Perjuangan Narasena Iman, Sinemator Muda Tanah Air dengan Sederet Karya Viral

Narasena Iman adalah sinematografer muda dalam negeri yang kini telah sukses dengan karya-karyanya.

Perjuangan Narasena Iman, Sinemator Muda Tanah Air dengan Sederet Karya Viral
Perjuangan Narasena Iman, Sinematografer Muda Tanah Air dengan Sederet Karya Viral Narasena Iman. © Narasena Iman

Merdeka.com - Perkembangan film Indonesia saat ini semakin mendekati karya-karya luar negeri. Didukung dengan kehadiran berbagai platform video online serta paket provider murah membuat setiap siapa saja bisa memamerkan karyanya di internet.

Bahkan dibandingkan menjadi seorang YouTuber, persaingan dalam dunia sinematografi bisa dibilang lebih minim. Sebut saja Narasena Iman, sinematografer muda dalam negeri yang kini telah sukses dengan karya-karyanya. Pemuda yang tinggal di kawasan Jakarta Selatan ini bahkan sudah bisa menciptakan karya dengan kualitas mendekati perfilman Hollywood.

taboola mid article

Menurut pantauan melalui akun Instagram @narasenaa yang memilikifollowers 32.000, ia banyak mempertontonkan proses dalam pembuatan karyanya.

2 dari 4 halaman

Berawal dari Fotografer

narasena iman

© Narasena Iman

Perjalanan mulus kariernya saat ini merupakan buah dari perjuangan panjang.
Kepiawaiannya bekerja di bidang kreatif sudah dibangun sejak tahun 2013, yang mana saat itu dirinya merupakan seorang fotografer otomotif.

Setiap hari, ia bergelut dengan komposisi warna dan layout objek guna mendapatkan hasil gambar yang pas sesuai dengan konsep. Seiring berjalannya waktu, Narasena terus belajar meningkatkan keahlian di bidang audio visual. Hingga akhirnya menyukai dunia storytelling dalam karya gambar bergerak.

Di samping sibuk dengan proyek pemotretan, dirinya aktif membangun channel YouTube @narasenaiman untuk membagikan informasi menarik terkait sinematografi. Mulai dari tutorial, tips, unboxing, review, sharing pengalaman, hingga karya terbaru hasil kerja sama dengan berbagai brand.

3 dari 4 halaman

Antara Bakat dan Prestasi

Hasil karya yang kerap dibagikan Narasena melalui Instagram maupun YouTube merupakan prestasi nyata.

Salah satu karyanya yang paling berkesan dan berdampak hingga saat ini, yaitu ketika berkolaborasi dengan Chandra Liow dalam projek Rewind Indonesia yang berhasil viral pada tahun 2020 dan 2021.

Narasena juga pernah diminta membuat iklan untuk bank dalam negeri serta bekerja sama dan menciptakan karya untuk pembuatan video klip, serial, dan konten lain dari para artis papan atas. Beberapa di antaranya adalah Raffi Ahmad, Anji, Once, Andra Ramadan, dan masih banyak lagi.

4 dari 4 halaman

Tips Berkarier Sinematografer di Usia Muda

narasena iman

© Narasena Iman

Dipercaya berbagai klien ternama bukanlah hal yang mudah. Skill tentang sinema harus mumpuni dan kreativitas adalah suatu keharusan.

Menariknya, skill tersebut salah satunya didapatkan dari hobinya yang sejak dulu rajin menonton film.

"Setiap hari nonton satu film atau satu episode dari berbagai genre. Nah, nantinya jadi terbiasa dan tahu bagaimana menggambarkan suatu situasi dan pesan dengan alur cerita, pengambilan gambar, komposisi warna dan gelap terang yang tepat," jelas Narasena.

Meski punya banyak pengalaman, dirinya terus berkreasi, bercerita, dan melukis cahaya dengan segala keterbatasan yang ada. Serta harus memiliki problem solving yang mantap.

Terbiasa serba terbatas dan sering menjalin hubungan baru dengan banyak klien juga mengantarkannya pada dunia bisnis dalam bidang peralatan film bernama Cinegriptools. Ini adalah toko sinema offline dan online pertama yang paling besar dan lengkap di Asia Tenggara. Harapannya, Cinegriptools dapat membantu sinematografer muda dalam memenuhi kebutuhannya sehingga kegiatan syuting berjalan dengan lancar. [tsr]

Baca juga:
Diduga Jadi Pacar Naura Ayu, Intip Deretan Potret Terbaru Gabriel Prince
Potret Terbaru Rio Ramadhan Mantan Kekeyi yang Kini jadi Calon Polisi, Lebih Macho
Intip Potret Anastasia Jingga Adik Gita Savitri, Pernyataannya Curi Perhatian