Segera Hapus! 101 Aplikasi Android ini Mengandung Spyware Bisa Curi Data Pengguna, Ini Daftar Lengkapnya

Berikut ini 101 aplikasi Android temuan Dr Web yang terindikasi mengandung Spyware yang bisa memata-matai dan mencuri data pengguna.

image

AYOJAKARTA.COM – Peneliti keamanan Dr Web menemukan spyware di aplikasi Android yang merupakan perangkat lunak berbahaya yang bisa memata-matai dan mencuri data pengguna.

Menurut pengembang aplikasi antivirus Dr Web setidaknya ada 101 aplikasi yang diketahui mengandung modul software yang dinamakan ‘Android Spy SpinOk’.

“Di permukaan modul SpinOk dirancang untuk menjaga minat pengguna pada aplikasi dengan bantuan mini game, sistem tugas, dan dugaan hadiah serta gambar hadiah,” tulis dalam laporan Dr Web dikutip AyoJakarta.com pada Rabu (12/7/2023).

Baca Juga: Awas 2 Aplikasi Spyware Android Ini Kirim Data Pengguna ke China: Hapus Jika Kamu Memilikinya

“Setelah inisiasi SDK trojak ini terhubung ke server C&C dengan mengirimkan permintaan yang berisi sejumlah besar informasi teknis tentang perangkat yang terdeteksi,” tambahnya.

Peneliti Doctor Web menemukan modul Trojan ini dan beberapa modifikasinya ada di sejumlah aplikasi yang didistribusikan melalui Google Play.

Analisis malware Dr Web menemukan ada 101 aplikasi dengan setidaknya telah didownload sejumlah 421.290.300 kali unduhan.

Baca Juga: Arti 'You Need the Official WhatsApp to Use This Account' yang Muncul di Aplikasi

Maka dari itu ratusan juta pemilik perangkat Android beresiko menjadi korban spionase atau mata-mata dunia maya dan kemungkinan terburuknya bisa curi data pengguna.

Berikut ini 101 aplikasi temuan Dr Web yang terindikasi mengandung Spyware yang bisa memata-matai dan mencuri data pengguna.

1. Noizz

2. Zapya

3. VFly

4. MVBit

5. Biugo