Reza Rahadian Soal Syarat Film Indonesia Masuk FFI 2023

Di Indonesia belum, film-film ini tayang di festival luar

Reza Rahadian Soal Syarat Film Indonesia Masuk FFI 2023

Jakarta, IDN Times - Sejumlah warganet bertanya-tanya mengapa ada film yang belum masuk bioskop, tapi sudah bisa terdaftar di seleksi awal Festival Film Indonesia 2023 yang diumumkan. Reza Rahadian selaku Ketua Komite Festival Film Indonesia periode 2021-2023 menerangkan alasannya.

Reza memastikan, semua film yang lolos seleksi awal FFI 2023 sudah memenuhi syarat. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Reza Rahadian mewajarkan publik yang bingung dan bertanya-tanya

Reza Rahadian Soal Alasan Film Belum Tayang, tapi Sudah Masuk FFI 2023Festival Film Indonesia (instagram.com/festivalfilmid)

Festival Film Indonesia sudah mengumumkan 30 film cerita panjang yang lolos tahap seleksi awal melalui Instagram pada 1 September 2023. Dalam unggahan itu, banyak netizen bertanya-tanya, mengapa ada film yang belum tayang di bioskop, tapi bisa masuk ke dalam daftar tersebut.

"Bukannya yang daftar harus sudah tayang di bioskop atau festival film luar atau sejenisnya? Ali Topan sudah tayangkah?" tulis salah satu netizen.

Menanggapi komentar tersebut, Reza Rahadian tak ambil pusing. Wajar jika publik banyak yang bingung, karena tidak memahami syarat dan ketentuan dari FFI.

"Menurut saya mungkin kalau tidak familier dengan persyaratan pasti akan bikin bingung," ucap Reza.

2. Selain tayang di bioskop, syarat lainnya adalah harus masuk festival film

Reza Rahadian Soal Alasan Film Belum Tayang, tapi Sudah Masuk FFI 2023Sutradara, produser, cast film 24 Jam Bersama Gaspar dan CEO Visinema (IDN Times/Erfah Nanda)

Beberapa film yang belum tayang di bioskop ini menjadi perhatian publik, seperti Ali Topan, Budi Pekerti, Sara, hingga 24 Jam Bersama Gaspar. Film-film tersebut masuk daftar FFI, karena memenuhi syarat lainnya, yakni masuk festival film. 

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Beberapa rumah produksi memang belum mengumumkan film mereka yang tayang di festival film luar negeri. Makanya, Reza memahami mengapa banyak netizen yang bingung.

"Gak bisa disalahkan juga kalau publik ada yang belum tahu kalau filmnya udah masuk festival ini, karena secara official belum diumumkan," tambahnya.

Untuk diketahui, Ali Topan dan 24 Jam Bersama Gaspar dikonfirmasi akan tayang di Busan International Film Festival 2023. 

3. Ada film Indonesia yang masuk Toronto

Reza Rahadian Soal Alasan Film Belum Tayang, tapi Sudah Masuk FFI 2023Sutradara, cast film 24 Jam Bersama Gaspar dan CEO Visinema (IDN Times/Erfah Nanda)

Reza menambahkan ada film Indonesia yang masuk Toronto International Film Festival (TIFF) 2023. Film tersebut belum tayang di Indonesia, tapi sudah masuk daftar FFI. Sang aktor saat dijumpai awak media kala itu belum bisa memberitahu judul filmnya.

"Ada film yang sudah lolos di Toronto Festival, misalnya, tapi saya gak bisa sebut (judulnya), tapi ada. Karena sudah masuk festival film, itu kan bagian dari persyaratan. Makanya filmnya masuk FFI," ucapnya.

Pemain "Imperfect" ini menyebutkan tak ada film yang tiba-tiba masuk FFI tanpa mengikuti persyaratan dan melewati proses.

"Gak ada film yang tiba-tiba masuk (FFI), ujug-ujug aja itu gak ada. Semuanya, prosesnya sama, seperti tahun sebelumnya," tutupnya.

Saat berita ini diturunkan, Budi Pekerti adalah film Indonesia yang tayang di TIFF 2023.

Sekarang sudah jelas, kan, mengapa banyak film yang belum tayang di bioskop, tapi sudah masuk daftar di FFI 2023? Belum semua rumah produksi mengumumkan film mereka tayang di festival film luar negeri. Jadi, tunggu saja, ya!

Baca Juga: 3 Film Visinema Ditayangkan di BIFF 2023, Ada yang Masuk Nominasi