Satelit RI Belum Sampai, Menkominfo Bawa-Bawa Film Hollywood

Satelit milik Indonesia, Satria-1, ternyata masih belum sampai ke orbitnya.

Satelit RI Belum Sampai, Menkominfo Bawa-Bawa Film Hollywood
image

Jakarta, CNBC Indonesia - Satelit milik Indonesia, Satria-1, ternyata masih belum sampai ke orbitnya setelah diluncurkan pada pertengahan bulan lalu. Menkominfo Budi Arie Setiadi meminta warga RI bersabar karena pengoperasian satelit membutuhkan waktu. Satelit Satria-1.

Satelit tersebut diluncurkan pada pertengahan Juli dari Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat. Satria akan menempati orbit 146 derajat BT yang berada di atas Papua. Sekarang satelit tengah dalam perjalanan menuju lokasi tersebut.

"Ini baru jalan, kan satelit biasa lagi diluncurin kan proses dulu. Lagi jalan-jalan di angkasa. Mudah-mudahan enggak ketemu dengan Star Wars," kata Budi, merujuk pada film bertema luar angkasa.

Selama perjalanan ini Satria-1 akan dipantau oleh Thales Alenia Space, perusahaan yang merakit satelit tersebut. Ini dilakukan untuk memastikan perangkat terus berfungsi dengan baik.

Plt Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo, Arief Tri Hardiyanto mengharapkan semua perangkatnya bisa bekerja dengan baik. Termasuk dapat dikendalikan dari stasiun yang ditempatkan di Bumi.

"Mudah-mudahan semua perangkat yang ada di SATRIA-1 dapat bekerja dengan baik solar cell dan antenanya. Dan bisa terkendali dari stasiun bumi," kata Arief belum lama ini.

Sebelum diluncurkan, satelit Satria-1 dilaporkan akan melayani 150 ribu titik layanan publik di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).
Namun rencana itu berubah setelah satelit berhasil meluncur. Jumlah tersebut menyusut menjadi 50 ribu titik.

Saat peluncuran, Kominfo menjeaskan bahwa ada peningkatan kebutuhan kapasitas internet. Pada desain 2018, kebutuhan satu titik adalah 1 Mbps namun kini meningkat menjadi 4 Mbps.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Satelit Raksasa Pertama RI Siap Mengudara, Nonton di Sini


(dem)