Nesaba Review Poco F4 GT, Flagship Gaming Killer

Gaming Phone sebenarnya memiliki fungsi yang sama seperti ponsel umum pada umumnya, ponsel ini bisa digunakan untuk kegiatan seperti mengirimkan pesan menggunakan platform sosial media, dibekali kamera, hingga fitur-fitur umum yang tentu kita dapatkan di ponsel pada umumnya. Namun apa yang membuatnya berbeda? Selama ini Gaming Phone sering debut dengan spesifikasi yang lebih banyak, misalnya ... Baca Selengkapnya

Nesaba Review Poco F4 GT, Flagship Gaming Killer

Gaming Phone sebenarnya memiliki fungsi yang sama seperti ponsel umum pada umumnya, ponsel ini bisa digunakan untuk kegiatan seperti mengirimkan pesan menggunakan platform sosial media, dibekali kamera, hingga fitur-fitur umum yang tentu kita dapatkan di ponsel pada umumnya.

Namun apa yang membuatnya berbeda? Selama ini Gaming Phone sering debut dengan spesifikasi yang lebih banyak, misalnya dengan dukungan Cooling System yang lebih mumpuni, sehingga ponsel ini bisa memainkan game berat tanpa takut panas berlebih yang sering ditemukan di ponsel pada umumnya.

Lantas, perilisan dari Poco F4 GT sendiri apakah termasuk ke dalam seri ponsel khusus untuk Gaming Phone? Ada banyak sekali pertanyaan sejak Poco akhirnya merilis Poco F4 GT di tahun 2022 kemarin, saya akan mengupas mengapa ponsel Poco F4 GT ini menjadi salah satu Gaming Phone yang diincar oleh pasaran Mid-Range dan Upper Mid-Range.

Nesaba Review Poco F4 GT, Flagship Gaming Killer dari Poco, Spesifikasi Poco F4 GT, Harga Poco F4 GT

Poco melalui Poco F4 GT ini tidak terlalu menyoroti seri ini sebagai Gaming Phone, di mana mereka lebih sering memberikan sorotan bahwa ponsel ini dibekali dengan Fitur Game yang lebih baik dari ponsel pada umumnya. Poco seakan tidak menetapkan bahwa Poco F4 GT sendiri termasuk ke dalam Gaming Phone, berbeda dengan Asus yang langsung menekankan bahwa seri ROG adalah seri Gaming Phone.

Menurut saya, Poco F4 GT seakan beredar di tengah kategori Regular Phone dan Gaming Phone. Ponsel ini bisa dikatakan lebih baik ketimbang ponsel biasa dalam memainkan game berat, namun tidak bisa dikatakan yang terbaik dan layak masuk ke dalam jajaran Gaming Phone.

Gaming Phone juga harus dibekali dengan prosesor terbaru dan masuk ke jajaran Flagship, sedangkan Poco F4 GT sendiri memang termasuk ke dalam jajaran tersebut. Poco sendiri adalah anak perusahaan dari Xiaomi, yang bisa ditebak bisa menghancurkan harga pasaran.

Terbukti dengan perilisan Poco F4 GT ini, Poco sekali lagi merilis Flagship Killer dengan harga terjangkau. Poco F4 GT termasuk ke dalam seri Flagship di tahun 2022 kemarin, di mana Poco tidak tanggung memberikan beberapa dukungan spesifikasi tinggi untuk mendukung performa dari ponsel mereka yang konsumen menyebutnya Gaming Phone.

Design & Build Quality

Design Poco F4 GT

Jujur, pertama kali melihat Poco F4 GT saya merasa bahwa ponsel ini memang sangat cocok untuk masuk ke dalam pasaran klasifikasi Gaming Phone, bukan tanpa alasan melainkan desain yang bisa dikatakan mentereng dan khas Gaming Phone. Menurut saya, Poco tidak menekankan bahwa Poco F4 GT adalah seri Gaming Phone, melainkan mereka menyoroti melalui desain yang ditawarkan.

Nesaba Review Poco F4 GT, Flagship Gaming Killer dari Poco, Spesifikasi Poco F4 GT, Harga Poco F4 GT

Desain yang cakep dan cocok untuk Gaming Phone ini terlihat eksklusif, tidak kalah dengan desain yang diadopsi oleh Asus melalui ROG Phone. Desain belakangnya memang terkesan lebih ramai, di mana bukan karena pilihan warna melainkan Pattern yang dihadirkan.

Untuk masalah desainnya saya sendiri tidak bisa mengatakan bahwa Poco F4 GT lebih baik dari ROG Phone, namun dari segi harga yang mereka tawarkan menurut saya Poco F4 GT cocok untuk mereka yang memang mengincar Gaming Phone dengan harga yang lebih ekonomis.

Di pasaran saya menemukan bahwa harga yang ditawarkan oleh Poco F4 GT sendiri lebih murah, ini menjadikannya sebagai Affordable Flagship yang cocok untuk semua kalangan. Sejauh ini desain bagian belakangnya membuat saya terkesan dan merasa cukup keren.

Nesaba Review Poco F4 GT, Flagship Gaming Killer dari Poco, Spesifikasi Poco F4 GT, Harga Poco F4 GT

Beralih dari desain belakangnya kita pergi ke desain layarnya. Well, desain dari layar yang mereka hadirkan sebenarnya tidak memiliki banyak kesan yang sama. Saya merasa bahwa desainnya masih standar, Anda akan menemukan sebuah Notch Hole yang diisi oleh kamera depan, desain yang hampir digunakan oleh 80% ponsel Android saat ini.

Desain yang berbeda lainnya juga hadir di sisi sampingnya, di Anda menyimak lebih detail maka akan menemukan bahwa Volume Button yang mereka hadirkan berada dalam posisi yang berbeda. Ini terkesan Poco memberikan akses kontrol tombol fisik yang disesuaikan dengan para Gamers ketika memainkan game.

Nesaba Review Poco F4 GT, Flagship Gaming Killer dari Poco, Spesifikasi Poco F4 GT, Harga Poco F4 GT

Bagi Anda yang pengguna Gaming Phone apakah menyukai desain ini? Jika tidak maka bisa beritahu saya dengan menuliskannya di kolom komentar ya!

Overall, untuk desain yang mereka hadirkan Poco F4 GT sendiri cukup memberikan kesan yang manis dan unik. Tetapi agaknya masih bisa ditingkatkan lebih baik, masalah material yang mereka gunakan juga berbahan plastik dan bukan aluminium.

Sebenarnya pemilihan bahan plastik untuk Gaming Phone bukanlah masalah yang besar, material plastik cenderung lebih mudah dingin sedangkan untuk aluminium lebih cepat panas. Namun ini menjadi penting untuk mengklasifikasikan ponsel Poco F4 GT di pasaran, yang mana saya yakin memang dibuat untuk Upper Mid-Range Class.

Build Quality Poco F4 GT

Speakers Quality

Poco F4 GT dibekali dengan empat buah Speakers, di mana ini membantu ponsel untuk memberikan suara dengan kualitas tinggi. Menurut saya ini adalah keputusan yang tepat dari Poco, beberapa Brand yang memberikan empat buah Speakers memang mampu menghadirkan kualitas suara yang baik.

Selama menggunakan Poco F4 GT saya tidak memiliki isu yang berat untuk masalah kualitas suara, hasilnya jernih dan juga tidak pecah ketika dimainkan dengan volume paling tinggi sekali pun.

Nesaba Review Poco F4 GT, Flagship Gaming Killer dari Poco, Spesifikasi Poco F4 GT, Harga Poco F4 GT

Bagaimana dengan pengalaman memainkan game dengan kualitas suaranya? Saya pribadi bukannya Gaming Phone User, namun saya suka memainkan game ringan di sela-sela waktu kosong. Suara yang dihasilkan oleh Poco F4 GT sendiri menurut saya sangat baik, meskipun bukanlah yang terbaik di kelasnya.

Kualitas dan intensitas suara yang dihasilkan juga sama ketika Anda memutuskan untuk memainkan lagu di ponsel, baik memainkan lagu Offline maupun Online dari Streaming Platform suara yang dihasilkan masih sama, jernih dan berkualitas tinggi.

Bagi Anda yang mungkin juga suka mendengarkan Podcast, maka Poco F4 GT juga bisa menjadi pilihan yang tepat, berkat empat Speakers yang mereka hadirkan kualitas suara yang dihasilkan juga tidak main-main ketika mendengarkan Podcast di layanan Streaming seperti YouTube Music hingga Spotify.

Biometrics Features

Poco F4 GT menawarkan jenis keamanan biometrik, yang mana masih umum digunakan oleh berbagai macam ponsel Android pada umumnya. Anda akan mendapatkan pemindaian sidik jari langsung dari Power Button, sehingga bisa dikatakan bahwa Anda hanya perlu menekan sedikit tekanan untuk memindai jari.

Nesaba Review Poco F4 GT, Flagship Gaming Killer dari Poco, Spesifikasi Poco F4 GT, Harga Poco F4 GT

Pemindaian yang mampu dipindai oleh Poco F4 GT sendiri menurut saya cukup cepat, kurang dari satu detik maka ponsel ini mampu memindai sidik jari dengan cepat dan akurat. Nampaknya Poco memang memberikan pengembangan lebih lanjut untuk meningkatkan keamanan biometrik mereka.

Lantas menurut saya sistem keamanannya ini mampu memindai hingga 100% lebih cepat dari seri Poco lainnya yang dirilis sebelum Poco F4 GT, kecepatan, tingkat akurasi dan juga haptik yang cukup keren membuat saya memberikan nilai lebih untuk ponsel ini.

RGB Screen & 120Hz Refresh Rate

Kualitas layar yang dihadirkan Poco melalui Poco F4 GT menurut saya cukup baik,di mana mereka memberikan ekstra RGB yang mana banyak digunakan untuk mereka para Gamers. Fitur ini berjalan dengan baik dan terlihat dipersiapkan dengan matang oleh Poco, tak kalah penting ialah Auto Brightness atau kecerahan otomatis yang juga mampu menghasilkan kecerahan yang tajam.

Nesaba Review Poco F4 GT, Flagship Gaming Killer dari Poco, Spesifikasi Poco F4 GT, Harga Poco F4 GT

Ponsel ini memiliki dua jenis tema, di mana Anda dapat mengaktifkan Dark Mode. Uniknya Poco memberikan jadwal khusus untuk secara otomatis Dark Mode akan aktif, sehingga penggunanya tidak perlu mengubah mode tampilannya secara manual.

Tersedia juga Reading Mode yang memungkinkan pengguna Poco F4 GT agar bisa membaca teks dengan lebih nyaman, khusus untuk Anda yang mungkin suka membaca artikel atau novel digital melalui ponsel maka bisa menggunakan fitur ini. Poco F4 GT secara otomatis mengubah tekstur warna dari layarnya menjadi lebih kuning untuk membuat mata kita lebih nyaman.

Untuk Refresh Rate Poco F4 GT sendiri menyediakan maksimal yang tinggi, di mana bisa ditingkatkan ketika memainkan game. Ponsel ini mampu meningkatkan Refresh Rate hingga 120Hz, namun untuk penggunaan mode standar sendiri bisa dikonfigurasi sesuai keinginan, Refresh Rate terendah dari Poco F4 GT bisa diturunkan hingga 60Hz.

Menurut saya Poco tidak memberikan ekstra pengembangan dari Refresh Rate yang ada di Poco F4 GT, karena ketika mengaturnya ke 120Hz performa yang diberikan memang sangat nyaman untuk memainkan game yang membutuhkan Frame Rates yang tinggi. Namun untuk kebutuhan menonton video hingga membuka aplikasi lainnya terasa lebih nyaman di 60Hz, menurut saya ini menjadi kekurangan dari Poco F4 GT.

Poco F4 GT & Snapdragon 8+ Gen 2 SoC

Poco F4 GT ditenagai oleh Snapdragon 8+ Gen 1 SoC, yang pada tahun 2022 memang menjadi prosesor terbaru dan tentunya masuk ke dalam jajaran prosesor Flagship. Sejauh ini Snapdragon 8+ Gen 1 memang memberikan peningkatan yang efektif dan menurut saya menjadikan Poco F4 GT sebagai salah satu Flagship Killer  di kelasnya.

Ketika digunakan untuk memainkan game berat dengan durasi yang cukup lama, Poco F4 GT tidak mengalami Overheating yang mana diklaim karena prosesor yang mereka gunakan. Poco F4 GT membuktikan bahwa dengan dukungan pengembangan teknologi dan prosesor yang mereka gunakan, Gaming Phone tidak harus menggunakan Cooler System.

Nesaba Review Poco F4 GT, Flagship Gaming Killer dari Poco, Spesifikasi Poco F4 GT, Harga Poco F4 GT

Performa yang diberikan menurut saya sangat baik, memainkan game berat dan ringan sangat lancar dan tidak mendapatkan hambatan sama sekali. Bukan hanya itu saja, ketika digunakan untuk membuka banyak aplikasi dan pindah-pindah jendela, saya merasa Poco F4 GT mampu memberikan performa yang baik tanpa mengalami Crash.

Jika boleh jujur, OnePlus 10 Pro menurut saya menjadi salah satu Gaming Phone dengan performa prosesor juara. Namun setelah menggunakan Poco F4 GT saya harus mengatakan bahwa seri ponsel ini perlu untuk diapresiasi. Performa yang ditawarkan lebih mulus ketimbang seri ponsel di kelasnya.

Android 13 & MIUI 13

Sebagian besar pengguna MIUI tentu mengetahui bahwa dalam dunia Xiaomi, sistem operasi Android tidak begitu penting ketimbang MIUI. Selagi pengguna mendapatkan dukungan MIUI terbaru maka dipastikan fiturnya juga lebih baik, termasuk diantaranya Poco F4 GT yang beruntung mendapatkan versi terbaru dari Android 13.

Nesaba Review Poco F4 GT, Flagship Gaming Killer dari Poco, Spesifikasi Poco F4 GT, Harga Poco F4 GT

Jadi bisa dipastikan bahwa Poco F4 GT akan menerima beberapa kali Major Update dari Google, yang mana setidaknya akan menerima hingga ke Android 16. Sedangkan untuk Security Update akan mereka terima hingga 4 tahun ke depan, namun perlu diketahui bahwa MIUI juga membawa sistem keamanan yang mumpuni dan tidak kalah dengan buatan Google di Android.

MIUI 13 membawa banyak peningkatan, di mana salah satunya tampilan yang menurut saya pribadiā€¦ Mirip MIUI 12. Tetapi secara keseluruhan fungsi dari MIUI 13 masih menghadirkan dukungan antarmuka dan fitur yang cukup baik, tampilan dari Vertical Menu yang sama dan juga tata letak dan tema yang bisa dipersonalisasikan.

Battery Life & Charging

Poco berjanji memberikan daya tahan baterai yang lebih baik di Poco F4 GT. Well, sepertinya memang telah mereka buktikan dengan baik, pembelian dari Poco F4 GT juga diberikan tambahan aksesoris seperti USB-C dan adaptor Fast Charging dengan kemampuan pengisian daya hingga 120W.

Maka dari itu, bisa dipastikan untuk kecepatan pengisian daya Poco F4 GT sendiri sangat cepat. Kita tidak perlu menunggu hingga 1 jam lamanya untuk menggunakan kembali ponsel ini, hanya dalam hitungan beberapa menit saja.

Nesaba Review Poco F4 GT, Flagship Gaming Killer dari Poco, Spesifikasi Poco F4 GT, Harga Poco F4 GT

Setelah melakukan uji coba, dengan mengaktifkan Wi-Fi, GPS, Bluetooth dan konektivitas 5G masih memberikan daya tahan baterai yang tinggi. Saya sendiri mengujinya dan mendapatkan daya tahan hingga 15 jam tanpa pengisian daya, sekali lagi ini merupakan spesifikasi yang tinggi untuk kelasnya.

Pengisian baterai juga berlangsung dengan kecepatan kilat, kita bisa mengisinya dari 0% ke 100% menggunakan mode Boost dengan memakan waktu sekitar 17 menit saja. Jika tidak mengaktifkan fitur ini maka akan memakan waktu hingga 22 menit, masih tergolong cepat.

Kisaran Harga Poco F4 GT

Poco F4 GT ditawarkan dengan dua varian spesifikasi dan harga yang berbeda, di pasaran Indonesia Poco F4 GT mulai dibanderol dengan harga Rp 6.000.000,00 untuk varian terendah yaitu 8GB/128GB. Sedangkan untuk varian 12GB/256GB dibanderol mulai dari Rp 7.500.000,00. Harga ini bisa dikatakan lebih murah dibandingkan dengan Gaming Phone lainnya.

Editor: Muchammad Zakaria

Poco F4 GT
Overall
4.5

Pros

  • OLED Display High Resolution.
  • Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 SoC.
  • High-Quality Speakers.
  • Daya tahan baterai super tinggi.
  • Spesifikasi kamera setara Upper Mid-Range Class.
  • 120W Fast Charging.
  • Wi-Fi 6, NFC, 5G, USB-C, Gyro.
  • Fingerprint Sensor.
  • Gaming-Pad Design.

Cons

  • Tidak tersedia Audio Jack.
  • Tidak tersedia Radio FM.
  • Tidak dilindungi sertifikasi IP.
  • Tanpa Wireless Charging.
Hudalil Mustakim

Hudalil Mustakim, lebih akrab dipanggil Alil. Saya seorang Content Writer yang cukup lama bergelut dalam bidang ini, saya menyukai hal baru khususnya dalam menulis berbagai macam gaya penulisan artikel yang bervariasi.