Pesan untuk "Freshgraduate", Ernest Prakasa: Jangan Pernah Takut Bikin Salah Halaman all

Menurut Ernest Prakasa, pada fresh graduate atau lulusan baru beaada di usia yang sangat cocok untuk mencoba hal baru. Halaman all

Pesan untuk "Freshgraduate", Ernest Prakasa: Jangan Pernah Takut Bikin Salah Halaman all
image

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Ernest Prakasa berpendapat ada banyak hal yang bisa dijelajahi ketika seseorang masih fresh graduate (lulusan baru).

"Buat kalian, take your time. Enggak usah buru-buru, terus mencoba. Kamu bisa gagal, bisa belajar. Pelajari sesuatu, berproses pelan-pelan," kata Ernest dalam diskusi Terjang Penghalang Ciptakan Peluang di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (27/8/2023).

"Fresh graduate itu usia yang it's okay to make mistake. Masih panjang perjalananmu. Jadi cobalah berbagai macam hal. Cari hal yang kamu sukai. Karena cari kerjaan yang kamu kurang enjoy aku rasa cuma jadi beban sangat stressful. Tekuni, semoga jadi bagus di situ," lanjut Ernest.

Sutradara film Imperfect itu menambahkan, usia fresh graduate juga usia yang sangat cocok untuk mencoba hal baru.

Baca juga: Soal Pekerja Film, Ernest Prakasa: Mending Skill Biasa Saja, tetapi Attitude Bagus

"Bayangin umur 22, kamu bikin hal yang salah, tiga tahun lagi masih umur 25. Jadi jangan pernah takut salah, manfaatkan waktu sebaiknya," tutur Ernest.

"Aku pertama kali bikin film itu umur 33. Kesempatan kamu itu yang masih muda, ya kesempatan untuk berbuat salah," lanjutnya.

Salah satu pendiri Stand Up Indo itu menambahkan, rezeki akan datang dengan sendirinya, seiringan dengan prestasi.

"Mungkin kalau soal karier, uang itu konsekuensi dari prestasi. Semakin berprestasi, uang datang sendiri. Prestasi datang dari sesuatu yang kita suka," kata Ernest Prakasa.

Baca juga: Ernest Prakasa Ungkap Rencana Garap Film Agak Laen, Berawal dari Podcast

Ernest Prakasa mulai dikenal di industri hiburan Indonesia setelah menjadi runner-up 2 kompetisi Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) I yang diselenggarakan Kompas TV pada 2011.

Dari dunia komedi, pria kelahiran 29 Januari 1982 itu melebarkan sayapnya ke industri perfilman.

[embedded content]