Musik Mission:Impossible Libatkan Lebih dari 555 Musisi

Lorne Balfe melibatkan lebih dari 555 musisi dari berbagai tempat di Eropa untuk musik Mission:Impossible-Dead Reckoning Part One.

Musik Mission:Impossible Libatkan Lebih dari 555 Musisi
image

SKOR.id - Musik memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan suasana dalam sebuah film. Salah satu film yang paling ditunggu tahun ini, Mission: Impossible - Dead Reckoning Part Onejuga bakal menampilkan musiknya yang khas.

Komposer Lorne Balfe memberikan kontribusinya yang luar biasa dengan menyusun musik yang memukau untuk film ini. Pasalnya, dalam penyusunan skor musik film tersebut, Balfe melibatkan lebih dari 555 musisi dari berbagai tempat di Eropa. Mulai dari Roma, Wina, Venezia, Swiss, dan London.

Balfe memulai proses penulisan musiknya hampir tiga tahun yang lalu, dan hasilnya adalah lebih dari 14 jam musik yang direkam. Namun, hanya sekitar dua setengah jam yang masuk dalam potongan akhir film. Musiknya berhasil menggambarkan cerita yang melibatkan karakter Ethan Hunt, yang diperankan oleh Tom Cruise, dalam misi baru melawan penjahat baru bernama The Entity, sebuah Kecerdasan Buatan yang sadar.

Selain aksi luar biasa yang ditampilkan dalam film ini, seperti Ethan mengendarai sepeda motor meluncur dari tebing atau pertarungan dramatis di atas kereta uap yang bergerak, Balfe juga mampu menghadirkan emosi yang mendalam dalam skor musiknya. Dia mengungkapkan bahwa terdapat momen-momen penting dalam film ini yang melibatkan perasaan, seperti hubungan yang berakhir dan sisi lain dari karakter Ethan Hunt.

“Anda melihat sisi Ethan yang benar-benar berbeda. Anda melihat seseorang yang melindungi dan didorong oleh hal-hal yang berbeda, dan dari situlah emosi itu datang," kata Balfe, yang juga dikenal sebagai komposer musik video game, seperti dikutip Variety.

Meskipun Balfe menciptakan skor musik yang kuat, dia tetap menghormati tema ikonik dari franchise Mission: Impossible yang telah diletakkan oleh Lalo Schifrin hampir 60 tahun yang lalu. Dia menjelaskan bahwa DNA tema tersebut terhubung dengan baik di seluruh film, terutama dengan tema karakter Ethan Hunt dan musik pembuka utama.

Proses perekaman skor musik ini dilakukan di berbagai tempat sesuai dengan lokasi pengambilan gambar film. Balfe ingin memastikan bahwa musik yang direkam benar-benar mencerminkan atmosfer yang dilihat dalam film tersebut. Dia juga melibatkan musisi lokal dari setiap tempat yang mereka kunjungi. Misalnya, Balfe menemukan grup musik Top Secret Drum Corps di Swiss yang tampil di Jubileum Ratu dan merasa bahwa mereka adalah elemen penting yang hilang dalam skor musik ini. Kolaborasi dengan musisi lokal membantu Balfe menemukan keunikan dan kekayaan baru dalam musiknya.

Dalam proses penciptaan skor musik ini, Balfe mengakui bahwa ada banyak eksperimen yang dilakukan. Dia bahkan sempat bekerja pada skor musik film Top Gun: Maverick sebelum kembali ke proyek ini. Balfe juga memberikan penghargaan kepada editor musik film, Cécile Tournesac, yang merupakan bagian integral dalam proses kreatif. Dia mengapresiasi upaya Tournesac dalam mengolah musik yang telah ditulisnya agar tetap sesuai dengan perubahan dalam film.

“Apa yang saya tulis untuk satu adegan, adegan itu bisa dihapus dan dia bisa membuat musik itu cocok di adegan lain dengan mengurangi elemen-elemennya," katanya.

"Ada banyak dari kami yang membuat soundtrack ini, para pengaransemen dan komposer tambahan yang membantu kami mencapai garis ini," Lorne Balfe menjelaskan.

Sementara itu, film Mission:Impossible-Dead Reckoning Part One rencananya mulai ditayangkan di bioskop Indonesia, Sabtu (8/7/2023).