah perjuangannya tersebut terangkum dalam film Guru Bangsa: Tjokroaminoto ini. Di Hari Pahlawan ini film ini sangat merawat ingatan sejarahmu. 

5. Wage

Kisah Wage Rudolf Soepratman dari kecil hingga dewasa diceritakan dalam film tentang Hari Pahlawan ini. 

Di film inil diceritakan banyak konflik menarik yang berhubungan dengan kemerdekaan Indonesia. Film ini sekaligus menggambarkan bagaimana latar belakang lagu kebangsaan Indonesia dibuat.

6. Jendral Soediman 

Film Pahlawan indonesia ini jelas menceritakan tentang perjuangan Jenderal Soedirman dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dalam melawan Belanda.

Saat itu, diceritakan Belanda berkhianat terhadap perjanjian Renville yang telah dibuat dengan Pemerintah Indonesia dengan melancarkan Agresi Militer ke-2.

7. Perburuan 

Bercerita tentang prajurit PETA bernama Hardo yang terluka setelah kalah perang melawan Jepang. 

Hardo kembali pulang ke kampungnya harus bersembunyi karena diburu oleh Jepang. Meskipun bukan seorang tokoh masyarakat, ceritanya patut untuk kamu ketahui untuk mengenang Hari Pahlawan. 

8. Sang Kiai 

Film tentang Hari Pahlawan sleanjutnya menceritakan tentang hidup seorang Kiai bernama KH Hasyim Asy'ari. Ia merupakan pejuang kemerdekaan sekaligus Kiai yang dihormati para santrinya.

Beliau merupakan salah satu pendiri Organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU). Perjuangannya membawa agama Islam menjadi contoh sikap yang harus kamu ketahui di Hari Pahlawan ini. 

Nah, itulah beberapa film tentang Hari Pahlawan yang dapat kamu tonton. Selamat Hari Pahlawan! 

Artikel Menarik Lainnya: