Pengguna Google Chrome akan Bisa Mengambil Screenshot saat dalam Mode Incognito

Google sedang menguji Canary flag baru di Chrome yang akan memungkinkan pengguna Android untuk mengambil screenshot saat menggunakan Mode Incognito.

image

TEMPO.CO, Jakarta - Google Chrome selama ini tidak mengizinkan pengguna Android mengambil screenshot atau tangkapan layar dalam Mode Incognito karena pembatasan privasi. Setiap kali pengguna mencoba mengambil tangkapan layar dalam mode Penyamaran Chrome di perangkat Android mereka, browser akan menampilkan notifikasi peringatan bahwa tangkapan layar tidak dapat diambil. 

Menurut sebuah laporan yang dikutip Gadgets Now, raksasa teknologi itu sedang menguji Canary flag baru di browser populernya itu yang akan memungkinkan pengguna Android untuk mengambil tangkapan layar saat menggunakan Mode Incognito.

Perusahaan memperkenalkan solusi sementara untuk masalah ini dengan Chrome 88. Dengan flag 'chrome://flags/#incognito-screenshot', pengguna Android dapat mengambil tangkapan layar dalam Mode Incognito Google Chrome. 

Namun, mengaktifkan flag ini membuat pratinjau tab Incognito terlihat di recent overview ponsel. Ini memungkinkan “pengintai” untuk melihat kebiasaan browsing pengguna saat menelusuri aplikasi terbaru mereka. Menurut tweet yang dibagikan oleh peneliti Android Mishaal Rahman, Google dilaporkan sedang memperbaiki masalah ini dengan bendera baru lainnya.

Masalah ini telah dibahas dan terlihat selama bertahun-tahun di Chromium bug tracker. Flag Google Chrome Canary terbaru akan membantu pengguna Android mengambil tangkapan layar di tab Incognito dan kontennya tidak akan muncul di layar Aplikasi Terbaru.

Scroll Untuk Melanjutkan

Namun, pengguna perlu mengingat bahwa flag baru ini hanya akan berfungsi pada perangkat yang menjalankan Android 13 dan yang lebih baru. Laporan tersebut mengklaim bahwa flag baru menggunakan API setRecentsScreenshotEnabled.

Pengguna Android yang tertarik untuk menggunakan fitur ini dapat mencobanya dengan memasang Google Chrome Canary di ponsel mereka. Aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play Store. 

Setelah menginstal aplikasi, pengguna harus mengetikkan chrome://flags di address bar dan mencari flag ‘Improved Incognito Screenshots'. Pengguna perlu membuka ulang aplikasi Google Chrome setelah mengaktifkan flag ini untuk mengambil tangkapan layar dalam Mode Incognito tanpa backlog.

Pilihan Editor: Mode Incognito Jaga Privasi Jelajah Internet, Begini Cara Kerjanya