Nggak Cuma ‘BARBIE’, Sederet Film Ini Juga Mengangkat Isu Feminisme

Gak cuma film BARBIE saja yang mengangkat isu feminisme, ternyata Indonesia juga punya film dengan tema tersebut. Penasaran apa saja film yang mengangkat isu feminisme?

Nggak Cuma ‘BARBIE’, Sederet Film Ini Juga Mengangkat Isu Feminisme

Kapanlagi.com - Ditulis oleh Ashyla Faiq Al furqaan

Baru-baru ini industri film sedang digemparkan dengan film yang baru tayang di bioskop pekan lalu. Film tersebut bertajuk BARBIE. Tayang 21 Juli 2023, film ini menjadi bahan perbincangan banyak orang. Pasalnya, saat masih kecil tokoh boneka tersebut digambarkan sebagai putri yang anggun dengan alur cerita yang santai.

Film BARBIE justru mengeksplorasi secara progresif berbagai isu, termasuk isu feminisme, kapitalisme, dan patriarki. Di bagian pembuka film tersebut, terlihat bagaimana boneka dipandang sebagai simbol domestikasi perempuan.

Dalam film ini, Barbie digambarkan bukan hanya sebagai boneka cantik saja, tetapi juga sebagai tokoh yang memiliki ambisi. Nah, kalau kamu tertarik dengan film dengan isu-isu feminisme, kamu bisa menonton rekomendasi film yang telah kita rangkumkan. Yuk, cek daftar film-filmnya di bawah ya!

•

1. LITTLE WOMEN (2019)

image

LITTLE WOMEN merupakan film drama Amerika pada tahun 2019. Film merupakan adaptasi dari novel tahun 1868 dengan judul yang sama. Dengan durasi 135 menit, film ini memiliki banyak pesan moral yang bisa dipetik untuk pembelajaran dalam kehidupan. 

Menceritakan tentang keadaan empat saudara perempuan yang hidup pada abad 19 setelah perang saudara di Amerika Serikat. Empat saudari itu adalah Jo March, diceritakan sebagai perempuan yang berbakat sebagai penulis, namun pada zaman tersebut wanita masih terbelenggu oleh norma-norma sosial. Berbeda dengan saudari tertuanya, Meg March,  kakak tertua yang ingin merasakan kehidupan sebagai seorang Ibu rumah tangga. 

Saudari ketiga yaitu Beth March yang diceritakan sebagai seorang yang penuh kasih dan memiliki bakat musik yang luar biasa. Namun, kesehatannya yang lemah menjadi tantangan dalam mengembangkan potensinya. Amy March, sebagai saudari termuda yang memiliki bakat seniman dan bersemangat dalam mencapai kesuksesan. 

LITTLE WOMEN menyoroti bagaimana kehidupan keempat saudara ini, masing-masing dengan kepribadian dan ambisi yang berbeda, berusaha menghadapi keterbatasan sosial dan norma-norma patriarki pada masa itu. 

2. ENOLA HOLMES (2020)

image

Film garapan dari Harry Bradbeer ini juga mengangkat isu feminisme, loh. ENOLA HOLMES mengisahkan tentang seorang gadis muda bernama Enola Holmes, diperankan oleh Millie Brown, yang merupakan adik detektif terkenal yaitu Sherlock Holmes. 

Ketika ibu Enola, Eudoria Homes, tiba-tiba menghilang secara misterius pada hari ulang tahunnya yang ke-26, Enola memutuskan untuk mencari tahu keberadaan ibunya dan ingin mengungkap alasan di balik kepergiannya. 

Enola tumbuh di lingkungan yang tidak biasa karena ibunya membesarkannya sebagai wanita yang tangguh, independen, dan cerdas. Saat mencari tahu keberadaan ibunya, ia harus dihadapi oleh banyak teka-teki yang besar. 

Banyak halangan-halangan besar yang menimpa Enola saat mencari ibunya. Namun, berkat bakat detektif yang luar biasa dan kecerdasannya, ia bisa menghadapi tantangan untuk mencari tahu kebenaran dan melindungi dirinya sendiri dari bahaya.

 

3. MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK (2017)

image

Gak disangka, ternyata film Indonesia juga ada yang mengangkat isu feminisme. Film itu adalah MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK. Dengan latar tempat desa terpencil di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur, menyuguhkan keindahan alam-alamnya. Namun siapa sangka, jalan cerita yang tampilkan cukup mengerikan. 

Cerita dimulai dengan adegan brutal di mana sekelompok pria bersenjata datang ke rumah Marlina untuk merampok dan memperkosa dia. Marlina berhasil membela diri dengan membunuh salah satu dari mereka dalam upaya membela kehormatannya. 

Setelah peristiwa itu, dia memutuskan untuk pergi mencari keadilan dan membereskan masalah ini sendiri. Film ini menggambarkan perjuangan Marlina dalam mencari keadilan dan meraih kebebasan dari beban peristiwa traumatis yang menimpanya. Seorang perempuan tangguh, kuat, dan mandiri digambarkan dengan apik dalam sosok Marlina.

 

4. SUFFRAGETTE (2015)

image

Kalau kamu suka drama sejarah dengan isu feminisme, SUFFRAGETTE bisa menjadi pilihan untuk wishlist tontonan. Disutradarai oleh Sarah Gavron dan mengisahkan tentang perjuangan gerakan hak pilih perempuan di Inggris pada abad ke-20.

Film ini mengambil latar belakang London tahun 1912. Maud Watts adalah seorang wanita pekerja pabrik yang hidup dalam kondisi sosial yang sulit. Dia terjebak dalam kehidupan sebagai seorang ibu rumah tangga yang terpinggirkan oleh masyarakat dengan sistem patriakis. 

Suatu ketika, Maud terlibat dalam aksi protes yang membawanya ke dalam lingkaran gerakan hak pilih perempuan. Berawal dari ragu-ragu, akhirnya dia menjadi seorang anggota yang aktif dalam gerakan tersebut dan menjadi bagian dari perempuan yang memperjuangkan kesetaraan dan hak pilih. 

Gimana KLovers, tertarik untuk menonton dengan isu-isu feminisme?

 

Jangan lupa cek berita lainnya ya!