Segera Hapus, Aplikasi Android Ini Sedot Rekening Lewat HP

Aplikasi di HP Android dapat mencuri file hingga mengganti konten yang disalin para korban.

Segera Hapus, Aplikasi Android Ini Sedot Rekening Lewat HP
image

Jakarta, CNBC Indonesia - Makin banyak malware yang membahayakan dan bisa menguras rekening. Malware SpinOK ditemukan dalam sejumlah aplikasi Android. Malware disebut dapat mencuri file hingga mengganti konten clipboard para korbannya.

Tim keamanan dari CloudSEK menemukan setidaknya 193 aplikasi yang sudah terinfeksi. Menurut mereka, 43 aplikasi masih aktif di Google Play hingga beberapa minggu lalu.

Malware ini disebar dengan serangan rantai pasokan SDK yang menginfeksi banyak aplikasi. SpinOK akan hadir melalui aplikasi dengan penawaran mini-game. Untuk menarik peminat, mini-game ini memiliki hadiah harian dan secara bersamaan juga mencuri file di layar belakang.

SpinOK ditemukan pertama kali oleh Dr.Web belum lama ini. Setidaknya ada ratusan aplikasi dengan jumlah unduhan mencapai 421 juta kali yang terinfeksi malware tersebut.

Berikutnya CloudSEK menggunakan IoC yang ada dalam laporan Dr.Web. Hasilnya mereka menemukan tambahan 92 aplikasi menjadikan daftar 193 aplikasi jahat dan telah terinfeksi malware itu dan setengah dari jumlah tersebut diketahui ada di Google Play.

Google juga memastikan telah meninjau laporan terbaru SpinOK SDk tersebut. Termasuk melakukan langkah-langkah untuk ratusan aplikasi jahat yang melanggar kebijakan.

"Pengguna dilindungi oleh Google Play Protect yang memperingatkan pengguna soal aplikasi yang diketahui menunjukkan perilaku berbahaya pada perangkat Android dengan Google Play, walaupun aplikasi dari sumber lain," jelas Google, dikutip Bleeping Computer, Selasa (13/6/2023).

Malware adalah program berbahaya karena bisa mencuri data pribadi pengguna, memata-matai aktivitas smartphone, dan mengintip informasi sensitif. Semua data tersebut bisa dimanfaatkan untuk menjebol rekening bank.

Bleeping Computer memberikan daftar aplikasi yang menggunakan SpinOK SDK dan masih tersedia di Google Play. Ini daftarnya:

  • Macaron Match (XM Studio) - 1 juta unduhan
  • Macaron Boom (XM Studio) - 1 juta unduhan
  • Jelly Connect (Game Bling) - 1 juta unduhan
  • Tiler Master (Zhinuo Technology) - 1 juta unduhan
  • Crazy Magic Ball (XM Studio) - 1 juta unduhan
  • Selamat 2048 (Zhinuo Technology) - 1 juta unduhan
  • Mega Win Slots (Jia22) - 500.000 unduhan

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

HP Nomor Satu Bukan Samsung-iPhone-Xiaomi, Jarang yang Tahu!


(tep/dem)